Menjaga Kesehatan Jantung Selama Libur dengan Konsumsi Makanan Sehat

Family Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Hari Kamis, 11 Maret 2021, hari libur nasional. Hari berikutnya adalah hari Jumat. Kalau hari Kamis libur, hari Jumat dianggap hari kejepit, banyak orang mengambil cuti dari kerja. Jika tidak dapat cuti, meliburkan diri dengan berbagai alasan, bahkan alasan yang dibuat.

Ada banyak orang mengisi libur tersebut dengan bersilaturahmi bersama keluarga, sahabat, teman, yang sudah lama tidak ditemui. Atau mengunjungi tempat-tempat rekreasi.

Baca Juga: Bagaimana Menghindari Serangan Jantung Di Usia Muda?

Namun banyak pula yang mengisi hari libur untuk berburu kuliner. Berburu kuliner biasanya dilakukan oleh para penikmat hidup. Bagi mereka, makan merupakan cara menikmati hidup. Oleh karena itu, yang mereka buru biasanya bukan makanan sehat, melainkan makanan enak.

Oleh karena itu, rata-rata penikmat hidup memiliki kebiasaan makan yang buruk, yang dapat merusak jantung dan pembuluh darah. Maka untuk mereka, para ahli kesehatan merekomendasikan untuk menghinndari  makan berikut, agar jantung mereka tetap sehat seperti dilansir pada laman CNN Indonesia:

Hindari Makan Makanan Manis Berlebihan

Konsumsi gula berlebih dapat meningkatkan produksi insulin. Kondisi ini dapat menjadi penyebab iritasi dan perkembangan plak pada pembuluh darah.

Plak dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah sehingga menyebabkan berbagai penyakit berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah.

Hindari Asupan Garam Berlebih

Garam berlebih juga tidak baik untuk kesehatan jantung. Konsumsi garam berlebih dapat meningkatkan tekanan darah yang dapat berimplikasi langsung terhadap jantung. Tekanan darah tinggi merupakan faktor resiko utama serangan jantung.

Baca Juga: Delapan Sinyal Bahaya Dari Jantung Yang Perlu Anda Kenali Untuk Mencegah Serangan Jantung

Hindari  Minuman Bersoda

Studi yang dipublikasikan di Journal of the American Heart Association menunjukkan bahwa mengkonsumsi minuman bersoda meningkatkan resiko penyakit jantung dan pembuluh darah serta stroke.

Hindari Makan Lemak Jenuh Berlebihan

Konsumsi lemak jenuh yang tinnggi dapat meningkatkan kadar kolesterol. Dalam waktu lama, kondisi ini dapat menyumbat arteri dan menyebabkan penyakit jantung.

Perbanyak Makan Makanan Berserat

Asupan serat dapat mengurangi kadar kolesterol jahat. Serat juga berperan mengontrol kadar gula dalam darah. Ini berperan penting dalam mengupayakan jantung yang sehat.

Foto: tokopedia.com

Sebarkan Artikel Ini:

1
Leave a Reply

avatar
1 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga: Menjaga Kesehatan Jantung Selama Libur Dengan Konsumsi Makanan Sehat […]