Perubahan dalam Dunia Pendidikan

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com- Pendidikan zaman sekarang bisa dibilang masih berkembang, terutama di negara-negara berkembang seperti Indonesia, Myanmar, Thailand, dll. Akan tetapi, secara cepat pendidikan di dunia akan mengalami perubahan secara besar-besaran, karena pendidikan di masa depan akan menggunakan teknologi sepenuhnya. 

Pendidikan sangat penting dalam kehidupan manusia karena tanpa pendidikan, dunia tidak akan maju dan kita hanya menjadi manusia purba yang tidak berkembang. 

Prof. Rhenald Kasali, Ph.D. sebagai dosen di Universitas Indonesia dan pendiri organisasi Rumah Perubahan, mengatakan bahwa pendidikan kita sebentar lagi akan serba artificial, artinya pendidikan  di dunia akan berubah dan pendidikan tidak lagi seperti zaman dahulu, melainkan pendidikan akan sangat modern di masa depan. 

Sabtu, 2 Oktober 2021 yang lalu, SMP Kolese Kanisius mengadakan seminar tentang pendidikan di masa depan yang dimoderatori oleh P. Alexander Koko S. SJ.

Baca juga: Empat Aplikasi Ini Dapat Mengambil Alih Pekerjaan Guru Bahasa Inggris?

Adapun narasumber yang dilibatkan, satu di antaranya adalah Prof. Rhenald Kasali, Ph.D. yang mana beliau akan menjelaskan perubahan yang akan segera terjadi di bidang pendidikan dan masalah-masalah yang akan kita hadapi di masa depan. Tujuan seminar ini adalah untuk mendidik dan mempersiapkan anak-anak muda dalam menghadapi pendidikan modern.

Anak-anak muda generasi sekarang sudah bisa menggunakan teknologi dengan baik, tetapi mereka belum siap menghadapi perubahan teknologi yang sangat cepat di dunia ini karena mereka sudah terbiasa dengan budaya-budaya tradisional, sehingga webinar ini menjadi kesempatan bagi anak-anak muda dalam mempersiapkan pendidikan yang serba teknologi.

Seminar ini juga diadakan untuk menjelaskan perubahan-perubahan yang akan terjadi di dalam dunia 3.0 dan 4.0, contohnya seperti keindahan alam bumi yang rusak akibat manusia, perubahan dalam aspek pendidikan, dll. Alasan lain seminar ini diadakan adalah untuk memberi kita pengetahuan terhadap pentingnya teknologi dalam perkembangan hidup manusia.

Baca juga: Hari Ini Eranya Robot, Bung!

Tujuan atau alasan seminar tersebut diadakan sudah sangat baik, tetapi isi dari seminar tersebutlah yang menarik dan bermanfaat bagi kehidupan anak-anak generasi sekarang. Dalam seminar tersebut, Prof. Rhenald Kasali menunjukkan video yang berbicara tentang dampak atau akibat dari populasi manusia yang sangat banyak. 

Video tersebut juga membicarakan tentang peran teknologi dan ilmu pengetahuan bagi perkembangan hidup manusia. Inti dari video tersebut adalah kita sebagai masyarakat dari dunia 3.0 harus mengetahui dan siap menghadapi perubahan-perubahan yang akan terjadi dalam dunia kita, contohnya seperti pencemaran laut akibat plastik yang merusak bumi, teknologi yang bisa mengambil alih hidup manusia, dll. 

Prof. Rhenald Kasali tidak hanya memberikan video saja, tetapi beliau juga menjelaskan perubahan yang akan dihadapi manusia pada masa depan nanti, contohnya pengenalan atau peradaban awal artificial intelligence (AI). AI kemudian akan menggantikan banyak profesi lama karena kurang efektif dalam membantu kehidupan manusia lagi.

Perubahan dunia bisa terjadi dengan sangat cepat karena populasi manusia yang melebihi batasnya ini mendorong terjadinya perubahan. Jika perubahan tersebut tidak terjadi, maka kehidupan manusia bisa punah. 

Ilmu pengetahuan/ilmu sains dan teknologi menjadi faktor penting dalam perkembangan hidup manusia, mau itu perkembangan dalam bidang pendidikan atau perkembangan dalam bidang pekerjaan.

Hal itu disebabkan karena teknologi membuka kesempatan bagi kita untuk mempelajari ilmu sains atau ilmu-ilmu lain secara luas dan ilmu sains ini merupakan ilmu yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan teknologi, sehingga perubahan dalam kehidupan manusia lebih mudah terjadi.

