Jurusan di Perguruan Tinggi dan Prospeknya bagi Murid SMA Peminatan IPA

Bimbingan
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Meskipun tahun akademik 2020/2021 baru akan dibuka, namun banyak universitas terutama universitas swasta sudah mulai membuka pendaftaran untuk tahun akademik 2021/2022.

Bagi anda yang mantap memilih perguruan tinggi swasta, atau anda yang perlu memiliki cadangan untuk mengantisipasi jika gagal masuk perguruan tinggi negeri, anda perlu berpikir tertang studi lanjut mulai dari sekarang.

Baca Juga : Enam Universitas Dari Indonesia Yang Lulusannya Paling Cepat Mendapat Kerja

Di sisi lain, bagi banyak murid SMA, memilih jurusan untuk kuliah tidak mudah karena, selain harus disesuaikan dengan minat dan bakat, anda pun harus memikirkan setelah lulus kuliah, akan berkarir di bidang apa.

Panduan berikut ini kami siapkan, terutama bagi anda yang saat ini di SMA, memilih jurusan IPA. Informasi yang ini, akan memandu anda untuk memilih 7 jurusan dan prospek kerja pasca studi, seperti dilansir pada laman kompas.com, sebagai berikut :

Farmasi

Jurusan ini berhubungan dengan bahan baku obat-obatan dan ilmu pendukung lainnya. Para mahasiswa akan mengenali struktur senyawa obat dan cara sintesis serta, prosedur pengolahannya sehingga menjadi obat yang layak dikonsumsi.

Lulusan farmasi dididik untuk menjadi ahli dalam bidang mencampur, meracik, melakukan formulasi, mengidentifikasi, mengkombinasi, menganalisa dan menciptakan obat yang memenuhi standar kualitas obat.

Jurusan ini cocok bagi anda yang di SMA menyukai pelajaran Kimia dan Biologi. Prospek kerja anda selepas kuliah adalah:

  • Spesialis kimia dalam bidang obat-obatan pada pabrik obat.
  • Ahli pengobatan preventif
  • Apoteker

Pendidikan Kedokteran

Jurusan ini cocok bagi anda yang di SMA menyukai pelajaran Biologi. Anda akan mempelajari tentang cara mempertahankan kesehatan, gejala penyakit dan cara penyembuhannya. Anda juga belajar tentang cara menangani cedera.

Selama belajar di jurusan ini anda harus menguasai pengetahuan tentang sistem dan cara kerja tubuh manusia, penyakit, dan obat-obatan untuk mengobati penyakit tersebut baik  secara teori dan praktek.

Setelah lulus anda akan berkarir sebagai :

  • Dokter umum

Setelah menjalani pendidikan spesialisasi, anda dapat menjadi dokter spesialis seperti dokter anak, dokter kandungan dan ginekologi, dokter syaraf, psikiater, dan lain-lain.

  • Dokter pengobatan nuklir
  • Dokter pengobatan olahraga

Ilmu Gizi

Jurusan Ilmu Gizi mempelajari keterkaitan antara makanan bergizi dengan Kesehatan, pertumbuhan manusia, produktivitas, dan kualitas hidup manusia. Jurusan ini juga mempelajari produk bahan makanan melalui bahan baku hasil pertanian, ekonomi, kaitan sosial budaya, dan pola konsumsi masyarakat.

Mereka juga dilatih untuk merencanakan perbaikan gizi, baik secara individual maupun gizi masyarakat. Mereka pun dilatih memberikan konsultasi perbaikan gizi.

Baca Juga : Belajar Dari 10 Kampus Terbaik Di Indonesia 2019

Anda yang di SMA suka dengan pelajaran Biologi dan Kimia, jurusan ini dapat menjadi alternative pilihan Anda.

Prospek karir sertelah Anda rampung belajar ilmu gizi adalah:

  • Menjadi ahli diet dan nutrisi, dapat bekerja di rumah sakit
  • Praktisi konsultas gizi bagi keluarga dan umum.

Teknologi Pangan

Jurusan Teknologi Pangan adalah satu jurusan yang mempelajari tentang seluk beluk pangan untuk produksi makanan, dan memastikan makanan yang diproduksi aman dikonsumsi dan bergizi.

