Erupsi Gunung Lewotobi, IGI Flores Timur Salurkan Bantuan bagi Korban Terdampak

DEPO Peduli
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Gunung Lewotobi yang terletak di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur hingga saat ini masih mengeluarkan abu panas (erupsi) yang sangat membahayakan. Hal ini mengakibatkan ribuan jiwa harus mengungsi untuk menghindari bahaya yang ditimbulkan oleh abu vulkanik dan gas beracun.

Minggu (07/01/2024), Ketua Daerah IGI Flores Timur, Damsianus Sepulo Tukan, S. Pd. bersama Anggota Dewan Pembina IGI Flores Timur, Silvester Sina Wuan, S. Pd. dan Pengurus Pusat IGI, Fransiskus X. Berek, M. Pd. Mendatangi lokasi pengunsian.

Ikut juga dalam tim tersebut   belasan guru lain yang tergabung dalam Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Flores Timur. Mereka mengunjungi dua desa yang  menjadi tempat pengungsian warga terdampak bencana, yakni Desa Pululera, Kecamatan Wulanggitang dan Desa Konga, Kecamatan Titehena.

Baca juga : Urgensi Penilaian Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran

IGI Flores Timur ikut ambil bagian untuk meringankan penderitaan warga dengan memberikan  bantuan kepada para korban yang terdampak erupsi Gunung Lewotobi, berupa makanan, air bersih, dan obat-obatan serta kebutuhan lain dari warga yang mengungsi.

Sementara bantuan khusus kepada anak-anak sekolah usia TK-SMP yang terdampak, salah satu tindakan yang diambil adalah dengan membagikan alat tulis kegiatan pembelajaran.

Dengan adanya alat tulis ini, diharapkan anak-anak dapat kembali melanjutkan kegiatan belajar mereka dan tetap produktif meskipun dalam situasi sulit seperti saat ini.

Aksi nyata bersama anak-anak dilakukan dalam bentuk trauma healing yang difasilitasi oleh guru-guru muda berbakat IGIers Flores Timur. Mereka di antaranya: Willy Muda, Helmy Tukan, Agnes Oyan, Astyka Koten dan Monika Maran. Kegiatan ini dikemas dengan riang gembira dan dalam berbagai cara.

Pertama, menyediakan ruang dan waktu bagi anak-anak untuk mengungkapkan perasaan dan pikiran mereka terkait peristiwa tersebut. Hal ini dilakukan melalui kegiatan konseling atau terapi secara individu maupun kelompok.

Kedua, memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang dapat membantu mereka merasa lebih aktif dan mengembalikan rasa percaya diri. Misalnya, dengan mengadakan kegiatan seni menggambar/mewarnai dan menceritakan makna hasil karya masing-masing.

Baca juga : Seleksi Calon Taruna Akmil Angkatan Darat Tahun 2024 Siap Dibuka. Ini Persyaratannya

Ketiga, melibatkan orangtua dan guru dalam prosesnya. Orangtua dan guru dapat membantu anak-anak dalam proses penyembuhan dengan memberikan dukungan dan perhatian yang cukup.

Selain itu, mereka juga dapat membantu menciptakan lingkungan yang menyenangkan bagi anak-anak agar mereka merasa lebih tenang dan nyaman dalam belajar.

Kiranya bantuan yang disalurkan baik secara materil maupun moril ini dapat membantu meringankan beban yang dialami oleh para korban terdampak erupsi Gunung Lewotobi.

Terima kasih kepada para donatur yang telah memberikan donasi melalui IGI Flores Timur. Semoga peristiwa ini dapat menjadi pengingat bagi kita semua tentang betapa pentingnya solidaritas dan kepedulian antar sesama manusia. Sharing and growing together.

5 1 vote
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments