Kolaborasi IGI Flotim dan SMAN 1 Lewolema untuk Meningkatkan Kompetensi Guru

Info Sekolah
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com- Kolaborasi antara Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Flores Timur dan SMA Negeri 1 Lewolema sudah terjalin sejak terbentuknya IGI sebagai salah satu organisasi profesi guru di Kabupaten Flores Timur tahun 2018 silam. Setiap tahun pasti ada kegiatan yang melibatkan IGI Flotim di SMAN 1 Lewolema.

Tahun 2019 IGI Flotim hadir sebagai fasilitator kegiatan Kemah Literasi yang diselenggarakan oleh SMAN 1 Lewolema dan kelompok Orang Muda Katolik (OMK) Santo Gerardus Mayella, Paroki Lewotala.

Di awal tahun 2020 IGI Flotim turut ambil bagian dalam bimbingan teknis (Bimtek) pembelajaran dalam jaringan (Daring) bagi guru sebagai salah satu strategi pendidikan memasuki era new normal. Kini, IGI Flotim kembali hadir dengan program tepat sasar yakni Satu Guru Satu Video Inovasi Digital (Sagusavid).

Pandemi corona virus disease (covid-19) yang masih terasa hingga saat ini tentu menjadi kesulitan berarti dalam pelaksanan kegiatan pembelajaran. Meski demikian, proses pendidikan dan pembelajaran tidak boleh berhenti. Pendidikan harus tetap berlangsung dengan akses dan layanan sesuai dengan kondisi dan berpusat pada pemenuhan hak pendidikan anak.

Baca juga: Video Animasi Dari IGI Flotim Untuk SMPS Batu Payung Sebagai Alternatif Media PJJ

Dalam rangka pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan selama darurat pandemi, maka sistem belajar dari rumah dengan prinsip belajar jarak jauh dipandang menjadi alternatif terbaik.

Sehubungan dengan itu perlu sebuah media pembelajaran yang digunakan untuk mendukung pemahaman peserta didik akan materi pembelajaran. Salah satunya adalah melalui video yang berisi materi atau konten pembelajaran untuk disampaikan ke para peserta didik.

Bertolak dari kondisi terkini maka Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum SMAN 1 Lewolema memprogramkan adanya kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sebagai strategi untuk meningkatkan kompetensi guru setempat.

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk workshop pembuatan video pembelajaran berbasis animasi. Video pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran.

Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan ini antara lain: meningkatkan kreativitas guru dalam menerapkan media pembelajaran, para guru dapat mendesain video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Easy Sketch Pro 3,0 dan Camtasia selanjutnya berbagi melalui youtube. Semuanya itu bermuara pada membantu guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran yang bermakna.

Kegiatan berlangsung selama dua hari yakni Jumat dan Sabtu (26  dan 27 Februari 2021), di Ruang Guru SMAN 1 Lewolema, Desa Bantala, Kecamatan Lewolema, Kabupaten Flores Timur. Peserta kegiatan adalah semua guru mata pelajaran yang ada di SMAN 1 Lewolema sebanyak 29 orang.

Sebagaimana kolaborasi dimaksud maka Panitia Pelaksana menghadirkan nara sumber dari Pengurus IGI Flotim diantaranya : Fransiskus Xaverius Berek M. Pd, Emanuel Fernandes Numba, ST dan Wilhelmus Darang Weking, S. Pd. Ini adalah upaya IGI Flotim sebagai salah satu organisasi profesi guru yang turut berkontribusi meningkatkan kompetensi para guru.

Hadir pula di acara pembukaan yakni Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua IGI Flotim, Wilhelmus Duran Muda, S. Pd, Gr. Dalam sambutannya, Willy Muda mengatakan bahwa di abad ini guru harus kreatif dan inovatif dalam pembelajaran untuk memproduksi generasi “Z” yang berbasis digital teknologi internet dan berkarakter kontekstual sosial dan budaya.

Baca juga: Sharing And Grow Together; Workshop Pembuatan Video Pembelajaran Oleh IGI Flores Timur Di SMPN 1 Tanjung Bunga

“IGI Flotim harus terus berbagi sebab itu merupakan wujud pengembangan diri dalam meningkatkan keprofesionalan berkelanjutan. Kita harus menyadari bahwa dampak dari kegiatan ini adalah membantu anak didik selama belajar dari rumah,” ungkap Willy.

Di sela-sela semangatnya Tim IGI Flotim memfasilitasi pembuatan video pembelajaran berbasis animasi pada hari ke-1, SMAN 1 Lewolema mendapat kunjungan dari Anggota DPRD NTT, Ibu Ana Waha Kolin bersama tim yang disampingi Ketua DPRD Flotim, Bapak Robertus Rebon Kereta. Sungguh, bagai mendapat durian runtuh.

Satu jam tidak dibiarkan berlalu begitu saja. Bersama para Dewan Perwakilan Rakyat, berlangsung diskusi hangat seputar Pendidikan di Flores Timur umumnya dan SMAN 1 Lewolema secara khusus.

Beberapa point penting dititipkan untuk dipertajam dalam rapat tingkat dewan baik provinsi maupun kabupaten demi kesejahteraan guru dan kemajuan lembaga pendidikan ini.

“Saya memberikan apresiasi atas kerja serta perjuangan IGI Flotim dalam upaya meningkatkan kompetensi para guru yang ada di Flores Timur khususnya selama dua hari di sekoah ini,” kata Ana Kolin. Sementara Ketua DPRD Kabupaten Flores Timur mengakui bahwa pendidikan di daerah ini menjadi tanggung jawab bersama.

“Kerja sama antara IGI Flotim dan sekolah melalui kegiatan pelatihan ini merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kompetensi guru yang ada di sekolah ini,” ucap Robert Kereta.

Baca juga: Menembus Batas, IGI Flores Timur Melayani Hingga Ke Daerah Terpencil

Senada dengan itu Kepala SMAN 1 Lewolema, Drs. Yohanes B. N. Riberu menguraikan arti penting penguatan kapasitas guru. Pembekalan dan pelatihan kepada para guru harus menjadi prioritas karena guru yang ada sekarang adalah pendidik di era digital. Maka konsekuensinya adalah guru harus kreatif dan kompeten.

“Peserta didik adalah raja dan kita adalah pelayan. Moment dua hari ini menjadi peristiwa penting dan harus punya hasil. Ikutilah langkah-langkah pembuatan video pembelajaran berbasis animasi selama kegiatan dan hasilnya harus tersampaikan ke anak didik,” ajaknya.

Meski tak mudah selama berproses, para peserta tetap setia dan tabah menjalani sesuai jadwal. Puncak kegiatan adalah presentasi video pembelajaran yang dihasilkan oleh setiap guru mata pelajaran dan berbagi melalui youtube. Masukan dan saran-saran dari Tim IGI Flotim sebagai naras umber menjadi modal untuk penyempurnaan.

Alhasil ada keceriaan terpancar dari masing-masing wajah baik para peserta maupun dari IGI-ers Flotim. Hal ini menandakan bahwa ada kepuasan yang diperoleh sebagai bekal untuk menjalankan tugas nan mulia. Kiranya kolaborasi ini senantiasa berkelanjutan sebagai upaya untuk terus meningkatkan kompetensi guru di SMAN 1 Lewolema.

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of