Mengejar Beasiswa Turki 2020

Bimbingan
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Republik Turki (bahasa Turki: Türkiye Cumhuriyeti) disebut Türkiye (bahasa Turki: Türkiye) adalah sebuah negara besar di kawasan Eurasia. Wilayahnya terbentang dari Semenanjung Anatolia di Asia Barat Daya dan daerah Balkan di Eropa Tenggara.

Turki berbatasan dengan Laut Hitam di sebelah utara; Bulgaria di sebelah barat laut; Yunani dan Laut Aegea di sebelah barat; Georgia di timur laut; Armenia, Azerbaijan, dan Iran di sebelah timur; dan Irak dan Suriah di tenggara; dan Laut Mediterania di sebelah selatan.

Laut Marmara yang merupakan bagian dari Turki digunakan untuk menandai batas wilayah Eropa dan Asia, sehingga Turki dikenal sebagai negara transkontinental.

Ibu kota Turki berada di Ankara. Namun kota terbesar di negara ini adalah Istanbul. Disebabkan oleh lokasinya yang strategis di persilangan dua benua, budaya Turki merupakan campuran budaya Timur dan Barat yang unik. Turki kemudian sering diperkenalkan sebagai jembatan antara dua peradaban.

Dengan adanya kawasan yang kuat dari Adriatik ke Tiongkok dalam jalur darat di antara Rusia dan India, Turki telah memperoleh kepentingan strategis yang bertambah pesat.

Sistem Pendidikan Nasional Turki terdiri dari dua bagian utama; pendidikan formal dan non-formal. Pendidikan formal berarti sistem sekolah dan dengan demikian termasuk pendidikan tinggi yang akan menjadi fokus panduan ini. Sedangkan pendidikan nonformal mencakup semua kegiatan yang diselenggarakan di luar atau di samping sekolah.

Baca Juga: Mahasiswa di 9 PTN, Raih Peluang Beasiswa dari Tanoto Foundation

Pemerintah Turki tahun ini  kembali menawarkan beasiswa melalui program Turkiye Scholarships. Beasiswa luar negeri yang diberikan berupa beasiswa penuh untuk program S1, S2 atau S3 di universitas-universitas yang ada di Turki.

Menariknya, pelamar tidak perlu melakukan pendaftaran universitas terpisah dengan pengajuan beasiswa. Melalui formulir pendaftaran online beasiswa yang disediakan, pelamar beasiswa dapat juga bisa mendaftar langsung ke universitas pilihan.

Sehingga saat pelamar diumumkan memperoleh beasiswa, maka secara otomatis juga dipastikan telah diterima di universitas Turki pilihan tersebut. Namun panitia telah mengingatkan, dibutuhkan waktu setidaknya 30-60 menit untuk mengisi secara lengkap aplikasi beasiswa di Turki ini. Berikut informasi lengkapnya.

Cakupan beasiswa :

  1. Beasiswa penuh (seluruh biaya pendidikan hingga lulus)
  2. Tunjangan biaya hidup per bulan: 700 Lira Turki (sekitar Rp 1,6 juta) untuk beasiswa S1 950 Lira Turki (sekitar Rp 2,2 juta) untuk beasiswa S2 1.400 Lira Turki (sekitar Rp 3,2 juta) untuk beasiswa S3.
  3. Tunjangan tempat tinggal dan akomodasi.

Baca Juga: Empat Strategi Mendapat Beasiswa Luar Negeri

Belajar ke Turki, mahasiswaIndonesia akan memiliki kesempatan untuk mengalami baik modernitas maupun tradisi, di salah satu negara paling aman dan paling stabil di kawasan ini.

Beberapa Universitas Turki memiliki Bahasa Inggris sebagai bahasa pengajaran, sementara yang lain akan menawarkan kesempatan untuk belajar Bahasa Inggris.

Di atas segalanya, kualitas pendidikan yang tinggi akan membuat mahasiswa  lebih dari siap untuk masa depan di mana pun di dunia. (Foto: fatihgazi.com)

Sebarkan Artikel Ini:

1
Leave a Reply

avatar
1 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga: Mengejar Beasiswa Turki 2020 […]