Belajar untuk Beradaptasi

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Dunia berubah dengan sangat cepat, kita akan tenggelam apabila tidak belajar untuk mengikuti zaman. Seperti itulah kira-kira isi seminar pendidikan SMP Kolese Kanisius dengan Profesor Rhenald Kasali. 

Beliau merupakan seorang pengamat dan akademisi, yang saat ini menjadi Guru Besar bidang Management di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia yang dilakukan bersama moderator SMP Kolese Kanisius, Pater Alexander Koko Siswijayanto pada 2 Oktober 2021. 

Prof. Rhenald dalam wawancaranya menjelaskan bahwa dunia yang kita tinggali berubah terus-menerus dari masa ke masa. Banyak sekali tantangan yang akan kita hadapi di masa depan, yang mana kita sebagai generasi Z maupun generasi selanjutnya akan mengalami masa perubahan teknologi 4.0.

Baca juga: Perubahan Dalam Dunia Pendidikan

Fokus utama perubahan teknologi 4.0 adalah perkembangan teknologi di bidang robot. Manusia harus siap dengan perubahan teknologi ini, di mana akan banyak profesi yang digantikan oleh robot, terciptanya profesi yang tak terduga, runtuhnya perusahaan-perusahaan lama, dan keterbukaan ilmu pengetahuan yang semakin luas.

Prof. Rhenald juga memberikan model pendidikan yang perlu dilakukan untuk menunjang perubahan zaman, di mana dibutuhkannya eksplorasi yang luas untuk belajar. Kita diajak untuk memanfaatkan segala sumber daya yang kita miliki untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan.

Selanjutnya adalah untuk berani menetapkan diri dalam berprofesi, di mana terdapat dua jenis profesi umum, yaitu profesi vertikal seperti menjadi dokter, ilmuan, dan peneliti atau profesi horizontal seperti menjadi pengusaha, content creator, dan innovator-innovator lainnya.

Prof. Rhenald juga mengatakan bahwa keterampilan hidup merupakan suatu hal yang penting. Di mana keterampilan itu adalah dengan memiliki rasa empati yang baik, memiliki suatu integritas yang baik, berani berbicara dan mau mendengarkan, bisa mengatur waktu dengan baik, dan menjaga Kesehatan dengan baik. 

Baca juga: Hari Ini Eranya Robot, Bung!

Sehingga nantinya setiap orang, terlebih generasi milenial ke bawah yang akan menjadi generasi penerus dapat siap menghadapi segala tantangan yang ada.

Terakhir beliau berpesan agar manusia tidak juga hanya mengandalkan teknologi, namun selalu mengandalkan hati nurani. Sehingga tidak hanya terperangkap kepada perkembangan zaman, namun juga bisa memanfaatkan teknologi untuk kehidupan kita.

Sumber fotoz:eraspace.com

Penulis adalah siswa kelas IX SMP Kolese Kanisius Jakarta

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of