Murid Kelas XII SMA, Catat Jadwal Seleksi Masuk PTN untuk Jalur SNBP, SNBT, dan Jalur Mandiri

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Bagi murid SMA kelas XII yang berencana melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri, jadwal ini penting buat Anda catat.

Juga penting bagi sekolah karena beberapa proses pendaftaran terutama pada jalur seleksi nasional berdasarkan prestasi, ada proses yang harus dilakukan oleh sekolah.

Jadwal pendaftaran dibagi dalam tiga jenis yakni jadwal pendaftaran untuk proses Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), yang sebelumnya dikenal dengan nama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Selain itu ada jadwal Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT), perubahan nama dari Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN).

Jadwal yang terakhir adalah jadwal seleksi mandiri, merupakan jalur seleksi masuk PTN yang digelar oleh masing-masing perguruan tinggi secara mandiri.

Jalur mandiri adalah jalur yang disiapkan bagi mereka yang sudah mencoba masuk PTN melalui jalur SNBP atau jalur UTBK-SNBT, oleh karena itu proses dan jadwalnya dilakukan setelah dua jalur pendaftaran tersebut diselenggarakan.

  1. Jadwal SNBP 2023

Jadwal SNBP 2023 berlangsung dalam tiga tahap. Jadwal ini penting menjadi perhatian sekolah karena dilaksanakan oleh sekolah.

Tahap 1

Tahap ini berkaitan dengan penetapan kuota dan pengumuman jumlah kuota bagi masing-masing sekolah.

Baca juga : Guru, Antara Tugas Dan Profesi

  • Jadwal pengumuman kuota bagi masing-masing sekolah : 28 Desember 2022
  • Jadwal penutupan masa sanggah sekolah : 17 Januari 2023. Setelah kuota sekolah diumumkan, sekolah diberi kesempatan untuk menyanggah jika data yang diumumkan tidak akurat. Masa sanggah dibuka setelah kuota diumumkan.

Tahap 2

Pada tahap ini calon mahasiswa akan melakukan pendaftaran akun. Jadwal pendaftaran akunnya adalah 16 Januari-15 Februari 2023.

Tahap 3

Empat jadwal penting pada proses pendaftaran tahap ketiga adalah :

  • Jadwal penetapan siswa Eligibel : 03 Januari-08 Februari 2023
  • Jadwal pengisian PDSS : 09 Januari-09 Februari 2023
  • Jadwal pendaftaran SNBP : 14-28 Februari 2023
  • Pengumuman hasil SNBP : 28 Maret 2023

Kegiatan pada jadwal pengisian PDSS dan pendaftaran SNBP setiap hari pada jadwal di atas, ditutup setiap hari pada pukul 15.00 WIB.

  1. Jadwal UTBK-SNBT

Ada enam jadwal penting yang harus diperhatikan oleh calon mahasiswa, sebagai berikut,

  • Jadwal registrasi akun SNPMB-BPPP : 16 Februari-13 Maret 2023
  • Jadwal pendaftaran UTBK-SNBT : 23 Maret-14 April 2023
  • Jadwal pendaftaran UTBK gelombang pertama : 08-14 Mei 2023
  • Jadwal pendaftaran UTBK gelombang kedua : 22-28 Mei 2023
  • Pengumuman hasil SNBT : 20 Juni 2023
  • Masa unduh sertifikat UTBK : 26 Juni-31 Juli 2023.

Baca juga : 90 Persen Murid Kelas XII Memperoleh Skor Buruk Dalam Try Out Tes Skolastik?

  1. Seleksi Mandiri

Jadwal seleksi mandiri ditetapkan oleh masing-masing perguruan tinggi negeri setelah pengumuman hasil SNBT. Oleh karena itu, masing-masing calon mahasiswa yang hendak menggunakan jalur mandiri silakan memantau jadwal pendaftaran jalur mandiri tersebut melalui media sosial masing-masing PTN.

Persiapan Yang Harus di Lakukan

Mulai tahun ini diberlakukan sistem seleksi masuk PTN yang baru, oleh karena itu bagi murid kelas XII yang hendak masuk PTN melalui jalur UTBK-SNBT, hendaknya menyiapkan diri untuk mengikuti seleksi  yang baru tersebut di antaranya tidak berlaku lagi tes bidang studi, melainkan berlaku  tes skolastik.

Tes skolastik akan mengukur kemampuan peserta dalam hal proses kognitif, penalaran Matematika, literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Tepatnya yang diukur dalam tes ini adalah daya nalar peserta.

Oleh karena itu, Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Anindito Aditomo mengatakan, para peserta harus mengasah daya nalarnya.

“Daya nalar dapat diasah melalui aktivitas membaca dan menganalisis bacaan. Pahami konsep-konsep dan logika Matematika dasar, agar cakap menerapkannya dalam problem solving,” kata Anindito.

“Daya nalar tersebut dapat diasah melalui semua mata pelajaran di sekolah. Oleh karena itu, praktik pengajaran yang melatih murid menghafal rumus, menjawab pertanyaan dengan menghafal, bukan hasil analisis, perlu diubah,” lanjut Anindito.

Nampaknya inilah tantangan yang dihadapi oleh sekolah-sekolah kita. Bagaimana melatih penalaran murid sehingga lulusan sekolah tidak hanya siap memasuki perguruan tinggi negeri, melainkan dapat memecahkan masalah dan menghadapi perubahan.

Foto:pintek

5 1 vote
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
3 Comments
oldest
newest most voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Baca juga : Murid Kelas XII SMA, Catat Jadwal Seleksi Masuk PTN Untuk Jalur SNBP, SNBT, Dan Jalur Mandiri […]

trackback

[…] Baca juga : Murid Kelas XII SMA, Catat Jadwal Seleksi Masuk PTN Untuk Jalur SNBP, SNBT, Dan Jalur Mandiri […]

trackback

[…] Baca juga : Murid Kelas XII SMA, Catat Jadwal Seleksi Masuk PTN Untuk Jalur SNBP, SNBT, Dan Jalur Mandiri […]