Enam Peringkat Universitas di Indonesia Menurut QS WUR yang Lulusannya Paling Cepat Bekerja Setelah Yudisium

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Setiap tahun setidaknya ada empat lembaga peringkat dunia yang secara rutin merilis hasil pemeringkatannya. Dari peringkat lembaga-lembaga tersebut, kita dapat melihat sejauh mana perguruan tinggi di Indonesia dibandingkan mutu perguruan tinggi di luar negeri.

Keempat lembaga peringkat itu adalah Webometrics, The World University Rankings, Times Higher Education Impact Rankings atau THE Impact Rankings, dan QS World University Rankings.

Lembaga-lembaga peringkat ini menggunakan kriteria yang berbeda-beda dalam melakukan pemeringkatan. Oleh karena itu sering memunculkan pertanyaan dari para pembaca.

Menurut pembaca tersebut, universitas tertentu dikenal sebagai universitas yang bermutu, namun tidak menempati peringkat yang bagus, bahkan tidak muncul sama sekali dalam daftar peringkat yang dirilis oleh lembaga peringkat tersebut.

Oleh karena itu, ketika membaca rilis dari lembaga peringkat tertentu, kita perlu mengetahui kriteria yang digunakan oleh lembaga peringkat tersebut dalam melakukan pemeringkatan.

Baca Juga : Campus Visit Virtual SMA Candle Tree Ke ITB Dan UGM; “Get Closer To Your Dream Campus”

Peringkat yang Eduers baca berikut berasal dari Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings (QS WUR). Dalam pemeringkatannya, QS WUR menggunakan lima kriteria.

Kelima kriteria tersebut adalah reputasi pemberi kerja pada lulusan perguruan tinggi tersebut, kualitas alumni yang diluluskan, kerja sama fakultas dengan perusahaan pemberi kerja, kesempatan mahasiswa magang pada perusahaan pemberi kerja, serta rata-rata jumlah lulusan yang cepat mendapat kerja.

Dengan kriteria tersebut, dan menggunakan data tahun 2020, QS WUR merilis peringkat perguruan tinggi dari seluruh dunia. Enam perguruan tinggi di antaranya berasal dari Indonesia.

Satu dari keenam perguruan tinggi tersebut adalah perguruan tinggi swasta yakni Bina Nusantara University yang berada di urutan kedua. Sedangkan lima universitas lainnya adalah universitas negeri.

Baca Juga : Webometrics Rilis 10 Universitas Terbaik Di Indonesia

Berdasarkan kriteria QS WUR di atas berikut ini enam perguruan tinggi di Indonesia yang lulusannya paling cepat mendapat pekerjaan setelah yudisium.

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  2. Bina Nusantara University (Binus)
  3. Universitas Diponegoro (Undip)
  4. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)
  5. Universita Gadjah Mada (UGM)
  6. Universitas Indonesia (UI)

Itulah enam perguruan tinggi dari Indonesia yang lulusannya paling cepat mendapatkan  pekerjaan, menurut peringkat QS WUR. Selain karena mutu lulusannya, fakultas-fakultas pada keenam perguruan tinggi tersebut pun bekerja sama dengan perusahaan pemberi kerja, dalam rangka magang mahasiswa.

Foto:idntimes.com

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of