Konfercab PGRI Kecamatan Lewolema, Wilem Wajo Masih Dipercayakan Jadi Ketua

Event
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Konferensi Cabang (Konfercab) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kecamatan Lewolema baru digelar pada akhir tahun 2019 lalu. Melalui forum tertinggi di tingkat kecamata ini, telah terpilih para pengurus dan dilantik.

Usia yang masih sangat muda, tentu belum sempat berbuat banyak. Meski demikian, pengurus PGRI yang ada memfasilitasi digelarnya konfercab.

Hal ini berdasarkan pada hasil keputusan Kongres Pengurus PGRI Pusat tahun 2019, tentang masa kepengurusan PGRI mulai dari pusat hingga ke ranting-ranting. Keputusan kongres adalah keputusan tertinggi dari semua jenis keputusan di PGRI.

Baca Juga: IGI Dan Dinas PKO Flores Timur Menandatangani MoU Kerjasama, Setelah IGI Flores Timur Terpilih Menjadi Organisasi Penggerak

Keputusan Kongres tahun 2019 diikuti revisi AD/ART termasuk mengenai masa bakti Pengurus Pusat yakni 2019-2024, Pengurus Propinsi 2019-2024, Pengurus Kabupaten 2020-2025, Pengurus Cabang dan Ranting 2021-2026.

Atas dasar inilah dengan mengambil tema, “Bangkitkan Semangat Profesionalisme dan Kreativitas Menuju Lewolema Maju”, PGRI Kecamatan Lewolema menggelar konfercab pada hari Kamis (04/02/2021) di Aula SDK Riangkotek, Lewolema, Flores Timur.

Salah satu agenda yang sangat penting yakni melengkapi komposisi pengurus cabang masa bakti 2021-2026. Tak dapat dipungkiri bahwa pengurus yang telah dilantik tanggal 21 November 2019 lalu, ada yang memasuki masa purna bakti dan ada pula yang mutasi kerja ke luar wilayah kecamatan Lewolema.

Baca Juga: PGRI Kecamatan Lewolema Gelar Konferensi Cabang

Bernadus S. Tukan, S. Sos selaku Camat Lewolema, hadir dan membuka kegiatan ini. Bernadus memberkan apresiasi kepada pengurus Cabang yang telah merencanakan dan melaksanakan yang terbaik untuk kemajuan organsisasi profesi guru ini.

“PGRI merupakan wadah yang mempersatukan para guru. Oleh karena itu saya berharap agar PGRI menjadi ruang penuh inspirasi para anggota dalam meningkatkan kompetensi guru,” kata Camat Lewolema dalam sambutannya.

Beliau juga menyampaikan bahwa berorganisasi berarti saling percaya antar pengurus demikian juga dengan anggota untuk mendukung segala progaram yang telah disepakati.

Selain itu, setiap anggota agar memenuhi kewajiban baik berupa iuran maupun kegiatan PGRI serta rela meluangkan waktu dan tenaga untuk menunjukan sikap solidaritas sesama profesi guru.

Senada dengan Camat Lewolema, Ketua PGRI Kabupaten Flores Timur, Maksimus Masan Kian, S. Pd, menegaskan bahwa salah satu tugas dari PGRI adalah memenuhi kebutuhan anggota-anggota melalui realisasi program-program kerja.

“Organisasi kita boleh besar, jumlah anggota kita boleh banyak tetapi bila kita tidak memenuhi kebutuhan angota-anggota maka bisa jadi organisasi kita ini dapat ditinggalkan,” ujarnya.

Baca Juga: Pengembangan Profesionalisme Konselor

Beliau juga mengharapkan agar para pengurus yang dilantik dapat menggerakkan roda organisasi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing. “Langkah pertama yang harus dilakukan oleh teman-teman pengurus setelah dilantik adalah rapat kerja untuk menyusun kalender kerja program selama satu tahun” harapnya.

“Setelah itu, boleh berkolaborasi dengan sesama kita di Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Flores Timur untuk meningkatkan kompetensi guru demi kemajuan pendidikan di Lewolema khususnya dan Flores Timur pada umumnya. Semangat kita saat ini sedang membara dan jangan dibiarkan padam seiring jalannya waktu. Lakukanlah yang terbaik demi organisasi profesi guru ini,” ajaknya.

Jumlah peserta konfercab mengikuti Instruksi Bupati Flores Timur nomor: SATGAS.COVID/09/FLT/I/2021 TENTANG Pembatasan Kegiatan Masyarakat dalam wilayah Kabupaten Flores Timur, tanggal 20 Januari 2021, terkait masa pandemi oleh karena meningkatnya kasus positif wabah covid 19 akhir-akhir ini. Dengan demikian seluruh peserta wajib mematuhi protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung.

Baca Juga: IGI Flores Timur Go International

Peserta yang hadir sebanyak 26 orang, terdiri dari para Kepala Sekolah/utusan dari TK/PAUD, SD, SMP, SMA/SMK se kecamatan Lewolema yang akhirnya mempercayakan Wilhelmus Wajo Koten, S. Pd sebagai Ketua, Theodorus Enga Kelen, S. Pd sebagai Wakil Ketua, Wilhelmus Darang Weking, S. Pd sebagai Sekretaris.

Sedangkan Siprianus Reo Koten, S. Pd sebagai Wakil Sekretaris, M. Theresia Inos Sogen, S. Pd sebagi Bendahara dan Yustina Timu Ruron, S. Pd sebagai Wakil Bendahara. Mereka adalah Pengurus Harian Cabang PGRI Kecamatan Lewolema masa bakti 2021-2026.

Konferensi diakhiri dengan pelantikan Pengurus Cabang oleh Ketua PGRI Kabupaten Flores Timur. Adapun tiga orang yang menjadi saksi dari utusan Pengurus PGRI Kabupaten Flores Timur di antaranya Egidius Demon Ola, Bernadus Belawa Makin, Theodorus Doweng Teluma.

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of