Upaya Menjadi Guru Profesional melalui Webinar

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia sejak Maret 2020 lalu yang artinya satu tahun sudah kita berjibaku hidup berdampingan dengan virus corona. Sampai saat ini belum ada kepastian kapan pandemi ini berakhir.

Hal tersebut juga berpengaruh pada kapan sekolah-sekolah di Indonesia akan aman untuk dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya yaitu untuk belajar. Untuk memutus rantai penularan, pemerintah harus membuat kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Belajar Dari Rumah (BDR) sebagai alternatif agar roda pendidikan tetap berjalan di tengah keterbatasan.

Tatap muka yang biasa dilakukan guru dan siswa kini beralih menjadi tatap maya. Adaptasi ini tidak hanya untuk siswa namun juga untuk guru.

Guru dituntut untuk tetap belajar dan berdaya kreatif untuk pembelajaran yang lebih menarik walaupun tanpa harus tatap muka langsung dengan siswa. Bukan sesuatu yang mudah untuk beradaptasi dengan keadaan baru dan sarana baru dalam pengajaran.

Baca Juga : Webinar SMP Candle Tree; Memperkenalkan Digital Marketing Sejak Dini

Namun, kondisi saat ini juga dapat dilihat sebagai peluang untuk guru-guru di Indonesia dalam usaha meng-upgrade kemampuan. Salah satu contoh yang krusial adalah kemampuan dalam bidang pemanfaatan teknologi lewat webinar.

Webinar itu adalah suatu seminar, presentasi, pengajaran ataupun workshop yang dilakukan secara online, dapat diibaratkan pertemuan (meeting) tatap muka secara online yang disampaikan melalui media Internet yang dapat dihadiri oleh banyak orang yang berada di lokasi berbeda-beda

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menggelar webinar gratis untuk guru guna memberi inspirasi penerapan pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19. Webinar akan berlangsung mulai Senin-Jumat (22-26/3/2021) dengan tema “Belajar dan mengajar di mana saja”.

“Di Abad 21 ini, kita perlu terus untuk memperbaharui kemampuan kita. Mari belajar keterampilan baru.  Berikut jadwal dan materi webinar untuk minggu ini: Rabu, 24 Maret 2021 Waktu: 11.00-12.00 WIB Tema: Mari menggunakan Google Sites sebagai platform unjuk karya dan hasil belajar (portofolio) siswa! Link: bit.ly/karyasiswagooglesites.

Baca Juga : Tiga Tahun Depoedu Menjadi Infrastruktur Penunjang Karir Guru Sebagai Karir Profesional

Kamis, 25 Maret 2021 Waktu: 11.00-12.00 WIB Tema: Mari belajar menggunakan permainan edukatif dari Word Wall supaya PJJ semakin interaktif dan seru. Jumat, 26 Maret 2021 Waktu: 10.00-11.00 WIB Tema: Saat beraktivitas, kita harus berusaha meminimalisir risiko penularan Covid-19. Link: bit.ly/masuksekolahminimrisiko.

Guru perlu mengikuti webinar ini untuk meningkatkan kualitas dirinya. Guru harus terus belajar dan mengembangkan diri di setiap saat dan di manapun ia berada.

Karena dari guru yang terus belajar dan berkarya akan terlahir generasi pembelajar sepanjang hayat, yang terus menerus berkontribusi terhadap masyarakat dan lingkungannya. Karena mendidik itu harus menyesuaikan zaman yang dialami peserta didiknya dan teknologi telah mengubah dunia pembelajaran kita begitu cepat.

Jika kita apatis terhadap perubahan ini maka kita yang akan ketinggalan zaman. Guru hari-hari ini adalah guru yang senantiasa tidak pernah lelah untuk terus belajar selama dalam masa pengabdiannya. Oleh karena itu ketika seorang guru memutuskan berhenti untuk belajar atau tidak mau belajar maka pada saat itu dia berhenti menjadi guru atau pendidik.

Baca Juga : Mengenal Program Prioritas Merdeka Belajar Versi Nadiem Makarim

Ada beberapa alasan mengapa seorang guru harus terus belajar selama dia berprofesi sebagai pendidik, sebagai berikut:

  • Profesi guru merupakan bidang pekerjaan khusus yang dilaksanakan berdasarkan prinsip profesionalitas memiliki kesempatan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan belajar sepanjang hayat.
  • Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni menuntut guru untuk harus belajar beradaptasi dengan hal-hal baru yang berlaku saat ini. Dalam kondisi ini, seorang guru dituntut untuk bisa beradaptasi dengan berbagai perubahan yang baru. Adapun kemampuan tersebut bisa diperoleh melalui pelatihan, seminar maupun melalui studi kepustakaan.
  • Karakter peserta didik, yang senantiasa berbeda dari generasi ke generasi menjadi tantangan tersendiri bagi seorang guru. Metode pembelajaran yang digunakan pada peserta didik terdahulu akan sulit diterapkan pada peserta didik generasi sekarang.

Oleh karena itu, cara ataupun metode pembelajaran yang digunakan guru harus disesuaikan dengan kondisi peserta didik saat ini.

Foto:gurindo.id

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of