Ustad Abdul Somad Raih Gelar Doktor di Sudan

Tokoh
Sebarkan Artikel Ini:

Setelah menjalani sidang promosi doktor di Omdurman Islamic University, Sudan pada Selasa, 24 Desember 2019, Ustad Abdul Somad dinyatakan meraih gelar Doktor dengan predikat cum laude, seperti dilaporkan oleh detiknews.

Tim pengujinya terdiri dari Syekh Dr. Omar al-Ma’ruf Ali, Syekh Dr. Haidar Idrus Ali, dan Syekh Dr. Iwadh Al-Karim Husain Miraf. Penguji  utamanya adalah Siyekh Dr. Iwadh Al-Karim Husain Miraf. Ia adalah Guru Besar Haditz Omdurman Islamic University.

Duduk sebagai supervisor dalam sidang tersebut adalah Syekh Dr. Omar Al-Ma’ruf Ali. Sedangkan Syekh Dr. Haidar Idrus Ali adalah penguji eksternal. Ia adalah Ketua Jurusan Haditz pada International University of Africa.

Disertasi yang dipertahankan oleh Ustad Abdul Somad pada sidang tersebut berjudul Kontribusi Hadratussyaikh Muhammad Hasyim Asyari dalam Penyebaran Haditz di Indonesia.

Setelah sukses menjalani sidang, Ustad Abdul Somad menulis ucapan terimakasih di account instagramnya. Ucapan terimakasihnya terutama disampaikan pada Duta Besar RI di Sudan, Drs. Rossalis Rusman Adnan, MBA, juga kepada berbagai pihak-pihak lain yang memberikan dukungan.

Baca Juga : Universitas Islam Internasional Indonesia, Akan Jadi Kiblat Studi Islam Dunia

Riwayat Pendidikan

Hingga dikukuhkan menjadi Doktor, pendidikan yang dilalui Ustad Abdul Somad selalu berbasis pada Tahfiz  Al-Qur’an.

  1. Ustad Abdul Somad lulus dari SD Al-Washliyah Medan, tahun 1990.
  2. Ia kemudian melanjutkan pendidikan ke Madrasah Tsanawiyah Mu’allimin Al-Washliyah Medan, lulus tahun 1993.
  3. Tahun 1993 sempat melanjutkan pendidikan ke Pesantren Darularafah Deli Serdang, Sumatera Utara. Namun pada tahun 1994, karena kepindahan orang tua ke Riau, ia melanjutkan pendidikannya di Madrasah Aliyah Nurul Falah Air Molek, Indragiri Hulu, hingga lulus tahun 1996.
  4. Setahun berikutnya, Ustad Abdul Somad sempat mengenyam kuliah di UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Namun tahun 1998, ia mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Al-Ashar Kairo, Mesir. Ia lulus dari sana tahun 2002.
  5. Setelah lulus S1 dari Universitas Al-Ashar, ia pun melanjutkan kuliah S2-nya di Universitas Kebangsaan Malaysia.
  6. Setelah dua semester di sana, ia kembali memperoleh beasiswa dari Kerajaan Maroko untuk melanjutkan studi S2 di Institut Darul-Haditz Al-Hassaniyah, dan lulus tahun 2006.

Dalam kesibukannya berdakwah dan mengajar di berbagai universitas, tahun 2018 ia memutuskan untuk melanjutkan studi, mengambil program doktoral di Omdurman Islamic University Sudan. Ia dinyatakan lulus setelah menjalani sidang  tanggal 24 Desember 2019. (Foto : instagram Ustad Abdul Somad)

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of