7 Cara Membuat Diri Lebih Bermotivasi Positif Setiap Hari

Bimbingan
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Setiap hari di hadapan kita selalu terbentang dua pilihan. Ada pilihan positif dan ada pilihan negatif.

Pilihan positif sepertinya membawa konsekuensi ‘negatif’ untuk jangka pendek, tetapi berdampak ‘baik’ untuk jangka panjang. Sedangkan pilihan negatif sepertinya berdampak ‘baik’ sekarang, namun dalam jangka panjang ternyata berdampak buruk.

Jika menghendaki hidup bahagia, menghendaki masa depan gemilang, maka kita  harus  mendorong diri untuk memilih pilihan positif. Konsekuensinya, harus bekerja lebih keras, bekerja lebih lama, sehingga mencapai hasil lebih baik di masa depan.

Maka ada ungkapan berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Nah, bagaimana agar ketika hidup menyodorkan pilihan positif dan pilihan negatif, kita bisa memilih pilihan yang tepat? Berikut ini kiat-kiatnya.

  1. Merumuskan Tujuan Hidup

Tujuan hidup adalah gambaran yang Eduers buat tentang hidup Eduers pada saat yang akan datang. Dapat juga disebut cita-cita hidup Eduers. Tujuan hidup ini harus dirumuskan dengan jelas dan rinci. harus berupa sesuatu yang positif, bernilai, ideal, dan besar. Jika dirumuskan dengan baik akan menjadi pedoman dalam memilih.

  1. Lawan Rasa Malas

Mencapai tujuan yang sudah Eduers rumuskan bukan perkara mudah. Sebelum Eduers melakukan apa yang direncanakan, rasa malas sudah akan menyerang. Banyak orang sudah menyerah pada tahap ini.

Untuk mencapai tujuan, Eduers harus melawan rasa malas yang menyerang. Ingat tujuan yang sudah Eduers rumuskan. Dialog dengan diri sendiri. Tundukkan rasa malas tersebut. Lakukan hal yang Eduers tahu akan membantu anda mencapai tujuan.

  1. Bangun Cara Berpikir Positif

Ketika Eduers sedang berjuang mencapai tujuan, ada banyak cobaan datang. Bisa berupa pekerjaan dan beban tambahan, atau hambatan muncul. Jika Eduers tidak memiliki cara berpikir positif, bisa jadi Eduers menyerah.

Tetapi jika Eduers memiliki cara pandang positif, cara pandang tersebut tidak hanya membuatmu bertahan, tetapi membuatmu bekerja lebih baik lagi. Ini peluang bagimu untuk meraih sukses lebih baik dibanding yang lain.

  1. Buat Daftar Apa yang Akan Dikerjakan

Lakukan pencatatan untuk semua hal yang akan Eduers kerjakan setiap pagi. Catatan tersebut sebaiknya dibuat berdasarkan target mingguan dan bulanan yang sudah Eduers buat.

Di akhir hari, evaluasi pencapaian apa yang sudah dikerjakan dengan baik, dan apa yang belum. Berdasarkan catatan evaluasi dan target mingguan tersebut, buatlah catatan pekerjaan untuk hari berikutnya.

  1. Rutin Lakukan Evaluasi

Berdasarkan catatan evaluasi harian, lakukan evaluasi setiap akhir pekan untuk menyusun target minggu berikutnya. Patokannya adalah target bulanan. Bawa hasil evaluasi tersebut dalam doa yang Eduers lakukan setelah evaluasi.

  1. Ambil Waktu untuk Istirahat

Meskipun ada banyak pekerjaan telah menunggu, target baru sudah disusun, namun Eduers perlu punya waktu rutin untuk beristirahat.

Jadwalkan waktu untuk bersantai, sendiri atau bersama keluarga. Tidak harus dengan biaya yang mahal.

  1. Beri Reward pada Diri Sendiri

Setelah eduers mengerjakan pekerjaan berat dalam kategorimu dengan baik, atau setelah target yang Eduers rumuskan tercapai, Eduers perlu memberi reward pada diri sendiri.

Reward ini akan membuatmu lebih bersemangat, lebih bermotivasi lagi untuk menyelesaikan pekerjaan dan target-target berikutnya.

Itulah tujuh hal yang bisa Eduers lakukan agar tetap fokus dan termotivasi untuk meraih kehidupan yang lebih baik. Dalam hidup kita ada banyak hal yang dapat membuat kita tidak fokus, membuat kita terdemotivasi. Hanya kita sendirilah yang paling mampu membuat diri tetap memiliki motivasi untuk mencapai yang terbaik dalam hidup. (Foto: hipwe.com)

Sebarkan Artikel Ini:

1
Leave a Reply

avatar
1 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga: 7 Cara Membuat Diri Lebih Bermotivasi Positif Setiap Hari […]