Tips Berenang Aman di Tengah Pandemi Virus Corona.

Family Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Sudah sepatutnya kita sebagai warga negara yang baik, mengikuti aturan pemerintah untuk mencegah penularan virus corona.

Salah satunya yang harus kita lakukan adalah penerapan gerakan physical distancing. Hampir setahun kita menjalaninya serta tidak boleh lengah dan bosan.  Ini pun terkadang membuat orang-orang merasa jenuh, sehingga harus mencari alternatif kegiatan yang menyenangkan dan sehat.

Masyarakat pencinta olahraga air,  dan masyarakat umum yang ingin olahraga rekreasi mempunyai alternatif lain yaitu salah satu pilihan kegiatan yang terlintas dalam pikiran kita untuk menyegarkan raga dan pikiran, yakni berenang. Ya, olahraga renang.

Baca Juga : Olahraga Dan Pengaruhnya Bagi Peningkatan Daya Ingat

Dari anak-anak hingga orang dewasa menyukai olahraga yang satu ini,  entah itu olahraga untuk prestasi maupun olahraga untuk rekreasi. Kesenangan ini menjadi sehat dan berguna di tengah pandemi, bila kita tetap memperhatikan protokol kesehatan dan aturan keramaian yang ditetapkan oleh pemerintah.

Kita layak mengetahuinya apakah aman berenang saat pandemi saat ini ?  Diungkapkan oleh organisasi kesehatan dunia (WHO), seperti dikutip dari kompas.com Dalam laman resminya who.int, WHO menjelaskan, berenang yang aman jika orang-orang berenang di kolam renang yang terjaga kebersihannya dan mengandung klorin dalam jumlah tepat.

WHO menerangkan, klorinasi air sebesar 15 mg per liter sudah cukup untuk membunuh segala jenis virus. Namun, tetap saja, WHO menyarankan orang-orang sementara waktu untuk menghindari tempat-tempat ramai, termasuk kolam renang umum.

Baca Juga: Tiga Kriteria Bagi Pembukaan Pembelajaran Tatap Muka Semester Dua 2021

Selain itu, siapa saja diminta jaga jarak minimal 1 meter dengan orang yang bersin-bersin atau batuk, termasuk di area kolam renang. Tetap aktif selama pandemi Covid-19.
Sedangkan melansir laman Detik, ada beberapa aturan Tips aman pun harus dijalankan oleh masyarakat dan kolam renang apartemen, cluster warga atau pengelola sport center maupun wahana air yang beroperasi di tengah pandemi. Tips aman yang wajib diketahui dan dipatuhi oleh warga,  calon pengunjung kolam renang publik selama masa new normal, yaitu:

Air kolam memakai disinfektan dengan klorin 1-15 ppm atau bromin 3-8 ppm, sehingga pH air mencapai 7,2-8. Pembersih dan disinfektan diberikan ke seluruh permukaan di sekitar kolam renang, seperti tempat duduk, lantai, dan sebagainya.

Jarak aman antar pengunjung harus dijaga saat di ruang ganti. Pengguna kolam renang harus berada dalam keadaan sehat dan wajib mengisi formulir self-assessment risiko COVID-19.

Jika hasilnya termasuk risiko tinggi, maka orang tersebut tidak boleh berenang. Jumlah pengunjung dibatasi sehingga bisa jaga jarak. Pengunjung wajib menggunakan peralatan pribadi, seperti handuk, kacamata renang, peralatan mandi, dan sebagainya.

Baca Juga : Tingkatkan Imunitas Tubuh Untuk Menangkal Korona

Pengunjung wajib menggunakan masker sebelum dan sesudah berenang. Pengunjung wajib melakukan pengecekan suhu sebelum masuk ke area kolam renang.Setiap fasilitas kolam renang publik diwajibkan menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer.

Waktu berenang di batasi hanya 2 jam paling lama, saat berenang. Semangat  berolahraga dan tetap ikuti aturan protokol kesehatan saat pandemi virus covid-19, Jaga jarak,  pakai masker dan cuci tangan sebagai dasar kita menghindari virus.

Namun demikian dari segi keamanan, selain berenang, orang-orang sebenarnya punya banyak pilihan kegiatan lain yang juga bisa menyenangkan dan menyehatkan meski hanya dilakukan di rumah.

Baca Juga:  Bandara Soekarno Hatta Dibuka, Menuai Bencana?

WHO merekomendasikan sejumlah aktivitas yang bisa dilakukan sebagai gerakan tetap aktif di rumah selama wabah Covid-19. Berikut pilihannya:

Ikuti kelas olahraga online Menari diiringi musik Main video game seru. Main lompat tali. Lakukan latihan penguatan otot dan keseimbangan. Rajin mengecek posisi duduk saat bekerja di rumah.

Beranjak dari duduk, lalu bekerja, menggunakan ponsel, atau menonton TV sambil berdiri. Naik dan turun tangga Lakukan latihan peregangan. Tetap aktif selama wabah Covid-19 diperlukan untuk menjaga kesehatan jantung, kekuatan otot, dan fleksibilitas.

Selain itu, WHO mengungkapkan, tetap aktif juga baik untuk kesehatan mental bagi orang-orang yang memilih terus berada di rumah guna menghindari penularan virus corona.

Foto: klikdokter.com

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of