Pentingnya Komunikasi Dalam Keluarga

Family Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Komunikasi merupakan aktifitas manusia yang sangat penting. Bukan hanya dalam kehidupan organisasi, namun dalam kehidupan manusia secara umum. Komunikasi merupakan hal yang esensial dalam kehidupan kita. Kita semua berinteraksi dengan sesama dengan cara melakukan komunikasi. Komunikasi dapat dilakukan dengan cara yang sederhana sampai yang kompleks, dan teknologi kini telah merubah cara manusia berkomunikasi secara drastis.

Komunikasi merupakan salah satu hal penting yang dibutuhkan dalam keluarga. Bukan tanpa alasan, keluarga menjadi kelompok sosial pertama dan tempat belajar sebagai mahluk sosial. Karakter anak pun dapat terbentuk dari komunikasi tersebut. Apakah pribadinya bisa lebih terbuka, fleksibel, dan ramah. Penting untuk orang tua dalam memberikan komunikasi yang efektif, agar anak lebih bertanggung jawab.

Dalam keluarga, ketika dua orang berkomunikasi, sebetulnya mereka berada dalam perbedaan untuk mencapai kesamaan pengertian dengan cara mengungkapkan dunia sendiri yang khas, mengungkapkan dirinya yang tidak sama dengan siapapun. Sekalipun yang berkomunikasi ibu adalah antara suami dan istri antara ayah dan anak antara ibu dan anak, dan antara anak dan anak, hanya sebagian kecil mereka itu sama-sama tahu, sama-sama mengalami, sama pendapat, dan sama pandangan.

Lebih jauh komunikasi yang baik antar anggota keluarga dibangun di atas dasar kepercayaan, mendengarkan, dan memahami. Semakin efektif cara berkomunikasi, akan semakin kuat pula ikatan kekeluargaannya. Ada 3 manfaat memiliki komunikasi yang akrab dan mesra di dalam keluarga.

1. Memiliki Kepercayaan Diri

Keluarga yang memungkinkan setiap anggotanya bebas mengekspresikan perasaan, pikiran, dan opini biasanya memiliki keprcayaan diri yang cukup tinggi, seperti yang dibuktikan oleh penelitian di University of Delaware. Hal ini diawali dimana pikiran dan pendapat dihargai dan diakui, sehingga tidak malu-malu untuk masuk dan berpartisipasi di lingkungan luar rumah.

2. Have A Good Time

Keluarga yang terlihat akrab biasanya terlihat bagaimana mereka menikmati waktu bersama. Tidak mudah lho bagi anggota keluarga untuk mengutarakan cerita lucu atau lelucon, karena mereka harus memiliki rasa nyaman, aman, dan mau mengambil risiko. Selain itu, situs everydaylife.com menunjukkan bahwa bercanda dan tertawa dapat membantu anggota keluarga merasa lebih dekat satu sama lain.

3. Tepat Mengekspresikan Perasaan

Pernah melihat seseorang yang marah-marah di depan umum hanya untuk urusan yang sepele? Itu salah satu dampak komunikasi yang kurang efektif di tengah keluarga. Menurut University of Florida, komunikasi yang baik dalam keluarga dapat menjadi media tepat untuk mengeskpresikan perasaan, tanpa harus berdebat atau berteriak. Hasilnya kamu bisa lebih terbuka dalam mengutarakan perasaan, memiliki kemampuan memecahkan masalah, dan dapat berbagi pikiran atau ide. Memiliki jalinan komunikasi yang cukup baik dalam keluarga harus menjadi suatu suatu kebiasaan. (Foto: intipesan.com)

Sebarkan Artikel Ini:

5
Leave a Reply

avatar
5 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Pentingya Komunikasi Dalam Keluarga […]

trackback

[…] Baca Juga: Pentingnya Komunikasi Dalam Keluarga […]

trackback

[…] Baca Juga : Pentingnya Komunikasi Dalam Keluarga […]

trackback

[…] Baca Juga : Pentingnya Komunikasi Dalam Keluarga […]

trackback

[…] Baca juga: Pentingnya Komunikasi Dalam Keluarga […]