Memperoleh Kecerdasan Dengan Taktik Melalui CaniChess

Info Sekolah
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com- Kamis, 25 Agustus 2022, telah dilakukannya ekskul yang mengajarkan kecerdasan melalui teknik permainan catur. Chess (catur) adalah sebuah permainan papan strategi yang dimainkan oleh dua orang.

Papan catur ini terdiri dari 64 kotak yang terbagi sama rata dalam kelompok warna putih dan hitam, serta disusun dalam kotak bingkai papan catur. Catur pada permulaannya dimainkan di India bagian barat, dikenal dengan nama Chaturanga yang sudah ada sejak abad ke-6 (wikipedia.com).

Baca juga: Belajar Untuk Beradaptasi

Di SMP Kolese Kanisius Jakarta, terdapat ekskul bernama CaniChess. Ekskul CaniChess di SMP Kanisius merupakan salah satu ekskul yang mengajarkan kecerdasan dan meningkatkan logika anggota ekskul melalui teknik permainan catur. Pendamping dari ekskul tersebut adalah Bapak Oky Tanjung. 

Ekskul CaniChess SMP Kanisius Jakarta

“Tujuan dari ekskul ini adalah mendapatkan solusi untuk masalah-masalah yang dihadapi” ungkap Pak Oky sebagai pendamping ekskul CaniChess. Melalui kegiatan CaniChess, Kanisian yang mengikuti kegiatan tersebut dapat mengembangkan kecerdasaan dan logikanya. 

Pak Oky mengatakan bahwa kegiatan sehari-hari muridnya adalah latihan bermain catur. “Permainan catur ini mengajar dan melatih agar murid-murid dapat menemukan solusi dalam menyelesaikan  masalah” 

Baca juga: Perubahan Dalam Dunia Pendidikan

“Melalui ekskul ini kita dapat berlatih bersama, bermain bersama, dan saling membimbing” ungkap Gerald Sohun, ketua dari ekskul CaniChess. Setelah melakukan observasi, beberapa murid-murid dari CaniChess lainnya mengatakan bahwa mereka merasa senang walaupun sedikit stres. 

“Saya sudah berlatih catur sejak lama, oleh karena itu saya merasa senang karena dapat ikut serta dalam ekskul CaniChess” ungkap Naveen Xavier Dante, salah satu anggota dari ekskul CaniChess. 

Menurut Gerald Sohun, tujuan dia memilih ekskul CaniChess adalah untuk menjadi lebih baik dalam bermain catur. Harapan kedepannya ekskul CaniChess berjalan dengan lancar, murid-muridnya bisa berkembang menjadi lebih baik, dan meraih prestasi melalui beberapa lomba atau turnamen.

Penulis adalah tim canimass media SMP Kolese Kanisius yang terdiri dari:  Arka, Gregorius Cornell, Matthew O., Matthew S., Andhika.

5 1 vote
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
oldest
newest most voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Baca juga: Memperoleh Kecerdasan Dengan Taktik Melalui CaniChess […]