Siswa dan Mahasiswa Bisa Konsumsi ini Untuk Tingkatkan Imun

Family Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Pandemi covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda membaik. Justru yang terjadi adalah peningkatan yang sangat drastis. Bahkan covid-19 varian baru yakni Delta yang berasal dari India sudah menginfeksi banyak orang.

Hal ini tentu harus direspon secara tepat, terutama bagi siswa dan mahasiswa yang sebentar lagi banyak menghabiskan energi mengikuti pembelajaran daring.

Dikutip dari health.clevelandclinic.org, Juia Zumpano, RD, LD mengatakan ada beberapa vitamin yang berguna untuk meningkatkan imun. Mulai dari vitamin C, vitamin B6 dan juga vitamin E

Salah satu penguat sistem kekebalan tubuh yang paling populer adalah vitamin C. Kekurangan vitamin C bisa membuat kamu mudah sakit. Makanan yang mengandung vitamin C adalah jeruk, stroberi, paprika, bayam, kangkung dan brokoli.

Baca Juga: Apakah Benar Wabah Penyakit Selalu Muncul 100 Tahun Sekali?

Asupan vitamin C harian sangat penting untuk kesehatan yang baik karena tubuh tidak memproduksi atau menyimpan vitamin ini. Vitamin C dapat membantu mencegah infeksi virus, bakteri dan lainnya dengan memperpendek durasi flu dan bertindak sebagai antihistamin alami dan juga anti inflamasi.

Vitamin B6 sangat penting untuk mendukung reaksi biokimia dalam sistem kekebalan tubuh. Makanan yang tinggi vitamin B6 termasuk ayam dan ikan air dingin seperti salmon dan tuna. Vitamin B6 juga ditemukan dalam sayuran hijau.

Vitamin E menjadi salah satu antioksidan kuat yang membantu melawan infeksi. Makanan kaya vitamin E termasuk kacang-kacangan, biji-bijian dan bayam.

“Cobalah untuk mengonsumsi berbagai macam makanan seperti konsumsi buah dan sayuran dalam setiap kali waktu makan,” jelas Zumpano.

Baca juga: Tingkatkan Imunitas Tubuh Untuk Menangkal Korona

Vitamin lain yang saat ini banyak dicari adalah vitamin D3 atau disebut juga kolekalsiferol. Dikenal sebagai vitamin sinar matahari karena kulit kita dapat memproduksinya saat terpapar sinar ultrafiolet B.

Vitamin yang diproduksi di kulit pada saat terpapar sinar matahari tersebut mengalir dalam darah  digunakan untuk menyerap kalsium dan fospor dalam tubuh.

Selain dari sinar matahari tubuh juga bisa mendapatkan vitamin D3 dari makanan yang bersumber dari hewan. Saat ini teknologi Kesehatan telah mampu memproduksi suplemen dari bahan baku hati sapi, beberaapa jenis ikan air tawar seperti salmon.

Dalam situasi pandemic covid-19 banyak oramg mencari dan mengkonsumsi vitamin D3 karena vitamin ini bermanfaat meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu dapat menyehatkan tulang dan otot, mencegah depresi serta memelihara Kesehatan jantung.

Foto: jovee.id

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of