Final AFF Suzuki Cup 2020: Thailand vs Indonesia, Siapakah yang Juara?

DEPO Topik
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Kabar menarik datang dari Singapura dalam ajang Piala AFF 2020. Timnas Indonesia kini mampu melaju ke babak final untuk keenam kalinya, dan kali ini akan berhadapan dengan Thailand di partai puncak.

Final akan dilaksanakan dua leg, yakni pada 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022. Pertandingan ulang final Piala AFF 2016 ini akan dilaksanakan di National Stadium, Kallang, Singapura.

Kedua negara telah berjuang untuk merebut tempat di partai final. Thailand yang merupakan kandidat kuat juara, tergabung di grup A. Thailand dapat melaju mudah ke babak Semi Final.

Thailand mampu mendapatkan poin sempurna, dari 4 pertandingan grup yang dilaksanakan. Raihan poin diawali dengan kemenangan atas Timor Leste, dengan skor 2-0. Dilanjutkan dengan meraih kemenangan mudah atas Myanmar, dengan skor 4-0.

Kemudian, meraih kemenangan tipis 2-1 atas Filipina, dan diakhiri dengan menang atas tuan rumah Singapura 2-0. Di babak semi-final, Thailand dapat menang atas Vietnam dalam pertandingan dua leg yang diakhiri dengan agregat 2-0.

Disisi lain, Indonesia yang merupakan kuda hitam dalam kompetisi ini, tergabung dalam grup B. Perjuangan Indonesia diprediksi akan menjadi sulit karena akan bersaing dengan Malaysia dan Vietnam yang menjadi kandidat kuat menuju Semi Final. Namun, ternyata prediksi itu dapat dipatahkan oleh Indonesia yang dilatih Shin Tae Yong.

Baca Juga: Satu Lagi Pemain Sepak Bola Jebolan Sekolah Khusus Olahragawan Ragunan Berkarier Di Eropa

Indonesia mengawali tren kemenangan di Piala AFF atas Kamboja dengan skor 4-2. Dilanjutkan dengan menang mudah atas Laos dengan skor 5-1. Kemudian dapat meraih hasil imbang atas juara bertahan Vietnam dengan skor 0-0. Diakhiri dengan menggilas Malaysia 4-1, dalam pertandingan hidup mati di grup B.

Secara mengejutkan, Indonesia dapat melaju ke babak Semi Final dengan tak terkalahkan serta status juara grup B. Di babak Semi Final, Indonesia dapat meraih kemenangan dengan susah payah atas tuan rumah Singapura.

Di leg pertama, kedua negara bermain imbang dengan skor 1-1. Di leg kedua Indonesia dapat meraih kemenangan atas Singapura dengan skor 4-2 setelah perpanjangan waktu 2×15 menit. Dengan ini, Indonesia berhak melaju ke babak final dengan agregat 5-3 atas Singapura.

Pertandingan final ini akan menjadi menarik, karena akan menjadi pertemuan ke-4 mereka bertemu di final AFF. Tiga pertemuan sebelumnya, terjadi di tahun 2016, dan pada tahun 2000 serta 2002, ketika piala AFF ini masih bernama Piala Tiger.

Thailand dapat menyapu bersih kemenangan atas Indonesia dalam tiga pertemuan sebelumnya. Tak hanya mengenai head to head antara kedua negara, tetapi juga mengenai statistik kedua negara.

Indonesia yang memiliki produktivitas gol tertinggi dengan perolehan 18 gol akan menghadapi Thailand yang memiliki pertahanan terkuat dengan hanya kebobolan 1 gol.

Baca Juga: Son Heung-Min: Tetap Merendah Walau Di Puncak

Irfan Jaya dan Teerasil Dangda akan memperebutkan gelar top skor dalam ajang dua tahunan ini. Teerasil Dangda yang hingga kini sudah mencetak 4 gol dari 5 penampilan, bersaing dengan Bienvenido Maranon (Filipina), dan Safawi Rasyid (Malaysia).

Sedangkan, Irfan Jaya tak jauh membayangi dibawah Teerasil Dangda dengan raihan 3 gol dari 6 pertandingan. Perebutan top assist juga akan diperebutkan melalui babak final Piala AFF 2020.

Duel akan terjadi antara Witan Sulaeman dan juga Narubadin Weeranatnodom. Keduanya, sudah mencatatkan 3 assist yang membantu perjalanan kedua negara melaju ke babak final.

Kendati demikian, kedua negara tidak akan bermain dengan skuad terbaiknya pada duel di National Stadium nanti. Indonesia sudah pasti akan kehilangan Pratama Arhan yang terkena akumulasi kartu ketika menghadapi Singapura.

Tentu saja ini menjadi kerugian bagi Indonesia, karena Arhan dikenal dengan lemparan dalamnya yang jauh dan dapat menjadi ancaman bagi pertahanan lawan.

Tak hanya kehilangan Arhan, tetapi Indonesia dihantui dengan rekor yang buruk diajang final piala AFF. Dari lima kesempatan Indonesia berlaga di final, semua berakhir dengan posisi runner-up.

Baca Juga: Raihan Emas Pertama Di Olimpiade, Indonesia Catat Sejarah 

Namun, skuad Indonesia optimis dengan kehadiran Shin Tae Yong akan membawa perubahan bagi Indonesia.

“Tentu saja, saya ingin menjadi juara. Tetapi mengangkat piala tidak akan terjadi hanya karena kamu menginginkannya. Menjadi seorang juara dengan cara anda, dan itu diperlukan dengan melakukan yang terbaik di setiap pertandingan,” ucap Shin Tae Yong.

“Sebagai pelatih, saya menjadi juara lebih dari 20 kali. Dari pengalaman tersebut, ini bukan hanya soal strategi tapi juga mental, kami persiapkan itu dengan baik,” lanjutnya.

Disisi lain, Thailand juga harus kehilangan kiper andalan mereka yakni Chatchai Budprom dikarenakan cidera, serta bek kiri terbaik mereka yakni Theerathon Bunmathan dikarenakan akumulasi kartu ketika menghadapi Vietnam.

Dengan absennya pemain pilar, pelatih Thailand, Alexandre Polking tetap merasa optimis menghadapi partai final melawan Indonesia nanti.

“Kami sangat fokus pada dua laga final nanti, kami menyiapkan untuk 180 menit pertandingan dan kami harus bersiap akan segala situasi. Tentu saja kami tahu mengenai rekor Indonesia dalam turnamen kali ini, tetapi kami juga ingin memenangkan kembali piala AFF, dan itulah yang sedang kami persiapkan,” ucap pelatih Thailand Alexandre Polking.

Dengan pertandingan final di depan mata, mari kita doakan yang terbaik bagi Indonesia. Semoga Indonesia dapat meraih juara, namun tetap perlu diapresiasi kerja keras dan dedikasi timnas Indonesia atas pencapaian di Singapura.

Foto: affsuzukicup.com

Sebarkan Artikel Ini:

1
Leave a Reply

avatar
1 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga: Final AFF Suzuki Cup 2020: Thailand Vs Indonesia, Siapakah Yang Juara? […]