MPLS 2021 SMA Strada Bhakti Wiyata: Shine Brighter in The Dark

Info Sekolah
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Situasi pandemi yang belum menunjukkan tanda-tanda membaik, tidak menyurutkan semangat dan komitmen keluarga besar SMA Strada Bhakti Wiyata Bekasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para siswa.

Komitmen ini sejalan dengan visi dan misi Perkumpulan Strada yang berorientasi pada pendidikan yang unggul, peduli, dan berjiwa melayani. Wujud nyata dari komitmen tersebut tampak dalam semarak kegiatan MPLS.

Pelaksanaan kegiatan MPLS berlangsung selama tiga hari terhitung sejak 12-14 Juli 2021. Adapun tema yang diangkat oleh panitia adalah Shine Brighter in The Dark (Bersinar Lebih Terang dalam Kegelapan). Ketua Panitia MPLS 2021, Vandelyn Vincent ketika dikonfirmasi oleh dapoedu.com terkait alasan memilih tema ini karena sangat relevan dengan situasi saat ini.

Baca Juga: Meraih Mimpi Sedini Mungkin

Dimana masyarakat pada umumynya sedang dalam kondisi yang cemas dan takut akibat pandemi covid-19. Karena itu, generasi milenial diharapkan dapat memancarkan cahaya serta memanfaatkan media sosial secara bijaksana sebagai salah satu media pembelajaran baru.

“Tema ini sengaja diangkat karena kami melihat situasi dan kondisi masyarakat yang saat ini cemas dan takut dengan corona. Generasi milenial temasuk para peserta didik baru yang mengikuti kegiatan MPLS diarapkan mampu untuk menjadi cahaya yang menerangi kegelapan di masyarakat.

Selain itu, penggunaan media yang bijaksana juga mampu untuk mengurangi kecemasan masyarakat dengan situasi saat ini,” ungkap Vandelyn.

Komitmen Pada Pelayanan

Sementara itu, Direktur Pendidikan Perkumpulan Strada, Romo Odemus Bei Witono, SJ dalam sambutan daring dalam bentuk video singkat mengucapkan selamat datang kepada peserta didik baru.

Selain itu, beliau juga mengingatkan kepada seluruh guru, pegawai dan karyawan pada Perkumpulan Strada untuk senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik kepada anak-anak yang sudah dipercayakan orang tua kepada sekolah.

Selain itu, beliau juga mengingatkan agar pelayanan selalu sejalan dengan tujuan pendidikan sebagaimana yang tertuang dalam UUD 1945 yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Beliau juga tetap mengingatkan untuk senantiasa tetap mematuhi protokol kesehatan dalam pelayanan.

“Sebagai komunitas pendidikan yang unggul, peduli dan berjiwa melayani, kita tetap memberikan pelayanan yang terbaik kepada murid-murid kita yang notabene dipercayakan oleh orang tua kepada kita.  Dan mereka semua adalah anak-anak Tuhan yang dititipkan Tuhan kepada kita.

Baca Juga: Berliterasi Di Pantai Watan Tobi Tou

Berikan yang terbaik dari mulai mengajarnya, mendidiknya, mendampinginya juga untuk keamanan dan pembantu untuk memberikan pelayanan terbaik dengan tetap memperatikan protokol kesehatan. Dan semoga sekolah kita seperti yang diamanatkan oleh UUD 1945 mencerdaskan kehidupan bangsa, bisa juga kita lakukan di dalam Perkumpulan Strada,” tegasnya.

Sejalan dengan Romo Bei, Kepala Sekolah SMA Strada Bhakti Wiyata Bekasi, Emilia, S.Pd. dalam sambutan pembukaan kegiatan MPLS mengucapkan terima kasih kepada orang tua yang telah mempercayakan putra-putrinya kepada SMA Strada Bhakti Wiyata.

Beliau juga mengingatkan bagi para guru untuk senantiasa mencari terobosan baru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di masa pandemi.

“Terima kasih pada para orangtua yg telah mempercayakan putra putrinya untuk kami didik di SMA Strada Bhakti Wiyata. Semoga selama tiga tahun ke depan berproses di SMA Strada Bhakti Wiyata, kami bisa mendidik putra putri bapak ibu menjadi pribadi yang berkarakter, unggul, peduli dan berjiwa melayani seperti VISI perkumpulan Strada,” tegas Emilia, S.Pd.

Baca Juga: Orang Tua Dan Perannya Dalam Membingkai Pendidikan Anak

“Sementara itu, khusus untuk para guru agar senantiasa mencari terobosan baru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan pelayanan di masa pandemi,” imbuhnya.

Selain itu, beliau juga meningatkan kepada para peserta didik baru agar senantiasa bisa mengikuti kegiatan MPLS dengan maksimal. Melalui kegiatan MPLS, diharapkan para siswa bisa mendapatkan pengetahuan baru. Selain itu juga bisa menyesuaikan dengan motto SMA Strada Bhakti Wiyata.

