Mengenal Perbedaan TOEFL dan IELTS

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Belajar Bahasa Inggris sangat mutlak diperlukan, mengapa? Bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling banyak dimengerti oleh penduduk di muka bumi ini, meskipun bukan paling banyak digunakan.

Oleh karena itu, Bahasa Inggris digunakan sebagai  bahasa Internasional untuk berkomunikasi. Bahkan bahasa Inggris menjadi bahasa kedua maupun bahasa resmi bagi beberapa negara. Sebut saja Malaysia, India, Singapura, dan lain-lainnya.

Hampir semua referensi utama menggunakan Bahasa Inggris, mulai dari pendidikan sampai dengan teknologi. Ada banyak alasan mengapa perlu belajar Bahasa Inggris.

Meskipun begitu, Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang sulit untuk dipelajari karena bukan bahasa ibu, namun menguasai Bahasa Inggris merupakan hal yang penting.

Baca Juga: Pelatihan Bahasa Inggris ala Singapura oleh Marshall Cavendish

Sekarang ini, siapapun diharapkan untuk bisa jadi global citizen, terutama para anak muda yang sedang menyandang status pelajar. Nah, syarat utama untuk menjadi masyarakat dunia itu adalah pemahaman dan kefasihan berbahasa Inggris.

Jika ada yang mendaftar untuk kuliah di luar negeri, kita  akan diminta untuk memberi nilai tes kemampuan Bahasa Inggris TOEFL (Test Of English as a Foreign Language) atau IELTS (International English Language Testing System).

Hal ini adalah untuk memastikan bahwa kemampuan kita  dalam membaca, berbicara dan menulis dalam Bahasa Inggris semua cukup untuk mengikuti pelajaran di universitas nantinya.

Namun, karena kedua tes ini menguji hal yang sama, banyak mahasiswa yang bingung akan tes manakah yang harus mereka ambil.

Mengenal TOEFL

TOEFL adalah singkatan dari Test of English as a Foreign Language. Ia merupakan test proficiency yang digunakan untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris seseorang tanpa dikaitkan secara langsung dengan proses belajar mengajar.

Baca Juga: 3 (lagi) Tips Mahir Berbicara Bahasa Inggris

Dengan demikian TOEFL berbeda dengan achievement test, yaitu tes yang lingkup ujinya terbatas pada bahan yang telah dipelajari siswa dalam satu kelas Bahasa Inggris. TOEFL mencakup empat aspek yaitu (1) Listening Comprehension, (2) Structure and Written Expression, (3) Reading Comprehension, dan (4) Test of Written English (TWE).

Ada tiga macam tes TOEFL yaitu International TOEFL test, Institutional TOEFL test, dan TOEFL Like-Test. Perbedaannya adalah bahwa soal International TOEFL baru dalam setiap pelaksanaan tes.

Sedangkan soal Institutional test dan TOEFL Like-test bersumber pada soal-soal beberapa tahun sebelumnya dari International TOEFL test.

Mengenal IELTS

Lebih jauh IELTS adalah uji coba kemampuan Bahasa Inggris yang diselenggarakan bersama oleh Universitas Cambridge, British Council dan IDP Education Australia.

Baca Juga: Belajar Grammar Penting ga ya? Penting lah!

Pada tes IELTS, Bahasa Inggris yang digunakan adalah Bahasa Inggris Britania atau British.Tes IELTS menilai setiap bagian dengan skor 0-9, yang kemudian akan diratakan untuk skor akhir dalam skala 0-9.

O iya, tes IELTS juga dibagi menjadi empat sesi ujian, yaitu Speaking, Writing, Listening dan Reading. Biasanya, waktu yang diperlukan dalam tes IELTS akan lebih lama dibandingkan dengan tes TOEFL. (Foto: medium.com)

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of