Manfaat Laptop Ditengah Pandemi Virus Corona

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, tujuan pembelajaran dan hakikat kemanusiaan. Jika selama ini manusia-manusia dipaksa hidup dalam situasi serba cepat, pekerjaan tanpa henti, dan kejaran target pertumbuhan ekonomi dalam sistem kompetisi.

Namun, persebaran virus Corona (Covid-19) yang menjadi krisis besar manusia modern, memaksa kita untuk sejenak bernafas, berhenti dari pusaran sistem, serta melihat kembali kehidupan, keluarga, dan lingkungan sosial dalam arti yang sebenarnya.

Persebaran virus Corona yang massif di berbagai negara, memaksa kita untuk melihat kenyataan bahwa dunia sedang berubah. Kita bisa melihat bagaimana perubahan-perubahan di bidang teknologi, ekonomi, politik hingga pendidikan di tengah krisis akibat Covid-19.

Perubahan itu mengharuskan kita untuk bersiap diri, merespon dengan sikap dan tindakan sekaligus selalu belajar hal-hal baru. Indonesia tidak sendiri dalam mencari solusi bagi peserta didik agar tetap belajar dan terpenuhi hak pendidikannya.

Baca Juga: Empat Aplikasi Ini Dapat Mengambil Alih Pekerjaan Guru Bahasa Inggris?

Sampai 1 April 2021, UNESCO mencatat setidaknya 1,5 milyar anak usia sekolah yang terdampak Covid 19 di 188 negara termasuk 60 jutaan diantaranya ada di negara kita.

Semua negara terdampak telah berupaya membuat kebijakan terbaiknya dalam menjaga kelanggengan layanan pendidikan. Indonesia juga menghadapi beberapa tantangan nyata yang harus segera dicarikan solusinya: ketimpangan teknologi antara sekolah di kota besar dan daerah.

Tantangan lainnya adalah keterbatasan kompetensi guru dalam pemanfaatan aplikasi pembelajaran, keterbatasan sumberdaya untuk pemanfaatan teknologi Pendidikan seperti internet dan kuota, relasi guru-murid-orang tua dalam pembelajaran daring yang belum integral.

Seiring berkembangnya situasi ini. Salah satu produsen laptop dalam negeri PT Zyrexindo Mandiri Buana Tbk (ZYRX) mendapatkan kontrak dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-ristek) untuk pengadaan 165.000 unit laptop senilai Rp 700 miliar.

Baca Juga: Pengembangan Karakter Dalam Pembelajaran Jarak Jauh, Mungkinkah?

Jumlah tersebut termasuk pesanan pengadaan laptop untuk sekolah yang menggunakan dana alokasi khusus (DAK) dalam program Digitalisasi Pendidikan.

Digitalisasi pendidikan merupakan upaya untuk menunjang proses ajar-mengajar secara virtual tanpa mengurangi esensi dalam penyampaian materi pembelajaran. Pemanfaatan berbagai macam platform online dianggap sebagai fasilitas yang dapat digunakan secara fleksibel.

Namun, untuk menjadikan aktivitas pembelajaran lebih efektif, instansi pendidikan seperti sekolah sebaiknya menyiapkan website resmi yang dapat diakses secara khusus oleh pihak-pihak yang terkait, mulai dari siswa, staf pengajar, hingga orang tua murid.

Lebih jauh “Dampak penandatanganan kontrak/perjanjian ini memberikan tambahan pendapatan kepada perseroan sebesar Rp 700 miliar,” ujar Corporate Secretary Zyrex Evan Jordan dalam keterbukaan informasi BEI, Kamis (29/7/2021).

Baca Juga: Reformasi Sistem Pendidikan Di Tengah Pandemi

Ia menjelaskan, pesanan sebanyak 165.000 unit laptop itu datang dari dua distributor untuk memenuhi kebutuhan pengadaan di Kemendikbud-ristek.. Rencananya laptop-laptop tersebut akan dikirim ke sekitar 8.000 sekolah sebelum Desember 2021.

“Kami sanggup memproduksi total 317.000 laptop sehingga masih bisa menyuplai kebutuhan di DAK di tingkat provinsi, kebupaten, dan kota,” ungkapnya. Evan mengatakan, Zyrex baru saja menambahkan 4 lini produksi perakitan sehingga kini perseroan memiliki 8 lini produksi.

Dengan demikian, kapasitas produksi Zyrex saat ini melebihi 430.000 laptop sehingga mampu memenuhi pengadaan laptop yang dipesan pemerintah.

Pengadaan laptop dewasa ini mempunyai peran penting dalam dunia pendidikan, laptop menjadi media pendukung untuk belajar, berbagai aktifitas belajar di lakukan dengan laptop.

Contohnya dengan laptop pelajar mendapatkan informasi lewat internet, banyak sekali tugas – tugas sekolah yang bisa di selesaikan dengan laptop, pengadaan laptop ini kiranya memberi ruang kepada siswa untuk semakin  maju dan berkembang.

Foto: kelaspintar.id

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of