Kegiatan Pasca PAS I 2020 di masa Pandemi: Konsistensi “School of Leadership” SMA Candle Tree

Info Sekolah
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Masa Pandemi Covid – 19 menjadi sesuatu hal yang tidak mudah bagi sekolah untuk menciptakan kondisi yang ideal untuk setiap proses nya, baik proses kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan-kegiatan lain seperti kegiatan Pasca Penilaian Akhir Semester (PAS).

Tetapi tidak dengan SMA Candle Tree yang selama ini konsisten mengisi kegiatan Pasca PAS dengan kegiatan-kegiatan yang berusaha membentuk dan mengembangkan siswa dengan nilai-nilai yang selama ini menjadi Visi Misi dan entitas SMA Candle Tree sebagai School of Leadership.

Di tengah situasi yang tidak ideal, SMA Candle Tree tetap konsisten mengisi kegiatan Pasca PAS I dengan berbagai kegiatan yang terus menanamkan nilai-nilai kepemimpinan dan menyiapkan siswa-siswinya menghadapi masa depan dengan tantangan yang tidak ringan.

Baca Juga : Belajar Dari Kearifan Lokal Suku Baduy, Sebuah Pembelajaran Leadership Di SMA Candle Tree

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 14-16 Desember 2020 tersebut diantaranya adalah, untuk Kelas X berupa kegiatan Pekan Karir, Kelas XI diisi dengan talk show Entrepreneurship, sedangkan kelas XII diisi dengan Seminar Motivasi dan Sharing  Alumni SMA Candle Tree. Kegiatan ini juga diikutijuga oleh siswa kelas XI.

Kegiatan pekan Karir untuk kelas X diawali dengan seminar tentang tantangan karir masa depan dengan tema” Finding Yourself in The Future” yang diberikan oleh Coach Professional Bp. Dr. Pramudianto, ACC dan Ibu Christine Monteiro.

Dilanjutkan dengan sesi sharing profesi dan karir dari berbagai bidang profesi yang sebagian merupakan alumni SMA Candle Tree. Profesi yang diundang terdiri dari pilot, pengacara, dokter tantara muda, dan reporter berita televisi untuk sharing dan berbagi pengalaman karir dibidang nya masing-masing.

Baca Juga : Transformasi Gagasan School Leadership Di Candle Tree School

Setelah itu, siswa kelas X melanjutkan dengan menyiapkan dan merancang profesi mereka ke depan, termasuk mencari dan memilih Universitas/Perguruan Tinggi yang bisa mewujudkan cita-cita mereka dan membuatnya dalam bentuk time line career dengan menggunakan aplikasi photoshop maupun aplikasi lainnya yang dikuasai.

Hasilnya kemudian harus mereka presentasikan dan diunggah dalam account intagram kelas mereka. Melalui kegiatan pekan karir ini diharapkan siswa sudah focus untuk memilih dan menentukan cita-cita dan bagaimana upaya mewujudkannya sejak awal.

Kegiatan talk show entrepreneurship untuk kelas XI menghadirkan seorang entrepreneur muda bernama Neliana, S.E yang merupakan lulusan Univ. Taruma Negara Jurusan Bisnis Manajeman yang merupakan pemilih perusahaan Evercloth, yang bergerak dibidang produksi dan distribusi pakaian dan seragam batik.

Talkshow dengan tema “Grab Your Opportunity Create your Own Business” ini berlanmgsung sangat interaktif, dimana Kak Neli menceritakan pengalamannya sejak remaja sudah memulai bisnis nya sampai saat ini dia suskes pada usia muda dengan punya perusahaanya sendiri.

Banyak pertanyaan disampaikan oleh siswa siswi kelas XI dan dijawab dengan sangat antusias dan memotivasi siswa siswi kelas XI untuk menjadi seorang entrepreneur.

Sedangkan untuk kelas XII seminar motivasi disampaikan oleh Michael Yo, seorang mentor muda yang juga seorang entrepreneur, penulis buku, philanthropist, dan juga praktisi digital marketing. Seminar dengan tema “Set Up Your Future” ini menegaskan pentingnya langkah-langkah yang harus dilakukan untuk merancang dan menyiapkan masa depan siswa siswi SMA Candle Tree.

Baca Juga : Quotesgram Dan Leadgram; Model Pembelajaran Leadership, SMA Candle Tree Di Tengah Pandemi Covid-19

Dalam seminar tersebut point yang di tekankan pembicara kepada para siswa, adalah 7 (tujuh) langkah yang harus dilakukan untuk mencapai kesuksesan. Langkah-langkah tersebut adalah perubahan, kesadaran, pemikiran, tujuan, keinginan, dukungan dan lingkungan.

Selain kegiatan seminar dan talkshow di atas, kegiatan yang tidak kalah menarik adalah kegiatan sharing pengalaman dengan alumni yang diikuti oleh siswa siswi kelas XI dan XII.

Sharing pengalaman yang berlangsung sangat menarik dan cair ini berisi berbagai hal yang alumni alami selama mereka berada di SMA Candle Tree, entah pengalaman dalam berbagai kegiatan maupun organisasi, dan juga saat berinteraksi dengan Guru.

Baca Juga : Webinar SMP Candle Tree; Memperkenalkan Digital Marketing Sejak Dini

Semua proses yang telah meraka alami tersebut ternyata sangat berguna saat mereka berada di bangku kuliah maupun saat mereka di dunia kerja. Sharing pengalaman ini diharapkan akan semakin membuat siswa siswi yakin dan serius mengikuti semua proses maupun kegiatan yang dilakukan oleh SMA Candle Tree.

Akhirnya, melalui kegiatan pasca PAS I TRP 2020/2021, SMA Candle Tree terus berjuang untuk mewujudkan entitasnya sebagai “School of Leadership”. Karena melalui semua kegiatan tersebut SMA Candle Tree terus konsisten menghasilkan lulusan yang punya diferensiasi dengan lulusan sekolah lain.

Lulusan yang siap masuk ke bangku kuliah, serta siap menjadi pemimpin maupun entrepreneur di masa depan. Semoga.

Penulis adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMA Candle Tree

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of