Sharing and Grow Together; Workshop Pembuatan Video Pembelajaran oleh IGI Flores Timur di SMPN 1 Tanjung Bunga

Event
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Guru adalah penentu sebuah proses pembelajaran yang bermutu, baik itu dalam peran sebagai pendidik maupun pengajar bagi para pembelajar. Dengan demikian, maka kualitas profesionalisme seorang guru menjadi sangat berpengaruh terhadap kualitas proses dan output pembelajaran yang dihasilkan.

Salah satu organisasi profesi keguruan yang kita tahu di Indonesia adalah Ikatan Guru Indonesia (IGI). Ikatan Guru Indonesia (IGI) diinisiasi untuk melakukan pembaharuan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu elemen terpenting yang memegang peranan utama dalam usaha mewujudkan tujuan ini adalah kualitas para pendidik atau guru.

Dengan slogan Sharing and Growing Together yang diusungnya, IGI hadir untuk berbagi dan bertumbuh bersama dalam menggapai mimpi bersama yaitu pendidikan yang berkualitas secara merata di seluruh Indonesia.

Berkaitan dengan eksistensinya, IGI telah turut hadir di bumi Flores Timur, dan telah banyak berbagi bersama para guru di wilayah bahkan ke daerah pelosok, dalam berbagai kegiatan workshop dan pelatihan.

Baca Juga : Dinas PKO Gandeng IGI Flotim, Bangun Pembelajaran Virtual

Kali ini, IGI Flores Timur berkunjung ke Kecamatan Tanjung Bunga, tepatnya di SMP Negeri 1 Tanjung Bunga, dengan menggelar Workshop Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Easy Sketch Pro 3.0.6, pada hari Sabtu, 14 November 2020, pukul 09.00 Wita hingga selesai.

Narasumber dalam kegiatan workhop ini adalah Frans Berek, M.Pd, selaku ketua umum IGI Flores Timur dan anggota IGI Flores Timur, Benediktus Boki Hera, S. Ag.

Kegiatan workshop ini dihadiri pula oleh Kepala Seksi Kurikulum Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Flores Timur, Sargius Okri Kelen, M. Pd. “Para guru harus banyak mengikuti kegiatan penguatan kapasitas profesi guru. Yang dilakukan oleh IGI Flotim adalah contoh usaha dalam rangka pengembangan kemampuan guru”, tanggap Pak Okri Kelen.

Baca Juga: Gandeng IGI Flores Timur, SMAN 1 Lewolema Gelar Bimtek Pembelajaran Daring

Workshop ini dibuka oleh Adrianus Sintu Kelen, S.IP., anggota Komisi Pendidikan dan Kesehatan DPRD Kabupaten Flores Timur. Dalam acara pembukaan, Adrianus Kelen memberikan penguatan, dengan menyatakan bahwa yang memegang peranan penting dalam pembangunan manusia adalah pendidikan. Maka persoalan pendidikan juga tak luput dari perhatian DPRD Komisi C sebagai pemangku kebijakan. Pada kesempatan tersebut juga disampaikan ucapan terima kasih kepada IGI Flotim atas inisiasi workshop untuk para guru.

Kepada para guru, disampaikan pesan bahwa guru perlu terus mengasah diri dan memberi diri untuk diasah, untuk meningkatkan mutu pendidikan di lembaga pendidikan. Hal ini dilakukan oleh para pendidik untuk mendukung salah satu tugas DPRD dalam pembangunan dan peningkatan kualitas SDM manusia Lamaholot khususnya di bumi Flores Timur.

Kepala SMP N 1 Tanjung Bunga, Yohanes Milan Liwun, S.Pd, menyambut baik kegiatan ini. Menurut beliau, harus diakui bahwa guru-guru di Kabupaten Flores Timur masih harus banyak berbenah untuk menjadi seorang guru professional.

Pembenahan yang diperlukan antara lain dalam bentuk pelatihan untuk mengembangkan media dalam proses sebuah pembelajaran. Maka kegiatan pelatihan atau workshop yang diadakan oleh IGI Flores Timur ini sangat tepat dan patut diberi apresiasi.

Baca Juga : Gerakan IGI Flotim (GIF) : Satu Flores Timur Satu Rumah Belajar

Melalui kegiatan ini, diharapkan terjadi pembaharuan dan peningkatan profesionalisme guru dalam perannya sebagai motor pendidikan. Oleh karena itu, beliau mewajibkan ke-26 orang guru SMPN 1 Tanjung Bunga untuk berpartisipasi langsung dalam kegiatan workshop ini.

“Saya langsung menerima kegiatan workshop pembuatan video pembelajaran ini karena saya merasa ini adalah bagian dari kebutuhan para guru dan lembaga pendidikan.  Guru harus mengikuti perkembangan zaman di era globalisasi ini. Ke depannya, SMPN 1 Tanjung Bunga tetap membutuhkan IGI untuk berbagi ilmu lain sebagai pendukung dalam proses pembelajaran. Kalau guru-guru hebat, artinya kepala sekolah juga hebat”, papar beliau dalam sambutan pembuka.

Ibu Maria Marselina Tobi, S. Pd, Kepala Urusan Kurikulum SMP N 1 Tanjung Bunga sekaligus salah seorang peserta workshop, ketika diminta tanggapan, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dalam hal peningkatan kinerja kerja guru. Workshop seperti ini sangat bermanfaat karena dapat memantik dan meningkatkan kreativitas para guru.

Ia pun berharap semoga kedepannya semakin banyak pelatihan dan workshop IT dengan materi berbeda yang diselenggarakan di SMPN 1 Tanjung Bunga untuk mendukung gerakan perubahan menuju pendidikan yang berkualitas.

Baca Juga : IGI Flotim Buat Video Pembelajaran Untuk Anak SD

Harapan akhir untuk IGI Flores Timur adalah semoga semakin banyak guru di wilayah desa hingga pelosok dapat ikut tersentuh oleh program-program pelatihan yan diselenggarakan oleh IGI Flores Timur. Mari terus berbagi dan bertumbuh bersama dalam rangka meningkatan kualitas pendidikan di bumi Lamaholot, khususnya Flores Timur.

Sebarkan Artikel Ini:

3
Leave a Reply

avatar
3 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Frans Berek Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Frans Berek
Guest
Frans Berek

Luar Biasa!

trackback

[…] Baca juga: Sharing And Grow Together; Workshop Pembuatan Video Pembelajaran Oleh IGI Flores Timur Di SMPN 1 Tan… […]

trackback

[…] Baca Juga: Sharing And Grow Together; Workshop Pembuatan Video Pembelajaran Oleh IGI Flores Timur Di SMPN 1 Tan… […]