Empat Bahasa Asing yang Penting Dalam Membangun Karir

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Di dalam masyarakat, bahasa sering digunakan dalam berbagai konteks dan banyak makna. Beberapa orang berbicara mengenai bahasa warna, bahasa bunga, diplomasi, dan lainnya. Di samping itu, kalangan terbatas membicarakan mengenai bahasa tulisan, lisan, dan lainnya.

Bahasa adalah alat komunikasi yang dimiliki manusia berupa sistem lambang bunyi yang berasal dari alat ucap atau mulut manusia. Bahasa juga merupakan dari kumpulan kata di mana masing-masing kata memiliki makna dan hubungan abstrak dengan suatu konsep

Sejarah singkat meski belum bisa dipastikan secara lengkap awal mula bahasa, beberapa teori mampu menjelaskan sejarah ditemukannya bahasa. Sekitar 6.000-7.000 bahasa ditemukan dari seluruh dunia.

Termasuk bahasa yang sering diucapkan dan bahasa isyarat yang menggunakan media lain. Fungsi bahasa adalah sebagai alat berinteraksi dengan manusia, alat untuk berfikir, serta menyalurkan arti kepercayaan di masyarakat.

Selain sebagai alat komunikasi maupun berinteraksi, bahasa juga memiliki arti penting sebagai metode pembelajaran pada lingkup bahasa itu sendiri. Bahasa juga berfungsi sebagai identitas suatu suku atau bangsa karena keunikannya. Karena setiap suku atau bangsa tentunya memiliki bahasa yang berbeda.

Baca Juga : Mengenal Kuliah Di Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Apa Saja Keunggulannya?

Dewasa ini Jurusan Bahasa Asing banyak diincar oleh calon mahasiswa yang bermimpi untuk meniti karier di perusahaan multinasional. Tentu, jika ingin bekerja di perusahaan multinasional, kemampuan berbahasa asing menjadi modal utamanya.

Sebab, biasanya perusahaan multinasional mengembangkan bisnis di berbagai negara dengan jangkauan kerja internasional. Hal ini mengharuskan karyawannya untuk fasih berbahasa asing. Bagi karyawan yang berprestasi, tak jarang perusahaan multinasional memberikan kesempatan untuk bekerja di cabang luar negeri.

Mendapatkan pengalaman hidup di luar negeri dengan tawaran gaji tinggi, tentu sangat menggiurkan, bukan?Untuk mewujudkan hal tersebut, calon mahasiswa harus jeli memilih bahasa asing yang potensial dalam meraih cita-cita. Empat bahasa asing yang paling dibutuhkan di dunia.

  1. Bahasa Mandarin

Dalam pengertian yang luas, Mandarin berarti Beifanghua (secara harfiah berarti “bahasa percakapan Utara”), yang merupakan sebuah kategori yang luas yang mencakup beragam jenis dialek percakapan yang digunakan sebagai bahasa lokal di sebagian besar bagian utara dan barat daya Tiongkok, dan menjadi dasar bagi Putonghua.

Bahasa Mandari menjadi kebutuhan hari ini karena  banyak perusahaan besar yang punya hubungan bisnis dengan China, karena itu tenaga kerja yang punya kemampuan berbahasa mandarin saat ini semakin dibutuhkan. Belajar Mandarin punya banyak manfaat di dunia kerja sekarang ini.

  1. Bahasa Jepang

Jepang adalah negara dengan perkembangan bisnis yang sangat pesat, baik dari sektor industri, teknologi, sampai otomotif. Karena itu, banyak orang yang bercita-cita meniti karier di The Land of Rising Sun atau Negara Matahari Terbit tersebut. Jika ingin berkarir disana penguasaan bahasa Jepang wajib.

Baca Juga : Mengenal Empat Jurusan Favorit Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi

Belajar Bahasa Jepang bisa dimulai dari mana saja, misalnya ikut kursus atau melalui aplikasi. Belajar Bahasa Jepang memiliki beragam manfaat salah satunya yaitu membuka peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan atau beasiswa ke Jepang.

Menurut survey yang diadakan oleh Institute for International Business, 67% perusahaan di Jepang memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang kurang memadai.

Maka, kebanyakan lingkungan perusahaan di Jepang menggunakan Bahasa Jepang dan jika ingin bekerja di perusahaan Jepang maka sebaiknya mulai belajar Bahasa Jepang .

  1. Bahasa Arab

Selain Bahasa Mandarin dan Bahasa Jepang, Bahasa Arab juga bisa dijadikan pilihan untuk dipelajari di perguruan tinggi, terutama jika Anda ingin bekerja di perusahaan Timur Tengah.

Bahasa Arab atau secara ringkas merupakan aib satu bahasa Semit Tengah, yang termasuk dalam rumpun bahasa Semit dan berkerabat dengan bahasa Ibrani dan bahasa-bahasa Neo Arami.

Bahasa Arab mempunyai semakin banyak penutur daripada bahasa-bahasa lainnya dalam rumpun bahasa Semit. Sebagai  bahasa pertama, yang mana sebagian luhur tinggal di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Baca Juga : Mengapa Anda Perlu Menguasai Lebih Banyak Bahasa Asing?

Bahasa ini merupakan bahasa formal dari 25 negara, dan merupakan bahasa peribadatan dalam agama Islam karena merupakan bahasa yang dipakai oleh Al-Qur’an. Berdasarkan penyebaran geografisnya, bahasa Arab diskusi mempunyai banyak variasi (dialek), beberapa dialeknya bahkan tidak bisa saling mengerti satu sama lain.

Sebagai informasi, hingga kini Bahasa Arab telah digunakan oleh 27 negara di wilayah Timur Tengah, salah satunya Dubai.

Dubai menjadi salah satu negara di dunia yang memiliki perkembangan bisnis baik. Negara ini dipenuhi gedung pencakar langit dan menawarkan banyak peluang kerja.

  1. Bahasa Inggris

Sudah bukan rahasia lagi, Bahasa Inggris menjadi bahasa asing yang wajib dikuasai pelajar, mahasiswa, sampai calon pencari kerja. Mengapa kita perlu belajar bahasa Inggris?

Belajar bahasa Inggris itu sangat penting, terutama dalam hal pendidikan. Selain itu, melalui bahasa Inggris kita bisa memperkenalkan keanekaragaman budaya dan bahasa bangsa ini kepada mereka yang tentu ingin mengetahui tentang bangsa ini. Sangat dibutuhkannya bahasa Inggris dalam kancah nasional maupun internasional.

Tentu saja untuk sekarang ini, mencari pekerjaan yang sesuai bukanlah hal yang mudah, tapi jika kita mampu menguasai  bahasa Inggris adalah peluang besar bagi kita untuk mendapatkan pekerjaan.

Foto:campuspedia.id

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of