Kegiatan Kewirausahaan SMA Candle Tree; Murid Membuat Business Plan dan Berlatih Menjadi Wirausaha

Info Sekolah
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Seperti yang kita ketahui, pandemi Covid-19 ini masih belum berakhir. Walaupun sekolah sudah diizinkan tatap muka, masih banyak sekolah yang menerapkan pembelajaran daring termasuk SMA Candle Tree, karena banyak hal yang harus dipertimbangkan dan dipersiapkan, juga harus ada izin dari orang tua murid.

Pada tanggal 20-24 September 2021, SMA Candle Tree melaksanakan Penilaian Tengah Semester I secara daring. Biasanya, setelah melaksanakan Penilaian Tengah Semester, SMA Candle Tree menyelenggarakan kegiatan Pasca PTS (Penilaian Tengah Semester).

Kegiatan Pasca PTS yang dilakukan di kelas XI adalah kewirausahaan. Pada hari Senin, 27 September 2021 siswa – siswi kelas XI mengikuti webinar kewirausahaan yang bertema “Ciptakan Jiwa Wirausaha dan Raih Peluangmu” bersama Angelita Theo yang merupakan influencer sekaligus founder of Attera melalui Zoom Meeting.

Angelita Theo ini merupakan pemilik dari sebuah footwear local brand yang bernama ‘Attera’. Ia menceritakan perjuangannya dalam membangun bisnis dari nol dan memberikan beberapa tips bisnis. Kami mendapatkan banyak ilmu bisnis baru. Rasa penasaran kami seputar bisnis terobati melalui webinar ini.

Baca Juga : Murid SMA Candle Tree Belajar Menjadi Wirausahawan Di Masa Pandemi

Setelah webinar, kami diberi tugas untuk membuat business plan dalam waktu tiga hari secara kelompok. Guru – guru membagi kami menjadi 8 kelompok campuran dari jurusan IPA dan IPS.

Pada hari Selasa, 28 September 2021 kami dibagi ke dalam breakout room zoom kelompok untuk mendiskusikan target – target yang harus dicapai pada hari itu. Cukup sulit untuk bekerja sama dengan teman – teman yang satu sama lain jarang ngobrol atau bahkan tidak pernah ngobrol sebelumnya.

Meskipun begitu, setiap kelompok dapat menyelesaikan target setiap harinya dengan baik, bahkan lebih cepat dari perkiraan.

Melalui kegiatan ini, kami ditantang untuk berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang – orang yang tidak kenal dekat, apalagi harus membuat business plan hanya dalam waktu tiga hari.

Kami harus bisa mengatasi perbedaan pendapat antar anggota, mempunyai ide kreatif, dan mau bekerja sama. Setelah pembuatan business plan yang dilaksanakan pada hari Selasa sampai Kamis, setiap kelompok mempresentasikan hasil kerjanya pada hari Jumat, 1 Oktober 2021 melalui media zoom.

Guru-guru menilai presentasi kami dan memberikan pertanyaan. Ada juga beberapa orang tua murid yang menyaksikan presentasi kami dan memberi saran maupun kritik yang membangun.

Kegiatan kewirausahaan ini akan terus berlanjut selama 6 bulan kedepan. Setelah pembuatan business plan, tentu masih banyak tahap berikutnya yang harus kami lakukan untuk merealisasikan business plan tersebut.

Mulai dari pembuatan instagram dan platform online shopping lain sebagai tempat berjualan, membuka PO (Pre-Order), melaksanakan strategi pemasaran, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Murid Kelas XII SMA Candle Tree; Explore Our Dream Campus

Begitu banyak manfaat dan pengalaman yang kami dapatkan dari kegiatan kewirausahaan ini. Melalui kegiatan Pasca PTS kali ini, kami mendapatkan banyak ilmu seputar bisnis, belajar berdiskusi dan membagi tugas dengan baik agar dapat menyelesaikan tugas tepat waktu, bekerja sama membuat business plan dan merealisasikannya.

Mengingat SMA Candle Tree merupakan School of Leadership, kegiatan kewirausahaan ini dapat melatih karakter kepemimpinan dalam diri setiap siswa yaitu tanggung jawab, komunikasi, kemampuan bekerja sama, public speaking, berani mengutarakan pendapat, mau menerima kritik dan saran, dan lain sebagainya.

Penulis adalah siswa kelas XI IPS SMA Candle Tree

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of