Inilah Komponen Mata Pelajaran yang Diperhitungkan di Jalur Masuk PTN SNBP 2023

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Proses Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) menggunakan dua komponen nilai. Komponen pertama adalah nilai rata-rata raport semua mata pelajaran.

Komponen ini mencakup seluruh mata pelajaran, baik berdasarkan Kurikulum Merdeka maupun Kurikulum 2013, mencakup seluruh mata pelajaran, kecuali mata pelajaran Muatan Lokal.

Bobot komponen pertama ini adalah 50 persen, dihitung dari nilai rata-rata raport mulai dari semester 1 sampai dengan semester 5 selama di Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA) ataupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Sedangkan komponen seleksi SNBP yang kedua diambil dari nilai dua mata pelajaran pendukung, ditambah prestasi yang diperoleh selama belajar di SMA/MA/SMK dengan portofolio, terutama untuk program studi seni dan olah raga.

Mata pelajaran pendukung tersebut telah diitetapkan melalui Keputusan Mendikbudristek nomor 345/M/2022. Dokumen tersebut sudah dapat diunduh di jdih.kemdikbud.go.id  dengan mencantumkan nama dokumennya.

Sedangkan prestasi yang dapat dilampirkan adalah prestasi yang diperoleh selama menempuh pendidikan di SMA/MA/SMK, dapat berupa juara olimpiade bidang studi utama maupun bidang studi pendukung, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Baca juga : Murid Kelas XII SMA, Catat Jadwal Seleksi Masuk PTN Untuk Jalur SNBP, SNBT, Dan Jalur Mandiri

Bobot komponen kedua ini ditentukan maksimal 50 persen. Sehingga secara keseluruhan, antara komponen pertama dan komponen kedua menjadi 100 persen.

Perguruan tinggi negeri pada SNBP 2023 akan menentukan komposisi lebih detail untuk kedua komponen tersebut, terutama komponen kedua, beserta prosentasenya secara detail.

Itulah penjelasan tentang dua komponen seleksi nasional berdasarkan prestasi. Bagi para murid yang berprestasi, sudah harus menyiapkan dokumen prestasi dan portofolionya mulai dari sekarang, sehingga proses pendaftaran dapat berjalan lancar.

Proses Pendaftaran SNBP

Proses pendaftaran berlangsung dalam 3 tahap. Tahap pertama akan dimulai dengan penetapan dan pengumuman kuota pada tanggal 28 Desember 2022.

Jadwal pengumuman kuota ini diikuti dengan masa sanggah. Sekolah yang kuotanya tidak akurat dapat mengajukan sanggahan. Penutupan masa sanggah adalah tanggal 17 Januari 2023.

Tahap kedua adalah tahap di mana calon mahasiswa yang memenuhi persyaratan menurut kriteria sekolah, melakukan pendaftaran akun. Jadwal pendaftaran akunnya adalah 16 Januari–15 Februari 2023.

Baca juga : Diperlukan Intensitas Belajar Untuk Mencapai Prestasi Belajar

Tahap ketiga adalah tahap pendaftaran inti. Pada tahap ini ada empat jadwal penting yang harus dilaksanakan yakni ada jadwal penetapan siswa eligible.

Ini adalah penentuan murid yang memenuhi persyaratan. Jadwal ini berlangsung pada tanggal 3 Januari-8 Februari 2023.

Setelah itu, jadwal berikutnya adalah jadwal pengisian PDSS pada tanggal 9 Januari-9 Februari 2023. Dilanjutkan dengan pendaftaran SNBP pada tanggal 14-28 Februari 2023.

Ini adalah jadwal-jadwal penting yang tidak boleh terlewatkan jika murid kelas XII yang berprestasi hendak menggunakan jalur SNBP untuk masuk perguruan tinggi negeri.

Selamat menyiapkan diri, selamat mencoba, semoga berhasil!

Foto:Kelas Pintar

5 1 vote
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
3 Comments
oldest
newest most voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Baca juga : Inilah Komponen Mata Pelajaran Yang Diperhitungkan Di Jalur Masuk PTN SNBP 2023 […]

Yohanes Prayitno
Yohanes Prayitno
1 year ago

Semoga anak2ku Kartur banyak yg lolos seleksi

Last edited 1 year ago by Yohanes Prayitno
trackback

[…] Baca juga : Inilah Komponen Mata Pelajaran Yang Diperhitungkan Di Jalur Masuk PTN SNBP 2023 […]