Campus Visit Virtual SMA Candle Tree ke ITB dan UGM; “Get Closer to Your Dream Campus”

Info Sekolah
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Sebagai bentuk konsistensi untuk terus mendorong siswanya menembus Perguruan Tinggi Negeri favorit, SMA Candle Tree dalam rangkaian kegiatan Pasca PTS, terus mendorong munculnya minat siwa memasuki perguruan tinggi negeri.

Kali ini, kegiatan tersebut di lakukan bekerja sama dengan Humas Institut Tekhnologi Bandung dan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, mengadakan sosialisasi masuk PTN, secara virtual menggunakan media zoom, dilaksanakan pada tanggal 28 dan 29 September 2020.

Kepala SMA Candle Tree ibu Edi Dwani Widyanti, S.Si dalam sambutan pengantar nya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk memberikan penekanan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari perwujudan Visi dan Misi Sekolah Candle Tree, khususnya unit SMA.

Baca Juga :  Murid Kelas XII SMA Candle Tree Kembali Me-Launching Dua Judul Buku

Oleh karena itu, SMA Candle Tree terus mendorong agar siswa siswinya berani keluar dari zona nyaman mereka. Salah satunya adalah dengan berani mencoba untuk study lanjut di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Sosialisasi dari ITB dilakukan pada hari Senin, 28 September 2020 berlangsung dari jam 11.00-12.30 dibawakan langsung oleh Bapak Asep Kurnia, S.Kom (Kepala Kassubag Humas dan Publikasi ITB dan Bapak Irvan Christiawan.

Baca Juga : Alumni SMA Candle Tree Yang Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Terbanyak Masuk Universitas Indonesia Dan Institut Teknologi Bandung

Dalam presentasinya bapak Asep Kurnia menjelaskan tentang Sejarah ITB, Sistem penerimaan, biaya, fasilitas, dan fakultas maupun jurusan yang ada di ITB.

Sedangkan Bapak Irvan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari siswa siswi SMA Candle Tree seputar proses, peluang, dan berbagai kegiatan mahasiswa di kampus ITB.

Baca Juga : Novel Launching SMA Candle Tree 2019

Hal yang paling menarik adalah ketika Bapak Irvan merespon pertanyaan siswa terkait peluang siswa dari sekolah swasta yang selama ini dianggap lebih kecil dibandingkan dengan siswa dari sekolah negeri.

Dengan tegas, bapak  Irvan menyatakan bahwa pemahaman seperti itu sangat tidak benar, tidak ada sama sekali diskriminasi antara sekolah swasta dan sekolah negari terkait dengan peluang masuk ke ITB.

Baca Juga : Menjadi Remaja Efektif Ala SMA Candle Tree

Pada hari kedua sosialisasi PTN dengan UGM pada hari Selasa, 29 September 2020 dan berlangsung di jam yang sama dibawakan oleh 2 nara sumber yaitu bapak Ahmad Sulaiman (Staf DPP UGM) dan Bapak Rudi Harimurti (Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Pertanian UGM).

Setelah diawali dengan pengantar oleh Ibu Dwani selaku Kepala Sekolah SMA Candle Tree, dilanjutkan dengan penjelasan oleh bapak Ahmad terkait dengan profil Universitas Gadjah Mada dan berbagai Jurusan yang ada serta daya tampung dan peluang dari setiap jurusan.

Setelah sesi penjelasan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh MC dan dijawab oleh bapak Rudi Harimurti, Tidak berbeda jauh dengan pertanyaan yang disampaikan siswa saat presentasi dengan ITB.

Baca Juga : Quotesgram Dan Leadgram; Model Pembelajaran Leadership, SMA Candle Tree Di Tengah Pandemi Covid-19

Sekali lagi salah satu yang menjadi penekanan adalah bahwa UGM merupakan kampus kerakyatan yang menerima semua siswa terbaik yang lolos seleksi dari berbagai macam suku, agama, ras, dan juga terkait pemahaman adanya diskriminasi antara sekolah negeri dan swasta yang sama sekali tidak benar.

Kegiatan campus visit virtual di SMA Candle Tree selama 2 hari tersebut  berlangsung dengan lancar dan mendapat sambutan baik dari siswa maupun orang tua. Hal ini ditunjukkan dengan antusiasme siswa untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan serta ikut sertanya orang tua dan juga siswa siswi kelas X dan XI dalam acara tersebut.

Semoga kegiatan ini bisa terus berlangsung agar semakin banyak siswa-siswi SMA Candle Tree bisa menembus PTN Favorit.

*Penulis adalah Wakil Ketua bidang Kesiswaan SMA Candle Tree*

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of