10 Faktor Penentu Sukses Ternyata Tak Terkait IQ Melainkan Soft Skill

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depeodu.com – Banyak orang masih berpikir bahwa faktor Intelligence Quotient (IQ) sangat menentukan kesuksesan seseorang. Cara pandang ini jugalah yang membuat pendidikan di sekolah sangat berorientasi pada pengembangan kemampuan akademik yang berbasis pada IQ.

Oleh karena itu, sekolah-sekolah dengan nuansa akademik yang kuat, kemudian menjadi rebutan anak-anak pintar. Mereka diyakini mempunyai IQ tinggi.

Sekolah-sekolah inilah yang kemudian menjadi sekolah-sekolah favorit yang jejaknya masih terasa kuat sampai sekarang. Bahkan masyarkat juga berpendapat bahwa bersekolah pada sekolah favorit tersebut juga merupakan salah satu faktor penting penyebab sukses seseorang.

Baca Juga: Menyiapkan Sekolah Tatap Muka Di Bulan Januari, Apa Yang Menjadi Tantangan Yang Paling Utama

Padahal, Thomas J. Stanley Ph.D dalam risetnya, menemukan kesimpulan yang berbeda, setelah ia melakukan penelitian terhada 1001 responden di mana 733 orang diantaranya adalah tokoh yang sangat sukses.

Menurut Thomas J. Stanley, memiliki IQ yang tinggi, dan bersekolah di sekolah favorit ataupun perguruan tinggi bergengsi, bukan termasuk dalam 10 faktor utama yang menentukan kesuksesan seseorang.

Riset itu menyimpulkan bahwa terdapat 10 faktor penting dan 9 diantaranya adalah soft skills, sebagai mana diuraikan berikut ini:

  • Kejujuran

Kejujuran merupakan kesesuaian sikap dan perbuatan. Orang jujur selalu mengucapkan sesuatu sesuai dengan kondisi yang sesungguhnya bahkan disertai tindakan yang seharusnya.

Hidup orang yang jujur, jauh dari perilaku melanggar norma. Oleh karena itu, orang jujur, selalu tenang dan sangat dipercaya oleh orang-orang di sekitarnya serta menjadi salah satu faktor sukses yang penting.

Sikap jujur itu dapat dilatih mulai dari rumah, dan dapat dilanjutkan di sekolah.

  • Disiplin

Disiplin adalah ketaatan pada peraturan. Disiplin tumbuh dari sikap patuh dalam diri seseorang, untuk mengikuti standar aturan yang telah dibuat.

Jika karakter disiplin telah terbentuk maka orang lebih mudah fokus pada apa yang dikerjakan untuk pencapaian target. Inilah yang menyebabkan sikap disiplin menjadi salah satu faktor penting menjadi sukses seseorang.

  • Mudah Bergaul

Cara kita berelasi dan berinteraksi terbukti menjadi faktor penting untuk meraih sukses. Orang yang mudah bergaul akan mudah berinteraksi dengan banyak kelompok.

Secara langsung atau tidak langsung, orang yang mudah bergaul, mengenal banyak orang yang membuatnya memiliki banyak jaringan.

Baca Juga: Hilangnya Disiplin Sekolah Cikal Bakal Kemunduran Pendidikan

Memiliki banyak jaringan telah terbukti sangat membantu sukses seseorang.

  • Kerja Keras

Tidak semua kerja keras memang mendatangkan hasil, tapi yang jelas akan ada hasil yang membedakan pribadi pekerja keras dan bukan pekerja keras.

Orang yang bekerja keras adalah orang yang punya tujuan, untuk mencapai tujuan mempunyai target dan disiplin diri untuk terus bekerja hingga tujuannya tercapai.

Inilah yang menyebabkan para pekerja keras tersebut mencapai sukses mereka.

  • Kecintaan pada pekerjaan

Selain kerja keras, kecintaan pada pekerjaan adalah faktor penentu berikut yang mendatangkan sukses. Ini bisa disebabkan oleh kecocokan dan kesuksesan sejak awal.

Namun para psikolog karir mengatakan rasa cinta pada karir dapat anda ciptakan jika menginginkan performa yang luar biasa dari karir anda dan karir yang luar biasa akan mengikuti.

  • Kepemimpinan

Kepemimpinan yang menumbuhkan adalah faktor lain yang menentukan sukses seseorang dalam karir. Ini terjadi karena pemimpin yang baik lebih mampu menentukan dan mengarahkan organisasi untuk mencapai visi.

Pemimpin yang baik lebih mampu mendorong sinergi antara organ-organ penting dalam organisasi. Oleh karena itu, faktor kehadiran pemimpin yang baik menjadi faktor penentu sukses organisasi.

  • Kepribadian yang kompetitif

Pribadi yang kompetitif adalah pribadi yang pantang menyerah, yang mampu mengalahkan ego dan kekurangan diri serta terus berusaha belajar.

Orang dengan pribadi kompetitif adalah juga orang yang mampu mendorong diri untuk berkompetisi mencapai hal baru yang lebih baik lagi.

Baca Juga: Kabar Dari Sekolah, Catatan Pendidikan Pada Hari Pendidikan Nasional, Tahun 2021

Bagi mereka, capaaian dalam satu hal, adalah anak tangga baru untuk mencapai target berikutnya yang lebih baik. Oleh karena itulah sukses dapat mereka raih.

  • Hidup teratur

Hidup teratur adalah mengulang rutinitas yang mendatangkan kualitas hidup yang lebih baik. Bangun lebih pagi lalu punya waktu untuk bersiap diri lebih baik sebelum melakukan rutinitas bekerja.

  • Kemampuan menjual ide

Kesuksesan selalu terkait dengan ide, kreativitas dan inovasi yang terus menerus dilakukan. Ide, kreativitas, dan inovasi tersebut tidak dengan sendirinya membawa manfaat.

Dalam kenyataan mengubah ide, dan kreativitas menjadi inovasi yang bermanfaat hanya terjadi jika orang lain terlibat dalam proses tersebut.

Ini hanya dapat terjadi jika pencetus ide memiliki kemampuan meyakinkan orang lain akan keutamaan idenya sehingga orang lain terlibat dalam proses inovasi tersebut.

Itulah kemampuan menjual ide tersebut. Ini adalah salah satu faktor penting sukses para orang-orang sukses.

Baca Juga: Butir-Butir Evaluatif Seputar Masalah Pembelajaran Daring

Inilah 10 faktor sukses para orang-orang sukses. Faktor itu bukan IQ melainkan lebih merupakan soft skills.

Oleh karena itu, hendaknya sekolah melatih dan mengembangkan soft skills tersebut sedini mungkin karena lebih bermanfaat bagi para murid dan harus dilakuan sedini mungkin.

Foto: hipwee.com 

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of