Sembilan Tips Berpuasa Sehat di Bulan Suci Ramadan

Family Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Puasa adalah upya menahan diri untuk tidak makan dan tidak minum serta menghindari segala perbuatan yang dapat membatalkan puasa. Berpuasa dimulai dari matahari terbit hingga matahari terbenam.

Puasa merupakan latihan rohani untuk meningkatkan ketakwaan seseorang. Oleh karena itu, bagi orang muslim berpuasa merupakan salah satu dari lima rukun Islam.

Meskipun puasa merupakan latihan rohani namun jika dilakukan dengan benar maka tidak Cuma meningkatkan ketakwaan namun berdampak menyehatkan mereka yang menjalani  secara fisik.

Berikut ini 9 tips cara menjalankan puasa secara sehat, seperti yang dilansir oleh DokterSehat.com

  1. Minum air yang cukup

Hidrasi adalah hal yang harus dijaga dan harus dipertahankan pada saat menjalankan puasa. Oleh karena itu, pastikan untuk minum air dalam jumlah yang mencukupi kebutuhan tubuh.

Agar tidak mengalami dehidrasi, dianjurkan minum air putih yang cukup minimal 1.5 liter. Oleh karena itu, pada saat sahur dan berbuka minumlah air yang cukup.

  1. Pola makan yang sehat

Pada saat sahur dan berbuka sebaiknya menerapkan pola diet sehat. Jangan berlebihan memakan makanan yang manis karena selain tidak memuaskan rasa lapar, hal itu juga dapat mengganggu pola makan anda.

Makan buah seperti kurma sebagai makanan pembuka pada saat berbuka justru lebih dapat mengisi ulang energi dengan lebih cepat.

  1. Berbuka dalam jumlah yang proporsional

Hindari berbuka puasa dengan menyantap makanan sekaligus dalam porsi besar. Mulailah dengan soup atau kolak atau makanan pembuka yang lain dan tunggu beberapa saat sebelum makan makanan yang berat.

Pada saat makan-makanan berat, makanlah secukupnya. Makan berlebih akan mengganggu metabolisme tubuh dan menyebabkan ngantuk. Kantuk yang disebabkan oleh makan berlebih akan mengganggu saat sholat tarawih.

  1. Tetap makan 3 kali sehari

Meskipun puasa dimulai dari matahari terbit sampai terbenam, namun pola makan 3 kali sehari tetap harus dipertahankan, mulai dari buka puasa hingga sahur.

Makan yang pertama pada saat berbuka. Makan kedua dilakukan 2 atau 3 jam setelah berbuka. Dan makan ketiga pada saat sahur untuk mempertahnakan gizi dalam tubuh anda seharian.

  1. Pola sehat makan sahur

Pada saat sahur, makanlah buah-buahan untuk asupan vitamin. Makan pula nasi dan ubi-ubian sebagai sumber karbohidrat, agar dapat bertahan hingga waktu buka puasa tiba.

Usahakan makan sahur pada saat menjelang imsak dan tidak dilakukan tergesa-gesa.

  1. Tidur siang dan hindari sinar matahari

Apabila situasi memungkinkan, atur waktu agar punya waktu untuk tidur siang. Di samping untuk mempertahankan energi, juga menghindari sinar matahari. Tidur siang diperlukan pula untuk menghindari dehidrasi.

  1. Kurangi aktivitas fisik

Bagi anda yang bekerja fisik atau anda yang berprofesi sebagai atlet, harus hati-hati agar tidak bekerja atau menjalani latihan fisik yang terlalu keras pada bulan ramadhan.

Bagi para pekerja dengan kerja fisik, turunkan target kerja selama bulan ramadhan. Bagi atlet kurangi intensitas latihan anda terutama lakukan latihan menjelang saat berbuka.

  1. Bagi penderita diabetes dan yang lemah fisik

Bagi penderita diabetes, monitor gula darah anda dan jaga tubuh dari dehidrasi. Hindari makan makanan yang manis kecuali dengan nasihat para medis.

Bagi orang yang lemah fisik seperti ibu hamil, menyusui, lansia, pasien hipertensi, penderita penyakit jantung atau asma, tidak wajib berpuasa.Jika tetap berpuasa, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, apalagi  mengalami gejala gangguan kesehatan.

Bagi anda yang sedang dalam pengobatan cobalah minta saran dari dokter yang merawat anda atau Ustad, karena anada tidak harus berpuasa jik berpuasa mendatangkan resiko bagi kesehatan anda.

  1. Tentang membatalkan puasa bila ada gangguan kesehatan

Bila anda mengalami masalah medis selama sehari dan tidak dapat pulih dengan cepat, mungkin sebaiknya anda tidak melanjutkan berpuasa sehari atau lebih.

Anda dapat menggantinya setelah bulan ramadhan, hingga sebelum bulan ramadhan berikut menjelang.

Demikian 9 tips yang dapat anda praktekan agar dapat menjalani puasa hingga hari raya idulfitri tiba. Mudah-mudahan puasa ramadhan kali ini menjadi latihan rohani yang sungguh meningkatkan ketakwaan kita. Selamat menjalani ibadah puasa. (Foto: basirtgr.blogspot.com)

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of