3 (lagi) Tips Mahir Berbicara Bahasa Inggris

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Jumpa lagi dengan daftar cara mahir bahasa Inggris. Lima tips sebelumnya, semoga sudah teman-teman coba ya. Nah, kelima cara tersebut kiranya menjadi awal yang baik. Asal kita tetap niat dan semangat untuk selalu mencoba berbagai hal yang bisa membantu kita mahir berbicara bahasa Inggris, kita pasti bisa. Buat teman-teman yang masih dan selalu ingin belajar, berikut kami rangkumkan 3 tips lanjutan yang bisa dicoba.

  1. Rekam latihan bicaramu. Saat berlatih di depan cermin, jangan ragu untuk merekamnya. Jika masih cangung merekam ekspresi wajah sendiri, mulailah dengan merekam audio-nya saja. Kelak bisa kamu dengarkan kembali lalu pasti akan tahu mana yang sudah bagus, dan mana yang masih harus kamu perbaiki. Bukan hanya itu, rekaman suara sendiri saat latihan berbicara juga melatih kamu memposisikan dirimu sebagai pendengar. Tentu pendengar memiliki kriteria tersendiri kan. Misalkan mungkin ada kosakata yang terlalu banyak kami ulang. Atau kosakata yang terasa aneh dipadankan dalam kalimat-kalimat tertentu. Dengan mendengarkan hasil rekaman sendiri, kamu jadi tahu.
  2. Perdengarkan rekaman itu kepada orang-orang terdekatmu, terlebih yang sudah lebih mahir berbicara bahasa Inggris. Selain mungkin masukan yang bermanfaat yang akan kamu dapat, bisa jadi kamu pun akan mendapatkan pujian atau apresiasi. Jika kamu masih terlalu malu untuk berbicara langsung di depan orang lain untuk meminta masukan, kamu pasti akan merasa lebih nyaman kalau yang kamu perdengarkan rekaman suaramu saja.
  3. Poin yang ketiga ini mungkin terdengar mudah tetapi cukup menantang Mulailah berpikir dalam bahasa Inggris. Teman-teman paham kan maksudnya? Ya, sungguh-sungguh berpikir tetapi dalam bahasa Inggris. Lebih tepatnya, membatin, mungkin. Misalnya saja ketika kamu baru hendak berangkat ke sekolah atau kampus lalu tiba-tiba hujan turun dengan derasnya. Mungkin kamu kesal atau kecewa dengan kondisi tersebut. Lalu biasanya kita akan membatin, berbicara dalamhati, entah itu mengeluh atau ungkapan yang lain. Mulai sekarang, gunakanlah bahasa Inggris. Sekalipun hanya dalam benakmu saja. Latihan ini cukup ampuh untuk melatih kosakata dan ekspresi-ekspresi informal bahasa Inggrismu. Masih bingung mencari referensinya? Pada artikel tentang tips mahir bahasa Inggris sebelumnya ada lho. Kalau lupa, dibaca kembali ya.

Nah, bagaimana? Bersemangat untuk mencoba?

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of