Teknologi memungkinkan kita untuk belajar di mana saja dan kapan saja, tanpa harus pergi ke sekolah. Banyak sekali orang di dunia yang bisa melakukan segala sesuatu hanya karena belajar menggunakan teknologi serta social media, misalnya orang belajar membuat helikopter dari aplikasi YouTube. 

Baca juga: Akan Datang Saatnya, Guru Dapat Mengajar Murid Tanpa Menggunakan Suara

Teknologi pada zaman sekarang ini menjadi bentuk awal pendidikan yang modern karena pendidikan masa depan ini akan serba teknologi dan mungkin profesi guru akan tergantikan oleh teknologi canggih.

Teknologi sekarang juga merupakan awal mula dari perkembangan teknologi yang akan mendatang, jadi nanti tidak hanya handphone, laptop, dan komputer saja, tetapi teknologi pada masa depan bisa berbentuk apa saja.

Tentu saja ada tantangan-tantangan yang harus dihadapi anak-anak muda generasi sekarang dalam menghadapi perubahan dalam dunia. Pertama, kita sekarang lebih sering mengeksploitasi hal yang sama daripada mengeksplorasi hal yang baru. 

Eksplorasi ini sangat penting agar kehidupan manusia bisa lebih modern lagi. Kedua, mayoritas orang lebih pilih bekerja di bidang yang mudah dari pada bekerja sebagai ilmuwan, wirausaha, dll. Ketiga, kita lebih sering mengembangkan kemampuan intelek daripada mengembangkan intelligence/kecerdasan. 

Kecerdasan ini bisa didapatkan dengan tantangan hidup, walaupun teknologi membuat hidup kita dengan mudah, kita juga bisa menggunakan teknologi ini untuk mengatasi tantangan-tantangan hidup.

Keempat, kita lebih sering memikirkan masa lalu daripada memikirkan masa depan, atau dengan bahasa Prof. Rhenald Kasali itu “Yesterday is Today vs Tomorrow is Today.” 

Kelima, tantangan sekolah umum dan otodidak, di mana pada masa depan nanti siswa/siswi bisa belajar melalui internet saja, tidak memiliki gelar sekolah, dan bantuan dari guru tidak diperlukan, padahal gelar sekolah itu sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. 

Baca juga: Skill Mana Yang Paling Dicari Pemberi Kerja Saat Merekrut Karyawan?

Selain itu, Prof. Rhenald Kasali juga menjelaskan model atau bentuk pendidikan di masa depan. Pertama, sekolah akan membangun manusia yang siap menjelajahi kehidupan, di mana manusia nanti tidak hanya pintar dalam bidang ilmu pengetahuan, tetapi ia juga siap menjelajahi segala aspek kehidupan dan siap menghadapi tantangan kehidupan. 

Kedua, manusia nanti juga akan menguasai ilmu sains dan membantu manusia pintar untuk hidup, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa ilmu sains berperan penting dalam perkembangan teknologi, sehingga manusia harus bisa menguasai ilmu sains. 

Ketiga, pendidikan masa depan akan menggabungkan atau mengintegrasikan manusia dengan ekosistem kehidupan dan teknologi, jadi manusia nanti tidak bisa dipisahkan dari ekosistem kehidupan serta teknologi karena kehidupan masa depan akan membutuhkan dua hal tersebut.

Keempat, pendidikan masa depan juga mengantarkan kesadaran kehidupan dunia 3.0 dan 4.0. Manusia sekarang ini sudah sadar atas dunia 3.0 yang mulai memasuki zaman teknologi modern, tetapi mereka tidak sadar atas perubahan yang akan terjadi di dunia 4.0, di mana dunia 4.0 adalah dunia yang serba teknologi. 

Baca juga: Mutu Tenaga Kerja Indonesia, Revolusi Industri 4.0, Dan Antisipasi Lembaga Pendidikan

Pastinya teknologi ini sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia, tetapi kita sebagai manusia belum begitu sadar atas perubahan yang akan terjadi akibat teknologi. Populasi manusia yang semakin banyak setiap harinya menyebabkan perubahan semakin cepat terjadi dan tidak lama lagi kita akan memasuki dunia 4.0 yang serba teknologi. 

Tentu kita sebagai manusia yang masih hidup di dunia 3.0 ini harus mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan dan perubahan yang akan terjadi di dunia 4.0. Oleh karena itu, mari kita menggunakan teknologi yang ada sekarang ini dengan bijak. 

Penulis adalah siswa kelas 8 SMP Kolese Kanisius Jakarta

Sebarkan Artikel Ini:

1
Leave a Reply

avatar
1 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca juga: Perubahan Dalam Dunia Pendidikan […]