Lomba Storytelling di Masa Pandemi

Info Sekolah
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Storytelling terdiri dari dua kata, yaitu story (cerita) dan telling (penceritaan). Singkatnya, storytelling adalah kegiatan menyampaikan cerita. Orang yang melakukan storytelling disebut dengan storyteller (pencerita, pendongeng).

Secara tradisional, storytelling dilakukan secara lisan. Istilah storytelling bukanlah sesuatu yang asing di dunia pendidikan.  Sesuai dengan namanya storytelling merupakan sebuah kegiatan untuk menceritakan sebuah cerita ke khalayak.

Namun, storytelling bukan hanya sekadar kegiatan mendongeng. Kemampuan storytelling ternyata sangat bermanfaat di kehidupan kita khusunya dalam dunia pendidikan.

SDK Sang Timur Karang Tengah Kembali menggelar lomba story telling tingkat sekolah  bagi seluruh siswa/i SD Sang Timur di tengah pandemic Korona. Dalam penyelenggaraan tersebut diikuti oleh 45 Siswa/I.

Baca Juga: SDK Sang Timur Juara Pertama Indonesia Pintar

Mekanisme perlombaan dengan cara siswa/I mengirimkan video bercerita dalam Bahasa Inggris dengan durasi empat sampai lima menit. Video kiriman siswa kemudian dinilai oleh juri berdasarkan kriteria penilaian yang telah disiapkan.

Dalam kesempatan mengimput hasil lomba Saptarini Guru Bahasa Inggris mengungkapkan bahwa dalam lomba story telling tersebut sebagai cara untuk menumbuhkan bakat-bakat siswa.

‘’Nantinya yang meraih juara pertama akan memberi inspirasi bagi siswa yang lain. Lebih jauh Story telling ini kesempatan bagi siswa untuk  terus menggali potensi diri. “

 

Dalam perlombaan ini juara di bagi dua team.Team pertama siswa kelas tiga  sampai siswa kelas lima . Team pertama ini jadi juara pertama diraih oleh Axel Alexander kelas lima D, juara dua Vanesa Agata kelas tiga C dan juara ke tiga Epifani Puspita kelas empat C.

Selanjutnya team kedua jadi juara pertama diraih Charlotte Michaella kelas dua D, juara dua Gracelyn Alexandra kelas dua A dan juara ke tiga Andrew Joseph kelas dua A.

Tujuan utama lomba ini, yaitu mengasah kemampuan berbicara dan mendengarkan dalam Bahasa Inggris, melatih pronunciation (pelafalan) serta menambah pembendaharaan kosakata, frasa, dan idiom bahasa Inggris. Lomba stori telling ini ini ternyata memiliki nilai positif tersendiri ditengah kasus Covid-19.

Diakui para peserta bahwa ini menjadi aktifitas positif para siswa Sang Timur sekaligus penyemangat mereka untuk tetap menggali ilmu pengetahuan dengan cara yang menyenangkan. Terlebih dengan adanya pandemic Covid-19 yang mengharuskan mereka untuk tetap di rumah dan menjalani pembelajaran online.

Baca Juga: SDK Sang Timur Juara Pertama Kantin Sehat Se-Provinsi Banten

MS Nova Silvana Pangemanan, selaku ketua panitia mengatakan “Berbeda dengan kemeriahan tahun lalu, kompetisi kali ini kami lakukan dengan cara sepenuhnya online, tentunya tanpa mengurangi sedikitpun kualitas dari siswa yang terlihat dari hasil video yang dikirimkan.

Selain itu, diharapkan kegiatan perlombaan online ini tetap menjadi hiburan bagi anak-anak untuk terus berkembang serta menambah kreativitas siswa. Kreativitas memberikan banyak manfaat siswa. Kreativitas akan membuat hidup siswa menjadi lebih indah karena akan dikelilingi oleh hal-hal yang bervariasi dan tidak monoton.

Menjalankan kegiatan yang penuh rutinitas akan membuat cepat merasa bosan, tidak semangat, dan pasif. Melakukan hal-hal kreatif yang bervariasi akan memberikan sesuatu yag baru dan segar.

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of