Matangkan Bakat Anak Lewat Sekolah

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Pada masa tumbuh kembang anak, salah satu hal penting tidak boleh dilewatkan orangtua adalah mengenali minat dan bakat anak. Mengenali minat dan bakat anak sejak usia dini akan sangat bermanfaat bagi orangtua untuk mengarahkannya secara tepat dan sesuai usia. Minat dan bakat anak nantinya akan menjadi life skill, yaitu kemampuan khusus untuk dapat bertahan hidup dan menjadi berhasil. Ini menjadi bekal yang sangat bermanfaat hingga mereka dewasa nanti.

Bakat adalah sebuah potensi yang ada di dalam diri. Secara genetik, bakat ini memang sudah ada sejak lahir. Namun, masyarakat memahami bahwa bakat adalah sebuah keterampilan memukau atau bermanfaat yang bisa dibuktikan secara nyata. Dengan demikian, definisi yang tepat dari bakat adalah sebuah kelebihan di dalam diri seseorang yang membawa manfaat atau meninggalkan kesan bagi orang-orang. Oleh karena itu, bakat yang sudah ada di dalam diri anak harus ditemukan dan dikembangkan.

Apabila bakat seorang anak bisa ditemukan dan mendapatkan dukungan dari lingkungan sekitar untuk semakin dikembangkan maka ia akan menjadi anak berbakat. Jadi, penting bagi setiap orang tua untuk mendapatkan cara mengetahui bakat anak sejak dini agar bisa segera dikembangkan. Pendidikan sering dikatakan sebagai proses belajar serta memperoleh berbagai pengetahuan di sekolah di dalam bentuk pendidikan formal.

Melalui sekolah yang pertama diharapkan anak mendapat berbagai informasi serta pemahaman akan seluruh ilmu pengetahuan yang ada. Terlebih lagi zaman selalu berubah. Itu tandanya generasi muda mau tidak mau harus terus belajar dan mendapatkan pendidikan yang baik. Jangan sampai generasi muda menjadi ketinggalan zaman karena mengabaikan pendidikan.  Sekolah lebih jauh bagi generasi muda lainnya adalah bisa menciptakan generasi penerus bangsa yang ahli di berbagai bidang. Hal ini sangat berhubungan dengan tersedianya berbagai jenjang pendidikan serta penjurusan yang ada. Jika hal ini dapat tercipta, maka pendidikan akan dapat melahirkan banyak generasi muda yang unggul.

Sebagai Wadah Untuk Memperdalam Suatu Ilmu Pengetahuan,  sekolah  pun bisa bermanfaat bagi seseorang yang ingin memperdalam suatu disiplin ilmu yang disukainya. Hal ini dapat dirasakan jika orang tersebut terjun langsung ke dalam masyarakat. Orang tersebut akan mengabdikan dirinya kepada masyarakat dan berusaha untuk memecahkan berbagai persoalan.

Di sekolah setiap hal yang ditekuni dan dikerjakan anak  mendapat apresiasi. Jika hasilnya belum bagus dalam kacamata sekolah , setidaknya sekolah  dapat memberikan apresiasi untuk inisiatif, kerja keras, ide, kreativitas, atau perhatian yang diberikan anak. Jangan sekolah   langsung mengkritik, merendahkan, atau mematikan inisiatif anak.

Apresiasi sekolah  adalah ibarat pupuk yang menyuburkan tanah. Dia bermanfaat, tapi juga perlu dijaga agar tidak berlebihan karena segala yang berlebihan pasti berdampak buruk. Yang penting diperhatikan dalam proses apresiasi adalah tujuannya untuk memberikan kenyamanan pada anak atas inisiatif dan hal yang dilakukan. Anak didorong untuk mandiri dan berlatih mengambil keputusan sendiri. Kesalahan terjadi pada apresiasi jika apresiasi itu sampai menimbulkan ketergantungan anak pada persetujuan dan pujian orangtua. (Foto: wartakoto.tribunnewa.com)

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of