Salah Kaprah tentang 5 skincare; Mengetahui Dampak Sebenarnya untuk Kulit Wajah

Family Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Semua orang ingin memiliki kulit yang mulus dan cerah apalagi pada wajah. Untuk itu orang bahkan merogoh kocek untuk membeli produk perawatan agar mendapatkan wajah yang mulus dan cerah.

Untuk itu orang bahkan rela mencoba banyak produk skincare, dengan harga yang relatif mahal, untuk mendapatkan manfaat yang mereka bayangkan.

Padahal beberapa produk berdampak tidak seperti mereka bayangkan, seperti yang akan diuraikan di bawah ini. Berikut ini dampak penggunaan 5 skincare, bagi penggunanya

  1. Pore Strip

Pore strip adalah produk yang praktis dan banyak digunakan untuk mengangkat komedo, biasanya di gunakan di area hidung.

Para ahli perawatan kulit seperti dikutip oleh cewekbanget.id mengatakan perawatan dengan pore strip tidak bisa menarik komedo atau kotoran apapun.

Malahan pore strip merusak sel teratas kulit. Pore strip juga tidak menghilangkan kotoran yang ada di dalam pori-pori.

Lebih parahnya lagi pore strip pun memperlebar pori-pori kulit, dan membuat iritasi pada kulit.  Kondisi ini malah menyebabkan kotoran lebih gampang masuk, dan membuat pori-pori kulit menjadi lebih kotor.

Harusnya tanpa pore strip pun wajah dapat bersih. Jika kita rajin mencuci muka setelah berkeringat dan berada di area berdebu.

  1. Face Wipes

Jenis perawatan ini banyak dilakukan oleh para wanita. Bagi para pengguna, skin care ini terkenal praktis digunakan untuk mengangkat bakteri, debu, kotoran, dan minyak.

Padahal para ahli perawatan kulit mengatakan bahwa dampaknya justru sebaliknya. Face wipes bisa merusak kulit karena face wipes ternyata tidak bisa menghilangkan semua bakteri, debu, kotoran, minyak, dan sisa makeup di wajah.

Baca Juga : Pesan untuk Lembaga Pendidikan : Skincare Penting untuk Kesehatan Kulit Remaja

Menghapus make-up dengan face wipes malah bikin make up tersebut lebih masuk pori-pori kulit kita. Ini terjadi karena gerakan menggosok-gosok di atas kulit.

Tindakan menggosok-gosok diatas kulit tersebut akan mempercepat penuaan dini pada kulit, serta dapat menyebabkan iritasi sehinggga kulit kehilangan daya kenyalnya.

  1. Kertas Minyak

Bagi para pemilik kulit wajah berminyak, kertas minyak sering sekali digunakan untuk menyerap kelebihan minyak di wajah, agar kulit terlihat fresh kembali.

Ternyata yang terjadi tidak demikian. Kertas minyak ternyata menyerap semua minyak di wajah termasuk minyak yang sebetulnya sangat dibutuhkan oleh kulit.

Dengan kehilangan minyak yang dibutuhkan, maka kulit memproduksi minyak lebih banyak lagi untuk menghindari dehidrasi kulit. Para ahli perawatan kulit bahkan mengatakan kertas minyak dapat menyebabkan jerawat semakin parah.

Mengapa terjadi demikian? Karena begitu wajah terkena bagian kertas minyak, yang sudah terserap minyak, seluruh kotoran, debu, dan minyak yang sudah terserap dapat berpindah kembali ke kulit.

  1. Scrub dengan Butiran yang Terlalu Besar dan Kasar

Para ahli perawatan wajah mengatakan, salah besar jika orang berpikir bahwa memakai scrub wajah dengan butir yang kasar akan lebih membersihkan pori-pori kulit.

Butir yang besar ternyata tidak membuat kulit jadi lembut. Dengan butir yang besar malah dapat menyebabkan kulit memerah karena iritasi. Kondisi ini dapat berlanjut menjadi penuaan dini.

  1. Sheet mask

Para pemakai sheet mask biasanya merasa wajah terasa lebih lembab dan kenyal. Itu hanya bertahan maksimal dalam sehari bahkan jika menggunakan produk sheet mask yang paling mahal sekalipun.

Para ahli perawatan kulit berpengalaman menyatakan bahwa biar bagaimanapun sheet mask tidak dapat menggantikan produk masker (clay, cream) yang lebih meresap dalam kulit dan menuntaskan masalah kulit.

Baca Juga : Baca Juga : KOMBUCHA, Minuman Sehat untuk Memelihara Kesehatan dan Mencegah berbagai Penyakit

Sheet mask hanya dapat bermanfaat agar kebutuhan akan hidrasi kulit terpenuhi. Namun jika sheet mask hendak difungsikan untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit, seperti jerawat, noda hitam, komedo, maka sheet mask bukan pilihan.

Demikian 5 salah kaprah terkait penggunaan skin care yang telah kami sajikan. Mudah-mudahan membantu memperbaiki praktek perawatan kulit kita. Agar praktek merawat kulit dapat membuat Eduers semakin cantik dan ganteng dan bukan sebaliknya.

Foto : klikdokter.com

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of