Oleh karena itu, pada jurusan ini dipelajari komponen kimiawi dan biologi dalam kandungan makanan dan efeknya bagi tubuh. Selain itu, hal lain yang dipelajari adalah efek sosial dan psikologis dari makanan yang kita konsumsi, bahkan dampak makanan bagi kultur dan ekonomi kita.

Baca Juga : Matangkan Bakat Anak Lewat Sekolah

Bagi Anda yang di SMA menyukai pelajaran Biologi dan Kimia, jurusan ini kemungkinan besar cocok bagi Anda.

Prospek kerja bagi Anda setelah lulus kuliah adalah:

  • Quality Control pada pabrik olahan makanan, restaurant dan pengontrol menu rumah sakit
  • Peneliti
  • Ahli Teknologi Pangan

Teknik Arsitektur dan Teknik Sipil

Ini adalah dua jurusan yang dapat anda pilih. Pada kedua jurusan ini, anda akan mempelajari soal desain dan konstruksi bangunan. Arsitektur lebih cenderung menuangkan ide, konsep, dan desain di atas kertas. Sedangkan, realisasi dan teknik rancang bangunan dikerjakan oleh teknik sipil.

Dalam mendalami teknik sipil, para mahasiswa mempelajari teknik rancang bangunan dan konstruksi serta kekuatan bangunan.

Sedangkan dalam mendalami teknik arsitektur, para mahasiswa mempelajari tata letak, fungsi, dan estetika bangunan.

Jurusan teknik sipil akan cocok bagi anda yang di SMA menyukai bidang studi Fisika dan Matematika. Sedangkan jurusan teknik arsitektur cocok untuk anda yang menyukai bidang studi Matematika dan Seni.

Prospek kerja bagi anda setelah anda selesai pendidikan adalah :

  • Manager Konstruksi (Teknik Sipil)
  • Arsitek (Arsitektur)
  • Desainer Interior (Arsitektur)

Teknik Pertambangan

Jurusan ini adalah cabang dari ilmu teknik yang berfokus pada ilmu eksplorasi, dan eksploitasi sumber daya minyak, sumber daya batu bara & gas, dan sumber daya mineral.

Mahasiswa pada jurusan ini belajar tentang proses penambangan, mulai penyelidikan, eksplorasi, pengolahan dan produksi bahan tambang dan pemasaran hasil tambang.

Baca Juga : Membingkai Kesehatan Mental Mahasiswa Dan Solusinya?

urusan ini akan cocok bagi anda yang menyukai pelajaran Kimia dan Fisika.

Prospek karir anda selepas kuliah adalah :

  • Ahli Eksplorasi
  • Ahli Geologi
  • Ahli Pengeboran Bumi dan Gas
  • Ahli Teknik Energi
  • Ahli Geologi dan Perminyakan

Teknik Informatika

Jurusan ini mempelajari ilmu komputer, perangkat lunak, jaringan computer, pemrograman, dan implementasnya dalam bisnis serta berbagai bidang lain baik secara teori dan praktek.

Selama belajar, para mahasiswa akan menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari pemrograman dengan menggunakan logika algoritma Matematika.

Baca Juga : Mengapa Harus Kuliah?

Jurusan ini akan cocok dengan anda yang menyukai dengan pelajaran Matematika saat anda masih berada di SMA.

Prospek kerja setelah anda lulus dari jurusan ini adalah :

  • Programmer
  • Analis Riset Operasional
  • Web Developer
  • Devloper Software
  • Pembuat Aplikasi

Jurusan-jurusan ini ada di hampir semua perguruan tinggi. Oleh karena itu, anda perlu hati-hati memilih. Untuk memilih jurusan yang paling baik, anda perlu mencari tahu informasi tambahan dengan mencari pada alumni sekolah anda yang sudah ataupun sedang belajar di sana.

Jika anda lakukan ini, maka anda akan memilih jurusan terbaik tempat anda menyiapkan diri dan karir masa depan anda. Selamat memilih.

Sebarkan Artikel Ini:

1
Leave a Reply

avatar
1 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga : Jurusan Di Perguruan Tinggi Dan Prospeknya Bagi Murid SMA Peminatan IPA […]