Upaya Mempertajam Daya Ingat dan Kemampuan Belajar Bagi Anak

Family Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Otak Merupakan komponen yang sangat penting di dalam tubuh manusia. Otak digunakan untuk berfikir dalam melakukan segala hal,semakin jenius otak kita semakin banyak juga hal luar biasa yang bisa kita lakukan dan kita pikirkan,bahkan dengan otak jenius kita bisa membuat hal yang tidak nyata menjadi nyata.

Terkadang semakin pintar kita semakin mudah kita lupa,melupakan hal yang terjadi,melupakan hal yang baru saja kita pelajari dan melupakan tempat kita menyimpan sesuatu berharga kita, karena masalah diatas artikel ampuh,ingin berbagi tips mengenai cara mempertajam daya ingat otak kita.

Memang ada banyak teknik untuk meningkatkan daya ingat, menghafal. Misalnya metode Loci, yaitu menempatkan hal-hal yang ingin kita ingat pada tempat-tempat yang familier, misalnya rumah kita sendiri. Metode lainnya adalah chungking ketika kita mengingat deret angka, misalnya sampai 9 deret.

Baca Juga:

Strategi Meningkatkan Kecerdasan dengan Berliterasi (Membaca)

Lebih mudah mengingatnya dengan memecahnya menjadi 3 deret masing-masing 3 angka seperti kita menuliskan nomor handphone. Masih banyak metode-metode lain yang canggih. Tapi ada satu metode yang kelihatannya sepele, sangat mudah diaplikasikan.

Dan yang paling penting sudah terbukti meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar. Setidaknya menurut para peneliti memori di Departement of Psychology, University of Waterloo, Kanada.

Metode dengan cara menuliskan lalu bacalah keras-keras tapi jelas. Tidak perlu terlalu keras juga yang penting kita dengar suara kita sendiri dan lakukan berulang-ulang sesuka kita. Metode untuk meningkatkan kemampuan memori ini diteliti bermula dari istilah psikologi memori “production effect”.

Apa itu? Memori dalam otak kita ibaratnya seperti gudang data, ada memori jangka pendek, data yang disimpan dekat dengan pintu gudang, lebih mudah diambil, tapi dibuang dalam jangka pendek.Ada memori jangka panjang, data yang disimpan agak ke dalam, lebih jauh dari pintu gudang tapi lebih tahan lama.

Dalam hal ini ketika kita mendapatkan informasi baru dan ingin mengingatnya, kemampuan memori untuk menyimpannya dipengaruhi oleh informasi-informasi lain yang bertebaran memasuki indera kita. Selain itu beberapa hal berikut harus dilakukan :

Baca Juga:

Empat Strategi Guru Tumbuhkan Minat Baca Siswa SD

Anak-anak hanya perlu menemukan cara meningkatkan daya ingat yang efektif saja, seperti yang dipaparkan berikut ini.

1. Tambah jadwal tidur

Para pakar sepakat jika salah satu cara terbaik untuk meningkatkan daya ingat adalah menambah jadwal tidur. “Tidur adalah waktu paling utama untuk menguatkan koneksi antarneuron,” terang Bernard. Dalam sebuah studi, peneliti meminta sejumlah partisipan untuk melakukan sejumlah tes memori lalu meminta mereka tidur siang atau tetap terjaga.

Ternyata mereka yang tidur siang lebih mudah mengingat tes yang mereka lakukan sebelumnya. Dan para pakar mengingatkan bahwa tidur yang ideal adalah 7-9 jam per malam.

2. Olahraga tiga kali seminggu

Berlari, bersepeda, berenang atau latihan kardiovaskular lainnya selama 20-30 menit tiga kali seminggu terbukti dapat membantu daya ingat seseorang.

Karena menaikkan denyut jantung juga menambah aliran darah ke otak, sehingga memperbesar hippocampus (bagian paling vital dalam otak untuk mengatur daya ingat) dan meningkatkan pelepasan ‘ brain-derived neurotrophic factor’, protein penting yang dibutuhkan untuk memperkuat memori jangka panjang.

3. Makan makanan penambah daya ingat

Otak Anda tak dapat berfungsi dengan baik tanpa adanya asupan nutrisi penting. Menurut Joy Bauer, seorang pakar diet dari New York City, bluberi memuncaki daftar makanan ini karena sumber utama dari antosianin yaitu antioksidan yang penting untuk otak.

“Berbagai studi telah menunjukkan bahwa antosianin dapat melindungi otak dari peradangan dan oksidasi, yang keduanya dapat merusak neuron dan membuatnya kurang begitu efektif ketika berinteraksi antara satu sama lain,” terangnya. (Foto: merdeka.com)

Sebarkan Artikel Ini:

2
Leave a Reply

avatar
2 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga : Upaya Mempertajam Daya Ingat dan Kemampuan Belajar Bagi Anak […]

trackback

[…] Baca Juga: Upaya Mempertajam Daya Ingat dan Kemampuan Belajar Bagi Anak […]