SMA Candle Tree – Konsisten sebagai School of Leadership Melalui Pembuatan Leadgram Kelas

Info Sekolah
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Di tengah situasi Pandemi Covid-19, SMA Candle Tree dituntut untuk terus mempertahankan entitas dan konsistensinya sebagai School of Leadership melalui setiap program dan kegiatannya dalam rangka mengembangkan dan membentuk karakter setiap siswanya sebagai seorang calon pemimpin.

Dalam rangka kegiatan Pasca PTS Semester II TP 2020/2021, sebagai bagian dari permanen program SMA Candle Tree maka dari tanggal 22-26 Maret 2021 mengadakan Kegiatan Pekan Kepemimpinan di mana siswa-siswi kelas XI IPA dan IPS diberi tugas untuk membuat Leadgram Kelas.

Leadgram itu sendiri adalah kepanjangan dari Leadership Magazine on Instagram. Leadership Magazine yang sudah menjadi sebuah permanen program di kelas XI tahun ini mengambil tema “Reach Higher To Be The Adaptive & Innovative Leader”.

Bedanya di masa Pandemi Covid-19 ini seiring dengan proses belajar mengajar yang sepenuhnya menggunakan teknologi informasi, maka sebagai bagian adaptasi dan inovasi serta penyesuaian diri dengan teknologi, maka pembuatan Leadgram atau Leadership Magazine on Instagram kelas ini dipilih.

Baca Juga: Edu Fair Virtual SMA Candle Tree 2020 – Tradisi SMA Candle Tree Mewujudkan Impian Siswanya

“Di masa yang akan datang semuanya akan serba digital, oleh karena itu kita tidak perlu menunggu hari itu datang, karena justru kita harus menjadi yang lebih dulu merealisasikannya. Saat semua orang masih berada di hari ini, kita sudah ada di hari esok karena kita sudah beradaptasi dan berinovasi,” demikian dikatakan ibu Edi Dwani.

Pesan tersebut disampaikan oleh Ibu Edi Dwani, Kepala SMA Candle Tree, ketika membuka acara pekan kepemimpinan tersebut, yang diawali dengan Workshop Pembuatan Leadgram oleh Kak Bagas selaku Guru ekstrakurikuler multimedia.

Pembuatan dan pengerjaan Leadgram itu sendiri berlangsung selama 3 (tiga) hari, di mana seperti layaknya Redaksi sebuah Perusahaan Media setiap kelas sudah dibagi ke dalam masing-masing tugas.

Ada yang bertugas sebagai Ketua Umum, Pemimpin Redaksi, Redaktur Pelaksana, Redaktur, Editor, Reporter, Layouter dan web designer. Semua bagian punya peran dan tanggungjawabnya masing-masing untuk bisa menghasilkan karya terbaik buat kelas mereka.

Baca Juga: Kegiatan Pasca PAS I 2020 Di Masa Pandemi: Konsistensi “School Of Leadership” SMA Candle Tree

Hal yang tidak kalah menantang adalah ketika mereka harus mengunggah ke instagram semua rubrik yang sudah mereka buat dan membuat layout-nya semenarik mungkin agar semua yang membukanya bisa mem “follow” dan me “like” nya.

Di hari terakhir, Jum’at 26 Maret 2021 akhirnya semua lead gram kelas selesai dikerjakan dan diunggah ke Instagram. Kelas XI IPA 1 memilih nama Leadgramnya“@leadapthusiast”, XI IPA 2 “@beyondmagz” dan kelas XI IPS “@uvoda”.

Setiap kelas pada hari itu juga harus mempertanggungjawabkan leadgram kelas mereka melalui presentasi melalui zoom di depan tim juri dari Guru, Orang tua, dan teman-teman mereka dari kelas XI dan X.

Akhirnya, dari semua proses pembuatan dan pengerjaan Leadgram inilah terjadi proses pembelajaran tentang nilai-nilai kepemimpinan yang luar biasa di setiap kelas. Di mana setiap kelas harus senantiasa berdiskusi, bekerjasama, memecahkan masalah, saling mendengarkan dan menerima perbedaan.

Nilai-nilai tentang karakter pemimpin inilah yang mau dipesankan ke setiap siswa melalui kegiatan ini. Karena melalui penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan karakter akan menjadi kekuatan yang mampu  menjadikan siswa siswi SMA Candle Tree menjadi SDM yang handal dan berdaya saing tinggi di masa yang akan datang.

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of