Mahasiswa di 9 PTN, Raih Peluang Beasiswa dari Tanoto Foundation

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Tanoto Foundation, sejak tanggal 10 September yang lalu, membuka peluang bagi mahasiswa berprestasi di 9 universitas negeri, untuk meraih beasiswa Teladan (Tanoto Edukasi untuk Melahirkan Pemimpin Masa Depan) tahun 2020.

Sembilan universitas negeri tersebut adalah Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Brawijaya, Universitas Andalas, Universitas Diponegoro, Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Riau (UNRI).

Pendaftaran dibuka hingga tanggal 28 September 2019. Bagi mahasiswa pada 9 perguruan tinggi negeri tersebut, silakan melakukan pendaftaran segera. Tanoto Foundation berharap, kelak para penerima memberikan pengaruh positif kepada lingkungan sekitar.

Peserta yang terseleksi dari program ini akan dibentuk menjadi pemimpin melalui pelatihan kepemimpinan. Mereka diharapkan menjadi pemimpin di komunitasnya, termasuk menjadi enterpreuner.

Selain pelatihan, para peserta program akan memperoleh beasiswa untuk biaya kuliah hingga lulus kuliah, dan biaya hidup setiap bulan, sebesar 40% dari UMR di daerah tersebut.

Para peminat harus memenuhi persyaratan sebagai berikut.

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Terdaftar sebagai mahasiswa semester pertama di salah satu PTN yang menjadi mitra program Teladan.
  3. Memiliki prestasi akademik yang baik. Minimum rata-rata nilai rapor SMA/MA/SMK kelas XII adalah 90 dari skala 1 – 100.
  4. Menunjukkan potensi kepemimpinan yang kuat serta berkomitmen untuk berkontribusi pada masyarakat dan pembangunan bangsa.
  5. Mampu berkomunikasi dengan baik dan benar dalam Bahasa Indonesia. Calon yang mempunyai kemampuan Bahasa Inggris dan bahasa lain akan menjadi pertimbangan sendiri.

Para peserta akan melalui 3 tahapan seleksi. Tahap pertama adalah seleksi dokumen. Peserta dengan dokumen yang tidak lengkap akan dinyatakan gugur. Peserta yang lolos akan mengikuti tahapan seleksi kedua yaitu tes Psikologi.

Cakupan tes Psikologi adalah asesmen intelegensi, kemampuan memberikan solusi, kemampuan mengatasi konflik, kemampuan mengambil keputusan, dan potensi kepemimpinan.

Tahap terakhir adalah wawancara. Tahap ini diikuti oleh peserta yang lolos tes Psikologi. Pada tahap ini, Tanoto Foundation akan berinteraksi langsung dengan pelamar, untuk mengenal karakter lebih jauh. Penerima definitif beasiswa Tanoto Foundation adalah mereka yang lolos seleksi tahap ini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang cakupan program. manfaat, dan jadwal seleksi lanjutan, silakan akses http://www.tanotofoundation.org.id. (Foto: Tanoto Foundation)

Sebarkan Artikel Ini:

1
Leave a Reply

avatar
1 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga: Mahasiswa di 9 PTN, Raih Peluang Beasiswa dari Tanoto Foundation […]