Murid kelas XII SMA Candle Tree; Explore Our Dream Campus

Info Sekolah
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com: Pada hari Selasa, tanggal 20 Oktober lalu, murid kelas XII SMA Candle Tree mendapatkan kesempatan untuk menghadiri pertemuan Zoom dengan Ibu Rini selaku Humas Universitas Indonesia.

Pertemuan melalui zoom ini diadakan dari pukul 10.35 hingga 12.30. Dihadiri oleh kepala sekolah, guru-guru, murid kelas XII dan orang tua murid.

Diadakannya pertemuan ini bertujuan untuk memberi informasi lebih lanjut mengenai Universitas Indonesia, mulai dari program studi, jalur masuk, hingga informasi biaya dan tips yang sangat berguna bagi murid kelas XII.

Baca juga: Karena Iklim Universitas Di Luar Negri Lebih Baik, Tiga Orang Indonesia Ini, Dapat Menjadi Profesor Di Usia Muda

Pertemuan dimulai dengan sambutan hangat dari dua murid yang membawakan acara, dan dari kepala sekolah Ibu Edi Dwani yang memperkenalkan SMA Candle Tree kepada Ibu Rini.  Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan diri dari Ibu Rini yang setelah itu langsung diikuti dengan penjelasan lengkap mengenai Universitas Indonesia.

Ibu Rini menjelaskan bahwa Universitas Indonesia ini memiliki banyak program pendidikan. Ada 3 jenis program S1 yang ditawarkan serta program D3. Program S1 terdiri dari reguler, paralel, dan kelas internasional serta D3 vokasi.

Kepada murid juga dijelaskan perbedaan sarjana reguler dan paralel. Kemudian ditunjukkan fakultas dan program studi untuk murid dengan peminatan IPA maupun IPS, pada program S1 reguler dan paralel.  Program vokasi (D3) memiliki jenjang lanjutan yaitu S1 ekstensi dan seterusnya.

Di samping itu, pada program S1 juga diselenggarakan kelas internasional. Di mana para mahasiswa dapat melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Mereka dapat berkuliah selama 2 tahun di UI dan 2 tahun di universitas mitra UI di luar negeri. Kepada murid ditunjukkan juga fakultas beserta universitas partner UI di luar negeri tersebut.

Berikutnya Ibu Rini menjelaskan jalur masuk atau proses pendaftaran UI tahun 2020 seperti jalur undangan dan jalur ujian tulis. Untuk pendaftaran SNMPTN, UTBK dan SBMPTN murid harus memiliki akun terlebih dahulu di LTMPT.

Murid harus meregistrasi akun pada tanggal yang sudah ditentukan. Untuk sekolah yang ter-akreditasi A, dapat melakukan pemeringkatan murid oleh sekolah yang memperhitungkan nilai mata pelajaran tertentu. Sekolah dapat menentukan beberapa murid terbaik untuk ikut seleksi.

Baca juga: Prioritas Pendidikan Tahun 2021, Menurut Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nadiem Makarim

Karena pandemi saat ini, proses pendaftaran UTBK-SBMPTN jadi dipersingkat yaitu jadi disatukan di mana murid dapat langsung memilih program studi dan ketentuan seterusnya.

Sementara sebelum pandemi pendaftaran UTBK-SBMPTN terpisah.  Materi UTBK, TPS soalnya dibentuk dalam bentuk HOTS, sebagian soal juga ada yang berbahasa Inggris.

Kemudian dijelaskan proses pendaftaran SIMAK UI. Proses ini adalah yang paling berpeluang besar karena dengan mengikuti 1 tes murid dapat memilih 3 program pendidikan sampai dengan 6 program studi.

Ibu Rini juga menunjukkan sebuah data keketatan S1 dan D3 di berbagai prodi yang tersedia, di mana murid dapat memperkirakan kemungkinan untuk masuk seberapa besar ke UI ini. Agar murid juga dapat memperkirakan pilihan pertama dan keduanya dengan baik.

Terakhir, Ibu Rini juga memperlihatkan slide mengenai biaya pendidikan di UI di mana tersedia bantuan Biaya Operasional Pendidikan (BOP) berkeadilan bagi murid yang mungkin bermasalah atau kesulitan dalam hal finansial.

Jenis beasiswadi UI juga sangat beragam. Fasilitas penunjang di UI ada banyak dan tersedia untuk keperluan mahasiswa, bahkan sebagian besar gratis untuk digunakan sehari-hari. Mulai dari rumah sakit, lapangan olahraga, perpustakaan dan lainnya.

Baca juga: Jurusan Di Perguruan Tinggi Dan Prospeknya Bagi Murid SMA Peminatan IPA

Dari banyaknya penjelasan yang telah disampaikan kepada para murid, kegiatan ditutup dengan sesi tanya jawab. Banyak murid yang tampak antusias dalam menanyakan berbagai hal tentang Universitas Indonesia ini.

Informasi yang disampaikan begitu jelas dan rinci sehingga dengan ini murid maupun orangtua murid yang menghadiri pertemuan tersebut jadi lebih terbekali mengenai Universitas Indonesia.

Tentunya dengan informasi yang lengkap dan sangat membantu dari Ibu Rini, diharapkan murid dapat mempersiapkan diri lebih matang dari sekarang sehingga dapat giat mengejar universitas tujuannya.

Saran dari penulis, untuk ke depannya dapat dilakukan pertemuan mengenai perkuliahan lainnya agar murid dapat mempertimbangkan dengan matang dan baik serta dapat dilakukan kuisioner yang mempertanyakan pendapat serta masukan maupun pertanyaan murid agar jelas dan dapat lebih dimengerti.

Penulis adalah murid kelas XII IPS SMA Candle Tree

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of