Mengenal Empat Jurusan Favorit di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Jurusan mana yang seharusnya para mahasiswa kita  ambil? Pertanyaan seperti ini barangkali cukup sering berdengung di benak kita. Generasi hari ini yang akan masuk kuliah tentu sudah  harus menentukan pilihannya.

Memilih jurusan kuliah memang bisa menimbulkan kegalauan tersendiri. Bagaimana cara menentukan jurusan kuliah yang tepat? Dan berbagai pertanyaan lain tentang pendidikan tinggi yang tak kita ketahui jawabannya.

Ketika dihadapkan pada sekian daftar jurusan kuliah yang harus dipilih, baik dari orang tua ataupun pilihan diri sendiri, kita membutuhkan alasan yang tepat untuk memilih. Cara memilih jurusan kuliah tentu berbeda dari cara kita memilih menu makanan atau tema ponsel, misalnya.

Itulah sebabnya,  mahasiswa perlu tahu apa minat dan bakat yang dimiliki. Pengetahuan inilah yang dapat membantu kita menentukan jurusan kuliah.

Baca Juga: Mengenal Program Prioritas Merdeka Belajar Versi Nadiem Makarim

Pemahaman yang baik akan diri sendiri inilah yang dapat membuat kita bertahan menghadapi berbagai tantangan saat belajar tentang ilmu dan skills baru di bangku kuliah nanti.

Lebih dalam jurusan kuliah akan menentukan arah karier hingga besarnya kesempatan kamu diterima di suatu bidang kerja di masa depan. Banyak yang meraih sukses di bidang kerja sesuai jalur pendidikannya, meski begitu tak sedikit pula orang yang sukses di luar jalur pendidikannya.

Sembari mengasah soft skill di luar bidang studi, memilih jurusan kuliah memang butuh pertimbangan matang. Tak hanya soal bidang apa yang kamu sukai, namun juga mempertimbangkan bakat, prospek kerja, sampai pilihan kampus.

Sebagai bahan pertimbangan ada beberapa jurusan kuliah yang paling banyak diminati di tahun 2021. Pemberian urutan tersebut diambil berdasarkan jurusan perguruan tinggi paling populer dengan gaji tertinggi setelah lulus, tingkat pertumbuhan pekerjaan dan permintaan tenaga kerja dari lulusan.

  1. Studi Teknik Perminyakan

Jurusan Teknik Perminyakan adalah jurusan yang akan mempelajari cara menambang mineral berharga yang bersifat cair (fluid), yakni minyak bumi, gas alam dan panas bumi.

Jurusan teknik perminyakan sangat mirip seperti jurusan Teknik Pertambangan, yang berbeda hanyalah jenis bahan yang ditambang. Teknik Perminyakan adalah jurusan yang pertama dalam daftar peringkat jurusan perguruan tinggi paling diminati di dunia tahun 2021 ini.

Baca Juga: Kartu Indonesia Pintar-Kuliah Dan Manfaatnya Bagi Generasi Muda

Tumbuhnya industri perminyakan dunia menyebabkan banyak perusahaan energi dan perminyakan membutuhkan sumber daya manusia ahli yang cukup banyak. Lulusan jurusan Teknik Perminyakan bisa menjadi insinyur kimia yang merancang pabrik dan produk.

Sedangkan petroleum accountant yang menentukan nilai produksi minyak dan aset perusahaan, atau energy economist yang menganalisa bisnis dan mengembangkan strategi keuangan perusahaan.

  1. Keperawatan

Keperawatan di masa pandemi seperti ini, jurusan yang paling dicari di bidang layanan kesehatan adalah keperawatan. Terlebih pertumbuhan rumah sakit dan dunia kesehatan lainnya menjadi sebuah kebutuhan, maka jurusan keperawatan merupakan salah satu jurusan paling diminati saat ini.

Keperawatan merupakan bidang studi yang menyiapkanmhasiswa  menjadi seorang perawat. Di jurusan ini akan mempelajari teori dan teknologi baru untuk mengembalikan dan merawat kesehatan mental dan fisik seseorang yang mengidap suatu penyakit dan penyandang disabilitas.

Bidang spesialisasi untuk setiap kelas perawat antara lain perawat dewasa, perawat anak-anak, perawat manula, perawat untuk mental, dan perawatan jalan.

3.Teknologi Informasi

Jurusan information technology atau IT adalah jurusan dimana mahasiswa  akan mempelajari cara untuk merancang, mengimplementasi, melakukan konfigurasi, serta serta merawat berbagai infrastruktur yang berkaitan dengan komputer dan teknologi informasi.

Baca Juga: Pengajaran Di Era Teknologi Informasi

Ketika dunia menjadi lebih bergantung pada teknologi, memilih jurusan Teknologi Informasi dapat terbukti sangat menguntungkan. Berbagai perusahaan nasional dan multinasional seiring berkembangnya teknologi informasi dan disrupsi digital di banyak aspek kehidupan. Di sinilah peran ahli teknologi informasi sangat dibutuhkan.

  1. Jurusan Ekonomi

Program studi Ekonomi, atau juga sering disebut juga Ilmu Ekonomi, merupakan salah satu program studi tertua dalam dunia pendidikan tinggi. Prodi Ekonomi mempelajari bagaimana mengalokasi sumberdaya se-optimal mungkin, dan memberikan wawasan tentang isu-isu pembangunan sosial ekonomi.

Di prodi ini mahasiswa akan di asah untuk menjadi seorang ahli ekonomi atau ekonom yang mampu menganalisa data-data statistik menjadi informasi yang bermanfaat untuk memecahkan permasalahan ekonomi.

Di prodi ini mahasiswa juga menganalisa hubungan sebab-akibat dari berbagai fenomena terhadap kondisi ekonomi sosial politik negara, seperti hubungan tingkat pengangguran terhadap inflasi, dan sebagainya.

Baca Juga: Mengenal Tiga Peta Jalan Pendidikan Nasional 2021

Jurusan ekonomi merupakan salah satu jurusan favorit dan tidak pernah sepi peminat. Studi di jurusan ini tidak hanya akan memberi mahasiswa  lebih banyak pengetahuan tentang ekonomi dan keuangan secara umum.

Tetapi Jurusan ekonomi juga akan mempertajam keterampilan analisis data. Banyak pekerjaan ekonom berbasis pemerintah dan swasta yang menawarkan gaji yang tak kalah kompetitif hari-hari ini.

Foto: edukasi.kompas.com

Sebarkan Artikel Ini:

2
Leave a Reply

avatar
1 Discussion threads
1 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
depo- ersRina Nurutami Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Rina Nurutami
Guest
Rina Nurutami

Izin menggunakan informasinya untuk menjadi materi sekolah lanjutan. Terima kasih.