IGI Flores Timur Go International

Event
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Ikatan Guru Indonesia (IGI) akhir-akhir ini menjadi primadona di kalangan guru Indonesia maupun siapa saja yang mengikuti sepak terjang IGI. Viral ketika ketua IGI Muhammad Ramli Rahim diundang oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, bersama para ketua umum lainnya dari 22 organisasi profesi guru.

Dalam pertemuan tersebut ke-22 organisasi profesi yg di undang Pak menteri berkesempatan memberikan masukan berkaitan penyelengaraan pendidikan nasional lima tahun ke depan. Usulan terbanyak datang dari ketua umum IGI.

Ada bebeberapa usul yang kemudian direspon dengan cepat oleh Pak Nadiem. Salah satunya adalah mengurangi beban administrasi guru berupa penyususnan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), dari belasan lembar menjadi 1 lembar saja.

Baca Juga : Meriahkan Harkitnas, IGI Flotim Luncurkan Buku & Gelar Talkshow

Sedangkan usulan lain semisal peningkatan kompetensi guru, juga perjuangan memperbaiki nasib guru honorer. Masih banyak usul lainnya demi perbaikan pendidikan Indonesia pada umumnya.

Usul demi usul ini menjadi viral bahkan menduduki peringkat utama. Jika kita search di google pasti link berita nya berada di urutan pertama.

Inilah IGI yang sesungguhnya. Walaupun baru berusia 1 windu, namun kiprahnya sangat fenomenal. Di usianya yang ke-8 tahun ini, program nasional IGI mencakup 86 kanal pendidikan. Beberapa di antaranya lahir dalam 2 tahun terakhir seperti 19 kanal Matematika Fisika dan kanal serumaster STEM.

Kanal serumaster STEM menjadi kanal termuda dari segudang kanal yang ada. Usianya relatif masih bayi, baru 6 bulan. Kanal STEM (Sains Teknologi Engineering dan Matematika) ini boleh dibilang kanal Super Hero, meroket dan melejit dengan cepat.

Bapak Edy selaku founder kanal bayi ini sungguh kreatif dan sarat kebaruan. Guru Fisika SMP Pekanbaru ini tak mau ketinggalan dengan aksi para penggagas kanal-kanal IGI lainnya.

Baca Juga : IGI Flotim Gelar Gelis Sagusaku di Dua Titik Kecamatan Adonara Timur

STEM yang juga tengah digenjot oleh Kemdikbud RI akan membawa dampak yang baik demi perubahan menuju pembelajaran yang lebih menggembirakan. Pembelajaran dengan STEM ini akan menyenangkan peserta didik. Dengan demikian, mampu meminimalisir tingkat stres dan memaksimalkan karakter siswa.

Saat ini, tengah dibangun jaringan dengan negara Malaysia, terutama untuk melakukan Training of Trainer (ToT). Proses ini diselenggarakan dalam rangka merekrut para guru Indonesia menjadi coach untuk tingkat nasional.

IGI Flores Timur NTT patut berbangga diundang oleh Universitas Sains Malaysia (USM) sebagai pusat Sains Negara Malaysia untuk mengikuti Workshop Serumaster STEM di Penang, Malaysia. Workshop yang terjadwal selama 1 minggu ini akan diakhiri dengan pelantikan peserta menjadi coach di tingkat nasional.

Pengukuhan tersebut memastikan kesiapan segenap peserta untuk diterbangkan ke seluruh Indonesia, berbagi kepada guru-guru lain yang tersebar di seluruh pelosok tanah air.  Semoga seluruh peserta dapat mengikuti proses pelatihan ini dengan baik dan lancar sesuai harapan bersama.

*Penulis adalah Sekretaris IGI Flores Timur.

Sebarkan Artikel Ini:

3
Leave a Reply

avatar
3 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga : IGI Flores Timur Go International […]

trackback

[…] Baca Juga : IGI Flores Timur Go International […]

trackback

[…] Baca Juga : IGI Flores Timur Go International […]