Valentine Day Bukan Melulu Soal Pasangan, Lakukan Ini di Hari Kasih Sayang

Family Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Setiap tahun, tanggal 14 Februari dirayakan sebagai Valentine Day atau Hari Kasih Sayang. Bagi yang punya pasangan, datangnya hari kasih sayang sangat ditunggu-ditunggu.

Sedangkan bagi yang tidak memiliki pasangan, datangnya hari kasih sayang seperti dihindari. Seolah hari kasih sayang adalah hari eksklusif bagi mereka yang mempunyai pasangan.

Padahal harusnya hari kasih sayang adalah hari di mana kita merayakan hadirnya budaya mengasihi, budaya mencintai antar sesama secara inklusif. Tanpa sekat, baik agama maupun ras.

Bagi yang tidak punya pasangan, mengasihi sesama tanpa sekat, membuatmu tampak berbeda, punya nilai lebih. Bisa jadi karena itu menonjol dan menarik perhatian seseorang, tak tertutup kemungkinan bahwa hari kasih sayang justru menjadi titik balik. Pada hari kasih sayang, benih cinta baru mulai tersemai.

Sedangkan bagi yang punya pasangan, hari kasih sayang bukan hari eksklusif kalian berdua. Kehadiran sesama di sekitarmu seperti tak bernilai di hari itu. Padahal seharusnya, sebagai pasangan, hari kasih sayang memberi kalian alasan, bahkan kekuatan lebih untuk membuat sesama di sekitar ikut merasakan kebahagiaan yang kalian alami.

Maka lakukan empat hal berikut ini, untuk merayakan hari kasih sayang secara lebih bermakna. Ini berlaku bagi anda yang mempunyai pasangan ataupun bagi anda yang belum memiliki pasangan.

  1. Self-love, ungkapan kasih pada diri sendiri.

Pagi-pagi ketika  bangun, atau setelah selesai mandi, bersiap pergi ke sekolah, ke kampus ataupun ke kantor, berdirilah di depan cermin, dan pujilah dirimu. Tunjukkanlah pada dirimu bahwa kamu berharga. Berterimakasihlah pada dirimu karena kamu telah melewati tantangan demi tantangan.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Diri Lebih Bermotivasi Positif Setiap Hari

Memuji diri sendiri adalah cara sederhana menunjukkan cinta pada diri sendiri. Para ahli Psikologi mengatakan bahwa self love itu perlu. Kamu hanya bisa menghargai orang lain jika kamu merasa dirimu cukup berharga.

  1. Tunjukkan rasa sayang pada orang tua dan saudaramu di rumah.

Momen hari kasih sayang dapat kamu gunakan untuk menunjukkan betapa kamu berterima kasih, karena kamu masih memiliki orang tua dan saudara yang masih mencintaimu.

Baca Juga: “Ayah, Ibu, Kami Ingin Bicara”

Jika kamu merasa mereka kurang mencintaimu, jadikan hari kasih sayang sebagai momen untuk menunjukkan bahwa kamu mengasihi mereka. Kasih sayang akan melahirkan kasih sayang pula. Bisa jadi dengan kamu menunjukkan kasih sayang, dapat menjadi titik balik bagi mereka untuk mengasihimu lebih baik.

  1. Beri perhatian pada teman sekelas, teman kuliah, dan rekan kerjamu.

Senyum dan sapa adalah hal sederhana yang dapat kamu lakukan untuk menunjukkan bahwa kamu memperhatikan mereka. Senyum adalah tanda bahwa kamu mengakui kehadiran dan peran mereka bagi pertumbuhanmu sebagai pribadi, hingga hari ini.

Tunjukkan bahwa kamu menghargai mereka. Ungkapkan rasa terima kasih dengan cara yang bisa kamu lakukan.

  1. Tunjukkan perhatian pada pribadi yang punya kontribusi kecil tetapi menentukan.

Orang yang punya kontribusi kecil tapi menentukan, adalah orang yang sehari-hari membuatmu bisa mencapai feeder busway dari rumah, atau stasiun kereta, atau mencapai kantor dengan selamat.

Mereka adalah driver ojek online, supir busway, atau supir jemputan, yang setiap hari mengantarmu sampai ke sekolah, ke kampus ataupun ke kantor, dan kembali ke rumah dalam keadaan selamat. Tanpa mereka, perjalananmu bisa terhambat. Meskipun kamu membayar jasa mereka, namun kehadiran mereka tetap berkontribusi.

Pribadi lain yang punya kontribusi penting buat kamu adalah satpam, office boy atau office girl di sekolah, kampus ataupun kantor. Kita dapat belajar atau bekerja dengan nyaman karena ruang kelas dan ruang kerja kita bersih, hasil kerja mereka. Kita juga dapat belajar dan bekerja dalam suasana aman karena mereka menjaga keamanan kita.

Baca Juga: Mengembangkan Kemampuan Berkomunikasi

Pada hari kasih sayang, lakukan sesuatu buat mereka. Ciptakan kejutan kecil buat mereka. Tunjukkan bahwa mereka berharga. Ucapkan terima kasih pada mereka. Bila perlu, siapkan coklat khusus buat mereka.

Jika kamu lakukan itu, mereka akan merasa dihargai. Kamu akan dikenang sebagai pribadi yang baik. Dan kamu akan mengalami bahwa pelayanan mereka kepada mu, pada saat mendatang, akan semakin baik.

Itulah empat hal yang dapat kamu lakukan untuk merayakan Valentine Day. Mudah-mudahan tindakan kecil itu menjadi titik balik yang menciptakan hubungan yang lebih berkualitas pada hari-hari mendatang.

Dengan demikian, mencintai bukan lagi tindakan setahun sekali, melainkan menjadi tindakan setiap hari, berpasangan ataupun tidak berpasangan. Selamat merayakan hari kasih sayang! (Foto: kabar.news)

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of