Lima Hal Ini Perlu Perhatikan Agar Suntikan Vaksin Booster Covid-19 Efektif

Family Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Sejak tanggal 12 Januari, pemerintah memutuskan untuk memberikan vaksin booster covid-19 kepada masyarakat. Vaksin booster merupakan suntikan vaksin dosis ketiga bagi mereka yang telah menerima vaksin pertama dan kedua.

Vaksin booster diberikan untuk memperkuat antibodi penerima dalam melawan virus corona penyebab covid-19. Penerima vaksin booster adalah mereka yang berusia 18 tahun ke atas dan tinggal di wilayah yang penyuntikan vaksin keduanya telah mencapai 60 persen atau lebih.

Orang-orang tersebut mendapatkan dosis keduanya minimal 6 bulan yang lalu. Untuk penyuntikan saat ini, pemerintah memprioritaskan lansia dan orang-orang yang memiliki penyakit penyerta. Pemerintah memberikan vakin ini secara gratis.

Baca Juga: Menjaga Kesehatan Jantung Selama Libur Dengan Konsumsi Makanan Sehat

Bagi mereka yang vaksin primernya (dosis 1 dan 2) adalah vaksin sinovac, unntuk vaksin booster mendapatkan suntikan setengah dosis (half doze) vaksin pfizer atau setengah dosis (half doze) vaksin astra zeneca.

Sedangkan mereka yang vaksin primernya (dosis 1 dan 2) adalah astra zeneca, maka akan mendapatkan vaksin boosternya adalah setengah dosis (half doze) vaksin moderna. Kombinasi suntikan vaksin ini ditetapkan pemerintah berdasarkan hasil penelitian dan penyesuaian dengan ketersediaan stock.

Agar vaksin booster yang diberikan berdampak efektif bagi penerima, lima hal ini perlu diperhatikan, seperti dilansir pada laman detikhealth sebagai berikut.

  1. Hindari minuman beralkohol

Mengkonsumsi minuman beralkohol disebut dapat mengurangi kemampuan kerja vaksin dalam beberapa minggu pertema setelah penyuntikan.

Pasalnya alkohol dapat mengganggu kerja imun sehingga tubuh akan kesulitan melawan infeksi virus yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, calon penerima vaksin booster dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi alkohol 2-3 minggu sebelum dan sesudah penyuntukan vaksin.

  1. Hindari faktor yang menyebabkan stress

Stress, apalagi stress yang berkepanjangan dapat berpengaruh pada kerja imun tubuh. Hal tersebut terjadi karena stress, apalagi stress berkepanjangan dapat meningkatkan produksi kristol dan stress oksidatif sekaligus menurunkan tingkat limfosit pada tubuh.

Padahal, limfosit adalah sel darah putih dalam darah yang berfungsi mencegah infeksi yang disebabkan oleh virus. Oleh karena itu, hindari faktor-faktor yang dapat menyebabkan stress.

  1. Konsumsi makanan sehat

Para ahli Kesehatan menyebutkan, vaksin tidak bekerja secara instan segera setelah disuntikkan. Untuk bekerja, vaksin memerlukan zat pemicu potensi efektivitas kerja vaksin. Zat tersebut diperoleh tubuh melalui makanan bergizi yang kita makan.

Oleh karena itu, calon penerima vaksin booster dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya antioksidan, vitamin dan mineral, sebelum dan sesudah menerima suntikan vaksin.

  1. Istirahat yang cukup

Tidur cukup selama 7 hingga 8 jam sehari disebut mampu meningkatkan kinerja imun. Bahkan sebuah studi yang dilansir pada journal of behavioral medicine, pada orang dengan jam tidur kurang dari 5 hingga 6 jam sehari, efektivitas vaksin menurun bahkan hingga 50 persen.

Oleh karena itu, agar suntukan vaksin booster efektif, dianjurkan agar para calon penerima vaksin diharapkan beristirahat yang cukup sesuai dengan kebutuhan tubuh.

  1. Olah raga secara rutin

Olah raga disebut dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan kerja sistem imun. Oleh karena itu, rutinlah berolah raga sebelum dan setelah menerima suntikan vaksin booster.

Jika olah raga telah menjadi gaya hidup, suntikan vaksin booster akan sangat efektif bekerja. Imun tubuh akan lebih mudah meningkat setelah disuntik vaksin.

Baca Juga: I Food ; Makanan Sehat Dan Praktis Untuk Lidah Indonesia

Itulah lima hal yang perlu kita perhatikan agar penyuntikan vaksin booster ini dapat efektif meningkatkan imun tubuh. Ini adalah bentuk kerjasama antara masarakat dan pemerintah.

Dengan biaya yang sanggat besar, kita berharap  penyuntikan vaksin booster efektif meningkatkan imun tubuh masarakat. Dan yang paling penting kita berharap pandemi ini segera berakhir

Foto: beritatangsel.com

Sebarkan Artikel Ini:

1
Leave a Reply

avatar
1 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga: Lima Hal Ini Perlu Perhatikan Agar Suntikan Vaksin Booster Covid-19 Efektif […]