“Melalui kegiatan Masa pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), di harapkan siswa/siswi kelas 10 semakin mengenal SMA Strada Bhakti Wiyata, mendapat pengetahuan baru sehingga para siswa/I merasa senang belajar di SMA Strada Bhakti Wiyata,” lanjutnya.

“Selain itu juga bisa menyesuaikan dan mengamalkan nilai-nilai seperti motto SMA BW yakni Non Schole Sed Vitae Discimus yang artinya kita belajar bukan untuk sekolah tapi untuk hidup. Kita belajar bukan untuk saat ini saja tapi untuk mempersiapkan masa depan,” tuturnya.

Jalannya Kegiatan MPLS

Kegiatan MPLS kali ini diikuti sebanyak 136 peserta didik baru. Meskipun dilakukan secara virtual (zoom meeting), tetapi tidak megurangi semangat dari para peserta. Kegiatan yang langsung dipandu oleh MC Laura dan Dio ini nampaknya berjalan dengan lancar dan penuh antusias dari para peserta didik baru.

Pada hari pertama kegiatan MPLS, panitia menghadirkan tiga pembicara yakni Susana Indah Nugroho, S.Pd (Wakasek Kurikulum), Ega Meista Purba, S.Pd (Guru Bahasa Inggris) dan Hendrikus Aditia Wika, S.Pd (Guru Pendidikan Agama).

Ibu Susan memaparkan materi tentang kurikulum yang digunakan di SMA Strada Bhakti Wiyata. Selain menjelaskan tentang kurikulum, beliau juga membahas tentang berbagai ekstrakurikuler yang ada di SMA BW.

Selanjutnya, MR. Ega memberikan materi terkait literasi. Literasi merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan khususnya di dunia pendidikan.

Kita tak cukup hanya membaca, tetapi bagaimana kemampuan untuk memahami. Sedangkan Pak Hendrik menerangkan pentingnya Paradigma Pedagogik Reflektif (PPR). Perlu ada refleksi dalam setiap proses pembelajaran.

Baca Juga: Fieldtrip Virtual SD Candle Tree Dalam Rangka Pasca Penilaian Tengah Semester II

Selanjutnya pada hari kedua, peserta MPLS disuguhkan dengan berbagai materi yang disampaikan langsung oleh Johanes Vajar Junianto, MM (Wakasek Kesiswaan), Patricia Gita, S.Pd (Guru BK), dan Andreas Mulyo Jati, S.Pd (Guru PJOK). Pak Vajar menjelaskan berbagai macam aturan dan tata tertib siswa.

Sedangkan Ibu Gita menyampaikan materi strategi atau cara belajar efektif serta berbagai motivasi bagi peserta didik untuk semakin meningkatkan semangat dalam belajar.

Kemudian Pak Yoyok menjelaskan tentang berbagai fasilitas sekolah beserta prestasi-prestasi yang diraih oleh para siswa SMA BW.

Dihari ketiga sekaligus penutup kegiatan MPLS, para siswa mendapatkan materi penting dan relevan dengan kondisi kita saat ini yakni pentingnya pemahaman akan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila.

Ibu Mersi Selano selaku guru PKN menegaskan pentingnya mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Pancasila bukan untuk dihafalkan, tetapi dimaknai dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Kesan dan Harapan

Pentingnya pelaksanaan kegiatan MPLS sangat dirasakan oleh peserta didik baru. Jonathan Budiyanto, siswa kelas X yang baru saja menyelesaikan kegiatan MPLS mengaku sangat senang dan bahagia. Selain bertemu dengan teman-teman, ia juga bisa berkenalan dengan bapak dan ibu guru di SMA BW. Selain itu, ia juga mengaku bangga dengan materi-materi yang disampaikan oleh para narasumber.

“Saya pribadi sangat senang pak. Saya bisa bertemu dengan teman-teman, bapak dan ibu guru, meskipun secara virtual. Saya juga senang ketika kaka-kaka panitia membuat kelompok breakout. Rasanya senang banget. Selain itu, materi-materi yang disampaikan oleh para narasumber benar-benar bermanfaat sekaligus bekal buat saya pribadi ketika masuk di lingkungan BW,” terangnya

Baca Juga: Pentingnya Literasi Numerasi Bagi Generasi Milenial

Selain itu, siswa yang akrab disapa Jonathan ini juga menyampaikan harapan besarnya setelah bergabung di SMA BW. Kiranya bisa memberikan prestasi terbaik, nilai-nilai yang baik dan menjadi pribadi yang sukses di kemudian hari.

“Harapan saya setelah bergabung di SMA yaitu bisa memberikan yang terbaik melalui prestasi dan nilai-nilai yang bagus. Selain itu, saya juga berharap semoga dapat menjadi pribadi yang sukses,” tutupnya.

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of