Quotesgram dan Leadgram; Model Pembelajaran Leadership, SMA Candle Tree di Tengah Pandemi Covid-19

Info Sekolah
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Di era teknologi informasi ini, proses belajar tidak pernah bisa dibatasi oleh ruang dan waktu. Itulah yang dialami oleh SMA Candle Tree. Di tengah situasi pandemi Covid-19, sekolah dengan diferensiasi leadership ini, merancang pembelajaran daring untuk secara konsisten menanamkan nilai kepemimpinan pada para muridnya.

Hal tersebut dilakukan dalam kegiatan Pasca Penilaian Akhir Tahun (PAT) sejak tanggal 15-18 Juni 2020. Selama 4 hari tersebut, siswa-siswi SMA Candle Tree, menjalani kegiatan Pekan Kepemimpinan secara daring. Kegiatan ini adalah bagian dari permanen program di SMA Candle Tree.

Dalam kegiatan ini, setiap siswa kelas X wajib men-design quotes dan pesannya dikemas dalam video pendek, kutipan dari tokoh-tokoh pemimpin.  Quotes tersebut harus menggambarkan jati diri para siswa. Quotes juga diharapkan semakin memotivasi mereka, untuk menjadi seorang pemimpin.

Mereka pun diharapkan bisa belajar dari tokoh tersebut melalui  pesan-pesan dan nilai yang diwariskan dari tokoh tersebut. Selanjutnya, quotes tersebut wajib mereka unggah ke dalam Instagram kelas mereka. Oleh karena itulah disebut sebagai Quotesgram.

Sedangkan siswa kelas XI, wajib membuat majalah kepemimpinan kelas secara daring, di mana artikel-artikel dalam majalah tersebut harus diunggah ke Instagram dengan nama majalah yang sudah mereka sepakati sebelumnya. Oleh karena itulah disebut Leadgram.

Baca Juga : “Mentang-Mentang Dari New York”, Pementasan Teater Tumbuh SMA Candle Tree

Artikel atau konten-konten tersebut harus mereka tulis dan design sedemikian rupa dengan muatan pesan-pesan kepemimpinan. Setiap siswa dibagi dalam beberapa bagian sesuai dengan kebutuhan produksi majalah.

Ada pemimpin redaksi yang bertugas memimpin proyek pengerjaan majalah. Ada staf redaksi yang bertanggung jawab menulis konten. Ada siswa yang bertugas men-design majalah, termasuk ada siswa yang bertugas sebagai fotografer dan model majalah.

Tahap terakhir dari kegiatan ini adalah siswa maupun kelas harus mempertanggungjawabkan majalah dan quotes mereka melalui presentasi secara daring.

Presentasi ini sudah menjadi tradisi di SMA Candle Tree dan menjadi ajang siswa belajar public speaking. Dalam presentasi melalui zoom meeting  siswa mempresentasikan hasil karya quotesgram dan leadgram mereka kepada wali kelas dan guru pendamping untuk mendapatkan feedback dan apresiasi.

Berikut nama-nama Quotesgram dan Leadgram karya siswa-siswi SMA Candle Tree yang dapat diakses melalui account-account instagram di bawah ini.

X IPA 1        : @famoso.ct

X IPA 2        : @x.scietwo

X IPS            : @tenthalux

XI IPA 1       : @spaslep.cts

XI IPA 2       : @crescendo.magazine

XI IPS 1       : @syruzmgz

XI IPS 2       : @nopportunitywasted

Hal utama yang mau ditekankan oleh SMA Candle Tree melalui kegiatan ini, selain menanamkan nilai-nilai kepemimpinan adalah, sudah saatnya semua siswa harus sadar bahwa mereka semua ada di era teknologi.

Menguasai teknologi menjadi sesuatu yang wajib. Batas ruang dan waktu tidak bisa lagi menghambat mereka untuk belajar bekerjasama, belajar tentang problem solving, belajar menyampaikan ide-ide serta belajar mempertanggung jawabkan karya kreatif dan lain sebagainya.

Baca Juga : Meraih Mimpi Sedini Mungkin

Dan sebagai calon pemimpin para siswa wajib untuk terus mengasah kemampuan mereka agar kelak bisa bersaing di tengah semakin kompetitifnya zaman.

*Penulis adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMA Candle Tree*

Sebarkan Artikel Ini:

2
Leave a Reply

avatar
2 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga: Quotesgram dan Leadgram; Model Pembelajaran Leadership, SMA Candle Tree di Tengah Pandemi Covid-19 […]

trackback

[…] Baca Juga :Quotesgram Dan Leadgram; Model Pembelajaran Leadership, SMA Candle Tree Di Tengah Pandemi Covid-19 […]