Empat Aplikasi Ini Dapat Mengambil Alih Pekerjaan Guru Bahasa Inggris?

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Potensi keluasan pergaulan Eduers bisa seluas dunia, jika bahasa yang Eduers kuasai merupakan bahasa yang digunakan dalam pergaulan internasional, seperti Bahasa Inggris.

Ini menunjukkan bahwa Bahasa Inggris sangat penting dikuasai. Dahulu, penguasaan Bahasa Inggris sangat memerlukan guru Bahasa Inggris, melalui proses belajar tatap muka.

Kini, guru Bahasa Inggris dan proses belajar tatap muka tidak terlalu diperlukan. Semua proses yang dulu dilakukan oleh guru, saat ini sudah diambil alih oleh proses belajar berbasis aplikasi.

Bukan berarti guru sudah tidak diperlukan lagi. Kehadiran aplikasi pembelajaran bahasa dapat melengkapi guru Bahasa Inggris, dalam mengartasi kelemahannya sehingga, proses belajar Bahasa Inggris, menjadi lebih efektif dalam mencapai tujuan.

Baca Juga: Dirjen PAUD, Pendidikan Dasar Dan Menengah Kemendikbud, Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2021

Kehadiran aplikasi untuk proses pembelajaran Bahasa Inggris ini memberi pesan kepada guru dan orang tua. Pada guru, perkembangan ini memberi pesan bahwa guru harus menguasai dan menggunakan teknologi dalam proses belajar mengajar.

Pada orang tua, perkembangan ini memberi pesan bahwa untuk memberi pengalaman belajar Bahasa Inggris tambahan di luar sekolah, saat ini tersedia apikasi yang tidak kalah bagusnya untuk membuat proses belajar Bahasa Inggris, menjadi menarik dan efektif.

Saat ini di Indonesia, telah beredar empat aplikasi yang didesain untuk membantu menyajikan proses belajar Bahasa Inggris yang menarik dan efektif, seperti dilansir oleh Detikedu edisi 1 Juli 2021 sebagai berikut:

Duolinggo

Duolinggo menawarkan cara belajar Bahasa Inggris online melalui pelajaran-pelajaran singkat yang dibuat seru diantaranya melalui game interaktif.

Dengan begitu, murid bisa mudah paham dan ingat lebih lama konten yang mereka pelajari. Aturan belajar bahasa seperti grammar dan pengetahuan kebahasaan seperti pronounciation, dan frasa lebih mudah dikuasai.

Di Duolinggo, para murid pemula dibuat mudah praktek writing, reading, listening, dan speaking, melalui kalimat lucu, in-person events, cerita interaktif, dan podcast.

Baca Juga: Greetings And Titles

Duolinggo melayani proses belajar Bahasa Inggris secara free dan berbayar. Pada platform free tersedia iklan sehingga dapat mengganggu kenyamanan belajar murid.

Juga tersedia platform belajar Bahasa Inggris berbayar melalui Duolinggo plus, yang saat ini menwarkan promo gratis 14 hari pertama.

Learn English

Aplikasi Learn English atau dikenal LE dikelola oleh British Council. Ini adalah platform belajar Bahasa Inggris berbayar. LE mengenakan biaya 5.99 Euro, atau sekitar Rp 121.000 per bulan, untuk boleh mengakses semua materi belajar online.

LE menawarkan kelas interaktif dengan uji coba gratis selama 7 hari. LE juga menawarkan kelas online mandiri dengan personal tutorial, dengan promo $1 di sessi pertama. Juga ada tawaran kelas persiapan IELTS online dengan biaya 36 Euro atau sekitar Rp 723.000.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan TOEFL Dan IELTS

Sebelum murid mengambil program, para murid biasanya dites kemampuan berbahasa Inggris-nya terlebih dahulu. Hasil dari tes tersebut digunakan sebagai dasar untuk menetapkan program yang sesuai dengan kemampuan.

Grammarly

Untuk Eduers yang ingin memperbaiki kemampuan berbahasa Inggris terutama terkait grammar dan writing skills, Eduers disarankan untuk memilih aplikasi Grammarly, karena aplikasi ini menggunakan artificial intelligence untuk menganalisis esai yang Eduers tulis.

Selain itu, dengan artificial intelligence, aplikasi ini pun lebih akurat mengoreksi penggunaan verb tense, saran sinonim yang lebih tepat, dan memberi saran untuk struktur kalimat esai yang lebih akurat.

Baca Juga: 5 Tips Mahir Berbicara Bahasa Inggris

Bagi Eduers yang hendak menjalani ujian standarisasi kemampuan Bahasa Inggris seperti TOEFL dan IELTS, eduers dianjurkan untuk memilih aplikasi Grammarly untuk keperluan persiapan menjalani test tersebut.

Future Learn

Selain menawarkan program Bahasa Inggris untuk anak, Future Learn juga menawarkan program belajar Bahasa Inggris melalui topik-topik yang spesifik, melalui eksplorasi Bahasa Inggris dan budaya.

Misalnya melalui karya-karya Shakespeare, live music, dengan pilihan jadwal yang sangat fleksibel, dan disesuaikan dengan minat para murid. Future Learn juga menyediakan program persiapan IELTS.

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh Future Learn ini adalah para murid dapat mengetahui estimasi waktu yang mereka perlukan untuk menguasai topik yang akan mereka pelajari.

Baca Juga: 3 (Lagi) Tips Mahir Berbicara Bahasa Inggris

Mudah-mudahan pemaparan tentang empat aplikasi untuk pembelajaran Bahasa Inggris ini, juga mendorong guru untuk mempelajari dan mengunakan aplikasi ini dalam proses belajar mengajar untuk memperbaiki kelemahan dan membuat pembelajaran tatap muka menjadi lebih menyenangkan. Jika tidak, aplikasi aplikasi ini dapat mengambil alih pekerjaan guru Bahasa Inggris.

Bagi murid yang mengalami mental mental block dalam proses belajar tatap muka karena pengalaman belajar yang tidak ideal, dianjurkan untuk menambah porsi belajar melalui aplikasi-aplikasi ini.

Selamat mencoba. Semoga daapat menghantar murid murid menjadi warga dunia yang dapat menjangkau pergaulan seluas dunia.

Foto: droila.com

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of