Mengejar Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan 2023

Bimbingan
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-LPDP, istilah yang barangkali sudah tak asing lagi di telinga, terutama bagi mereka para pemburu beasiswa, baik beasiswa dalam negeri maupun luar negeri. Apa itu LPDP? LPDP adalah singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan.

LPDP adalah sebuah lembaga pengelola dana abadi untuk mendanai beasiswa yang berada di bawah pengawasan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

LPDP adalah sebuah Badan Layanan Umum (BLU) yang dibentuk berdasarkan UU, di mana dalam UUD 1945 mengamanahkan bahwa sekurang-kurangnya dua puluh persen Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) adalah untuk fungsi pendidikan.

Tujuan beasiswa LPDP adalah untuk mendukung ketersediaan SDM (sumber daya manusia) Indonesia yang berpendidikan dan berkualitas, mempunyai jiwa kepemimpinan dan memberikan efek yang baik terhadap masyarakat luas dan bangsa di masa depan.

Sehingga orang yang nantinya akan mendapatkan kepercayaan dan kesempatan dari LPDP adalah orang yang sudah terseleksi melalui beberapa tahapan, dan akan melakukan studi lanjutan Magister maupun Doktor akan dibiayai oleh LPDP baik yang di dalam maupun di luar negeri.

Ada 25 kampus terfavorit di beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang bisa dijadikan referensi saat mendaftar di tahun 2023. Sebanyak 25 kampus terfavorit mahasiswa ini berasal dari dalam dan luar negeri dari seluruh jalur beasiswa.

Dilansir dari akun Instagram resmi LPDP, pada tahun lalu terdapat total 2.716 penerima beasiswa LPDP dalam negeri dan 2.743 awardee luar negeri.

Baca juga : Inilah Komponen Mata Pelajaran Yang Diperhitungkan Di Jalur Masuk PTN SNBP 2023

Dari hasil tersebut, untuk kampus terfavorit dalam negeri adalah Universitas Gadjah Mada atau UGM. Sementara, awardee di kampus luar negeri, memilih University of Oxford Inggris di posisi pertama, kampus terfavorit di luar negeri.

Berikut 25 daftar kampus tujuan beasiswa LPDP favorit yang tersebar baik dalam maupun luar negeri. Universitas dalam negeri:

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  2. Universitas Indonesia (UI)
  3. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  4. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
  5. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Universitas luar negeri:

  1. University of Oxford Inggris
  2. Harvard University Amerika Serikat
  3. Stanford University Amerika Serikat
  4. Massachusetts Institute of Technology Amerika Serikat
  5. University of Cambridge Inggris
  6. California Institute of Technology (Caltech) Amerika Serikat
  7. University of Chicago Amerika Serikat
  8. Yale University Amerika Serikat
  9. Princeton University Amerika Serikat
  10. Imperial College London Inggris
  11. University of Pennsylvania Amerika Serikat
  12. Columbia University Amerika Serikat
  13. ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Technology Swiss
  14. University College London (UCL) Inggris
  15. University of California, Berkeley (UCB) Amerika Serikat
  16. Johns Hopkins University Amerika Serikat
  17. Tsinghua University Tiongkok
  18. Cornell University Amerika Serikat
  19. University of Toronto Kanada
  20. Peking University Tiongkok

Baca juga : Setelah Memperoleh Izin SD Dan TK, Muhammadiyah Australia Colege Dapat Izin Untuk Selenggarakan SMP

Beasiswa tentunya menjadi solusi terbaik jika mahasiswa mendapat kendala dalam keuangan. Banyak universitas terutama yang bergengsi sangat picky tentang siapa yang menerima beasiswa.

Mereka mencari siswa berprestasi yang kemungkinan besar akan berhasil dan menyelesaikan program mereka. Beasiswa membuka peluang baru bagi banyak siswa untuk menghadiri universitas yang lebih baik daripada yang bisa mereka lakukan tanpa bantuan keuangan.

Jika kamu memiliki kemampuan akademis yang luar biasa, kamu akan memperoleh akses ke perguruan tinggi terbaik di dunia. Ayo segera mengejar berbagai peluang.

Foto:PajakOnline.com

5 1 vote
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments