SMA Seminari San Dominggo Hokeng Gelar Workshop Media Pembelajaran Berbasis IT

Info Sekolah
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Kamis, 15 Juli 2021 SMA Swasta Seminari San Dominggo Hokeng, Flores Timur, NTT menggelar workshop media pembelajaran berbasis Information technology (IT). Kegiatan ini sebagai bagian dari persiapan para tenaga pendidik setempat terkait perangkat pembelajaran memasuki tahun pelajaran 2021/2022.

Meski demikian, tidak semua guru yang dilibatkan dalam kegiatan ini. Pembatasan sosial dimaksud sehubungan dengan merebaknya wabah covid-19 yang meningkat drastiis di Wilayah Kabupaten Flores Timur saat ini. Olehnya protokol kesehatan diterapkan secara ketat selama kegiatan berlangsung.

Pemrakarsa sekaligus nara sumber/pendamping dalam kegiatan adalah Ketua Yayasan Persekolahan Umat Katolik Flores Timur (Yapersuktim) Keuskupan Larantuka, RD. Thomas Darang Labina, Pr berasama Tim Teknis Ikatan Guru Indonesia (IGI) Daerah Kabupaten Flores Timur.

Tim IGI Flotim yang hadir di antaranya: Damsianus Sepulo Tukan, S. Pd (Ketua terpilih periode 2021/2026), Wilhelmus Darang Weking, S. Pd, Apolonia Gerinus Gola, M. Pd, Maria Bernadete Mudaledo, S. Pd dan Benediktus Boki Hera, S. Ag.

Baca Juga: Video Animasi Dari IGI Flotim Untuk SMPS Batu Payung Sebagai Alternatif Media PJJ

Adapun materi-materi yang disugguhkan dan dipraktekkan antara lain: Generasi Manual Bermental Digital, Pemanfaatan Microsoft Office 365, Desain Animasi Video Pembelajaran Renderforest dan penggunaan Aplikasi Easy Sketch Pro sebagai alternatif media pembelajaran dalam jaringan (Daring).

Materi-materi tersebut tidak lain adalah bagian dari upaya untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru. Dengan demikian, proses pembelajaran akan tampak menarik dan menyenangkan. Peserta didik dan guru pun semakin merdeka dalam belajar.

Para pendidik yang hadir sangat aktif dalam kegiatan bernuansa peningkatan kapasitas guru ini. Tahap demi tahap dilalui dengan penuh perjuangan. Setiap materi yang disuguhkan menjadi santapan empuk untuk dipraktekkan.

Masing-masing berusaha untuk menyelesaikannya sesuai langkah-langkah yang dituntun oleh para nara sumber. Tentu tidak mudah berhadapan dengan informasi teknologi baru.

Meski demikian diyakini bahwa lelah dalam perjuangan pasti terbayarkan dengan mampu mengaplikasikannya ketika kegiatan pembelajaran bersama peserta didik berlangsung.

Kepala SMAS Seminari San Dominggo, RD. Alfonsus Payong Wungubelen, S. Fil, S. Pd dalam sambutan manyampaikan terima kasih kepada Ketua Yapersuktim dan Tim IGI Flotim yang sudah mendukung perjalanan dan kemajuan lembaga pendidikan ini.

Baca Juga: Kolaborasi IGI Flotim Dan SMAN 1 Lewolema Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru

“Kami semangat dan bangga atas kehadiran Ketua Yapersuktim yang juga sebagai seorang pembina IGI Flotim bersama Tim 5 IGI-ers Flotim untuk membantu kami. Hal ini tentu dapat meningkatkan kompetensi guru-guru di sekolah ini dalam menguasai media pembelajaran berbasis IT”, ucap Romo Alfons.

Di sisi lain, Pembina IGI Flotim menekankan pentingnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis IT terutama di masa pandemi dengan pola pembelajaran daring.

“Kita yang hadir ini adalah generasi yang lahir di zaman manual tetapi harus bermental digital sebab zaman telah berubah dan kita pun turut berubah di dalamnya”, tegas Romo Thomas.

Bermodalkan semangat sharing and growing together, IGI Flotim senantiasa bergerak dan terus menggerakkan untuk sebuah perubahan pendidikan. Semoga spirit ini bisa dirasakan manfaatnya oleh guru-guru hebat se-tanah air.

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of