Peduli Sesama dan Lingkungan dalam HUT Yayasan Tarakanita

Info Sekolah
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Abrasi lepas pantai serta pencemaran udara menjadi masalah yang nyata dan serius bagi masyarakat di wilayah Jakarta. Untuk dapat menanggulangi masalah lingkungan tersebut, maka dalam rangka Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April 2024, Yayasan Tarakanita melakukan kegiatan penanaman pohon mangrove di Ecowisata Mangrove di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta.

Acara ini juga terselenggara sebagai bentuk syukur atas Ulang Tahun Yayasan Tarakanita yang ke-72 dan Hari jadi Kongregasi Suster-Suster Carolus Borromeus yang ke-187, yang pada tahun ini mengambil Tema “Berjalan Bersama Membangun Dasar Baik Bagi Peserta Didik yang CERDAS, BERINTEGRITAS, dan BERBELARASA”.

Kegiatan ini melibatkan peserta didik Sekolah Tarakanita dari jenjang KB/TK, SD, SMP, SMA, dan SMK di Wilayah Jakarta, baik dari blok Barito, Rawamangun, Tendean, Pulo Raya, Patal, dan Pluit.

Dalam kegiatan tersebut, hadir mewakili Walikota Jakarta Utara yakni Bapak Wawan Budi Rohman, S.SOS, M.Si selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan.

Baca juga : Hasil Penelitian Ungkap Dampak Buruk PR Matematika Pada Murid

Dalam pembukaan acara tersebut sebagai bentuk seremonial secara simbolik dilakukan pemberian bibit pohon mangrove dan plakat dari Yayasan Tarakanita kepada dinas terkait serta pengelola tempat Ecowisata Mangrove.

Dalam kegiatan ini peserta didik Sekolah Tarakanita diajak untuk menanam 500 bibit pohon bakau dengan didampingi oleh para guru, kepala sekolah dan pengelola Ecowisata Mangrove.

Anak-anak sungguh berbahagia karena dapat merasakan pengalaman baru dengan belajar menanam pohon mangrove, dan juga merasakan pembelajaran dengan suasana yang berbeda dari kegiatan sehari-hari di dalam kelas.

Bersamaan dengan kegiatan penanaman bibit bakau, juga diadakan kegiatan bakti sosial oleh suster, guru beserta peserta didik Sekolah Tarakanita dari jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK di wilayah Jakarta baik dari blok Barito, Rawamangun, Tendean dan juga Pluit yang berlangsung di Jalan Muara Baru RT 19 RW 17 Blok D no. 26, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara.

Acara yang dimulai pagi hari pukul 08.30 tepat di depan PAUD Muara Indah ini berlangsung meriah, diramaikan oleh ibu-ibu lingkungan setempat beserta anak-anaknya yang di koordinir oleh Ibu Muhayati. Pada kesempatan ini, hadir pula Lurah Kecamatan Penjaringan Bapak Makhrus Nugroho Darojat, ketua RT, dan RW  setempat, yakni Bapak Tarso dan Bapak Timan.

Acara dibuka dengan pengantar dari Suster Simforia, CB menyampaikan pokok dari kegiatan ini adalah untuk menumbuh kembangkan nilai Keadilan, Perdamaian dan Keutuhan Ciptaan (KPKC) yang menjadi spirit dari Yayasan Tarakanita.

Baca juga : Pemerintah Menyiapkan Aturan Untuk Mencegah Dampak Buruk Game Online

Kemudian dilakukan penyerahan seperangkat alat kebersihan sebagai bentuk simbolik kepedulian warga untuk menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya, lalu dilangsungkan kegiatan gotong royong bersih-bersih lingkungan setempat bersama-sama.

Selesai kegiatan bersih-bersih lingkungan diserahkan pula paket sembako yang sebelumnya telah di kumpulkan oleh para peserta didik dari seluruh unit Tarakanita wilayah Jakarta, sebagai bentuk aksi kasih bagi warga setempat, yang diberikan langsung oleh para Suster Carolus Borromeus yg ikut serta dalam acara ini.

Kelancaran dari kegatan ini juga berkat bantuan dari Romo Adrianus Suyadi, SJ beserta tim LDD KAJ yang sebelumnya telah melakukan kegiatan pendampingan bersama warga di lingkungan setempat.

Diharapkan kegiatan ini dapat menumbuhkan kecintaan terhadap sesama dan lingkungan pada diri anak-anak Tarakanita, sehingga di masa yang akan datang kepedulian dalam gerakan cinta kasih dan kelestarian alam dapat selalu terjaga.

5 1 vote
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments