Pekan Kepemimpinan SMA Candle Tree – Perwujudan Diferensiasi sebagai School of Leadership

Info Sekolah
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Sebagai sekolah yang konsisten menanamkan nilai-nilai Kepemimpinan, SMA Candle Tree mengisi kegiatan Pasca PAS I dengan terus mendorong anak didiknya untuk terus berproses sebagai calon pemimpin masa depan melalui kegiatan Pekan Kepemimpinan.

Kegiatan pekan Kepemimpinan yang berlangsung dari tanggal 13-16 Desember 2021 dengan tema besar “A Calling To Be Adaptive Leaders with Strong Integrity” siswa kelas X, XI, XII mengikuti berbagai macam kegiatan untuk menumbuhkan jiwa dan nilai-nilai sebagai seorang pemimpin yang bisa terus beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang terjadi dan tetap mempunyai integritas yang kuat.

Kegiatan Kelas X diisi dengan pembuatan Leadership Quoation on Instagram atau disingkat Leadgram. Para siswa wajib mencari tokoh pemimpin terkenal di dunia, mengenali dan mengambil salah satu quote nya.

Quote bisa memberi mereka inspirasi dan semangat sebagai seorang pemimpin sesuai dengan potensi dan kendala yang ada pada diri siswa masing-masing. Setelah itu quote tokoh tersebut siswa design dan diunggah ke Instagram kelas setelah dipresentasikan di depan wali kelas dan guru penilai serta orang tua.

Baca Juga : Gamelan Indonesia Dan Kiprahnya Sebagai Warisan Budaya

Kegiatan kelas XI sesuai tradisi di SMA diisi dengan pembuatan Leadgram kelas. Leadgram adalah kependekan dari Leadership Magazine on Instagram, di mana setiap kelas harus membuat Leadership Magazine dan mengunggahnya ke Instagram kelas sesuai dengan namanya masing-masing.

Proses pembuatannya diawali dengan workshop “How to Make Creative and Interesting Contents on Instagram“ oleh Dosen-dosen Universitas Multimedia Nusantara (UMN) ini melibatkan semua personil kelas di mana setiap kelas membagi anggotanya layaknya sebuah redaksi majalah.

Ada yang jadi pemimpin redaksi, redaktur pelaksana, reporter, bagian lay out dan design, dan lain sebagainya. Semua bagian menjalankan peran dan fungsinya masing-masing hingga akhirnya setiap kelas bisa menghasilkan sebuah leadgram kelas.

Leadgram ini berisi berbagai artikel dengan topik tokoh dan tema kepemimpinan. Disinilah kemudian anak-anak belajar terkait dengan kerja sama, problem solving, menerima dan menghargai perbedaan pendapat, dan banyak lagi yang merupakan nilai-nilai penting sebagai calon pemimpin.

Setiap kelas diakhir pun wajib mempresentasikan leadgramnya melalui media zoom di hadapan tim guru penilai dan perwakilan orang tua. Adapun nama leadgramnya adalah @arisemagz untuk kelas XI IPA 1, @byop.magz untuk kelas XI IPA 2, dan @fairemagz kelas XI IPS.

Baca Juga : Kegiatan Pasca PAS I 2020 Di Masa Pandemi: Konsistensi “School Of Leadership” SMA Candle Tree

Terakhir, siswa kelas XII disi dengan kegiatan sosialisasi PTN dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan persiapan CTS Creative Expo. Creative Expo sendiri adalah acara yang puncaknya akan dilakukan di Pasca PAT dengan menampilkan karya-karya maupun ide-ide kreatif siswa.

Dalam proses persiapan creative expo ini siswa siswi secara berkelompok melakukan diskusi untuk merumusakan ide creative mereka dan merumuskannya dalam bentuk proposal penelitian.

Dalam proses pembuatan proposal ini mereka diberikan pelatihan oleh 2 Dosen binus selama 2 hari berturut-turut yaitu Dr. Amia Luthfia, S.P., M.Si dan Dr. Siswantini, SE.Ak., M.I.Kom terkait dengan Metode Dasar Penelitian Ilmiah.

Melalui kegiatan pekan kepemimpinan ini diharapkan akan semakin biasa menunjukkan entitas SMA Candle Tree sebagai school of leadership, dan menjadi pilihan pertama bagi keluarga Indonesia.

Sebarkan Artikel Ini:

1
Leave a Reply

avatar
1 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga : Pekan Kepemimpinan SMA Candle Tree – Perwujudan Diferensiasi Sebagai School Of Leadership […]