Dirjen PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2021

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Admin Dapodik, Dirjen PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud merilis aplikasi dapodik versi terbaru pada hari ini, 19 Juli 2020.

Aplikasi versi terbaru ini, akan digunakan untuk pemutakhiran data semester 1 tahun ajaran 2020/2021. Integrasi data dan pembaharuan aplikasi ini telah dilaksanakan.

Ini dimaksud agar Aplikasi Dapodik versi 2021 dapat digunakan untuk pengumpulan data dari satuan pendidikan pada jenjang PAUD, pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan khusus dan kesetaraan.

Baca Juga: Membentuk Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Covid-19

Pada rilis tersebut dikatakan bahwa, secara teknis operator dapodik diharuskan melakukan uninstall aplikasi dapodik versi sebelumnya terlebih dahulu karena aplikasi dapodik versi 2021 telah menggunakan database versi baru yang dirilis dalam bentuk installer atau tidak menggunakan sistem updater.

Dalam rilis kali ini juga ditegaskan bahwa kode registrasi aplikasi dapodik pada jenjang PAUD dan pendidikan kesetaraan telah diubah menjadi kode registrasi format baru yang distribusinya akan dilakukan oleh Dinas Pendidikan kabupaten/kota.

Baca Juga : Menyukseskan Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun 2019, Berdasarkan Permendikbud No.51 Tahun 2018

Juga ditegaskan bahwa acount petugas pendataan tidak mengalami perubahan, oleh karena itu acout pada aplikasi sebelumnya dapat digunakan untuk registrasi pada aplikasi dapodik versi 2021.

Selain itu pada rilis tersebut juga dirilis daftar perubahan pada aplikasi dapodik versi 2021 berupa 14 pembaharuan dan 16 perbaikan. Selengapnya terkait pembaharuan dan perbaikan tersebut lihat pada laman https://dapo.dikdasmen.kemendikbud.go.id

Dalam akhir rilis tersebut, selain daftar perubahan dan perbaikan, juga disertakan pula lima link aplikasi dapodik versi 2021 yang dapat di unduh dan panduan aplikasi versi terbaru tersebut.

Baca Juga: Menuju Pembelajaran Daring yang Lebih Bermakna dan Esensial

Pada akhir rilis tersebut ditegaskan bahwa kepala sekolah segera menugaskan operator dapodik untuk melakukan upgrade ke aplikasi dapodik versi 2021 dan melakukan pemutakhiran data semester 1 tahun ajaran 2020/2021

Batas akhir pemutakhiran data tersebut dilakukan paling lambat pada, Senin, 31 Agustus 2020, karena terkait jadwal penarikan data untuk program Bantuan Operasional Sekolah.

Foto : radarlampung.co.id

Sebarkan Artikel Ini:

2
Leave a Reply

avatar
2 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga : Dirjen PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2021 […]

trackback

[…] Baca Juga : Dirjen PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2021 […]