Mendorong Perubahan di Masyarakat Melalui Pendidikan Tinggi

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Lingkungan ternyata sangat berpengaruh terhadap proses pertumbuhan dan atau bisa mengubah hidup setiap orang.

Lingkungan di mana saya dibesarkan, dari masa kanak-kanak sampai selepas SMA bisa dibilang agak memprihatinkan, soal bagaimana orang menganggap seberapa pentingnya pendidikan itu.

Banyak orang dalam lingkungan kami tinggal, hanya mengenyam pendidikan sampai SMK/SMA saja. Sementara lainnya bahkan ada yang sama sekali tidak mengenyam pendidikan.

Mereka menganggap bahwa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, misalnya melanjutkan studi ke perguruan tinggi itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karena itu, kuliah bukan merupakan pilihan yang wajib diambil.

Apalagi mereka sering mendengar keluhan-keluhan orang yang mempunyai pengalaman kuliah mengatakan bahwa dunia kuliah itu sangat sulit, belum lagi dengan biayanya yang sangat mahal. Dan karena keterbatasan ekonomi, orang-orang akan memilih untuk tidak kuliah.

Selain itu, sebagian dari mereka juga berasumsi bahwa kuliah itu tidaklah penting, karena mereka menganggap bahwa dengan ijazah SMK/SMA saja orang bisa mendapatkan pekerjaan, lalu untuk apa harus membuang-buang waktu maupun uang untuk kuliah.

Dengan pemahaman seperti itu, sebagian orang akan memilih tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Terutama kaum perempuan seperti saya. Di daerah kami kebanyakan orang mempunyai pemahaman bahwa tempat perempuan adalah di dapur.

Jadi untuk apa mengenyam pendidikan tinggi-tinggi, toh perjalanan hidupnya akan berakhir di dapur juga.

Menurut saya pribadi pemikiran seperti ini sangat disayangkan. Bila semua orang mempunyai pola pemikiran seperti ini, terus bagaimana nasib kehidupan mereka ke depannya.

Baca juga : Menelanjangi Problematika Mahalnya Biaya Pendidikan Di Indonesia

Dengan melihat tuntutan kehidupan di masa sekarang, yang tantangan globalnya sangat besar. Perkembangan teknologi kian pesat dan menyentuh hampir seluruh aspek kehidupan. Segala hal diakses menggunakan teknologi.

Karena itu, tanpa pendidikan yang lebih tinggi, sulit membayangkan kami dapat menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan teknologi yang sangat cepat itu.

Dengan melihat problem di atas, maka sekolah adalah satu-satunya pilihan bagi komunitas masyarakat di lingkungan kami.

Sekolah diharapkan sebagai tempat untuk memberikan pemahaman atau gambaran akan pentingnya pendidikan untuk keberlangsungan hidup di masa mendatang.

Karena itu tindakan-tindakan seperti berikut ini yang perlu dilakukan sekolah sebagai wadah yang berperan penting dalam menyakinkan para peserta didik dan juga masyarakat luas untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Pertama, diharapkan sekolah dapat memberikan pembekalan terhadap peserta didiknya, tentang gambaran mengenai dunia perkuliahan dan manfaat kuliah.

Hal ini penting, supaya ketika peserta didik sudah lulus dari sekolah menengah atas, mereka sudah tahu ke mana arah jalan hidup yang seharusnya dia ambil

Kedua, meyakinkan bahwa tidak selamanya biaya kuliah itu mahal, sekolah bisa membantu peserta didiknya untuk mencari beasiswa untuk biaya kuliah.

Ketiga, sekolah perlu memberikan gambaran akan kebutuhan dalam dunia kerja, bahwa dengan kuliah akan lebih banyak peluang, atau memudahkan setiap orang untuk mendapatkan pekerjaan.

Baca juga : Mengejar Program Beasiswa Kominfo RI Tahun 2024

Karena saingan untuk masuk dalam dunia kerja di masa mendatang sangat ketat, perusahan-perusahan akan mengambil orang-orang yang berijazah sarjana, karena mereka meyakini bahwa orang yang lulusan sarjana memiliki kematangan intelektual dan emosional yang lebih terasah.

Keempat, sekolah perlu menjalin kemitraan atau kerjasama dengan orangtua peserta didik, sekolah harus meyakinkan orang tua bahwa jenjang pendidikan tinggi dapat menjamin kesuksesan anak di masa depan.

Dengan demikian orang tua akan membantu sekolah dengan meyakinkan anak-anak mereka bahwa pendidikan itu sangat penting untuk keberlangsungan hidup mereka di masa mendatang.

Dengan melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi kita mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang lebih, selain itu cara berpikir kita akan berubah.

Di bangku kuliah, mahasiswa diajarkan untuk berpikir kritis dan memiliki kemampuan serta keterampilan tertentu, serta memandang segala persoalan dari persepsi holistic.

Yang artinya mereka dilatih untuk mampu melihat, menafsirkan, dan menyimpulkan gejala sosial secara utuh menyeluruh dan saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Mereka mampu berpikir kritis, kreatif, spekulatif, deduktif, dialektik, dan mereka selalu berpikir ke arah perubahan.

Selain itu dengan berkuliah juga sangat membantu kita untuk meraih karier yang lebih baik. Ketika seseorang memiliki karier yang baik maka akan menjamin kehidupan yang baik pula dalam keberlangsungan hidupnya.

Pendidikan adalah investasi masa depan yang sangat pasti dan terjamin. Jadi marilah menciptakan kehidupan yang baik dan sukses lewat pendidikan, yakni melalui jenjang pendidikan tinggi.

Di mana semakin tinggi pendidikan seseorang maka semakin tinggi kualitas terutama dalam hal kesejahteraan keberlangsungan hidupnya di dunia.

Foto: TirtaRimba

Penulis adalah Mahasiswa Pendidikan PPKn Universitas Pamulang Tangerang Selatan

Tulisan ini pernah tayang di eposdigi.com, ditayangkan kembali dengan seizin penulis

5 1 vote
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments