Market Day di SD Yuwati Bhakti Sukabumi

Info Sekolah
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com- Halo semua, jumpa lagi dengan Olive dan kawan-kawan dari Tim Jurnalistik SD Yuwati Bhakti. Berita terbaru kami adalah kegiatan yang seru, menarik dan bermanfaat bagi semua peserta didik SD Yuwati Bhakti yaitu “Market Day”.

Apa itu Market Day? Yaitu kegiatan visualisasi pasar, tempat terjadinya kegiatan jual beli, yang teorinya sudah kami pelajari di kelas.

Nah, sekarang kami diberi kesempatan mempraktikkannya di luar kelas. Tentu saja kami sangat gembira, bersemangat, dan excited sekali.

Kegiatan Market Day ini dilaksanakan pada hari Kamis, 9 Juni 2022. Pada pukul 07.30 WIB kami mempersiapkan dagangan yang sebagian telah kami persiapkan dari rumah, dan sebagian lagi kami lakukan di sekolah karena berupa minuman segar.

Sekitar pukul 09.00 WIB, persiapan kami telah selesai. Kegiatan Market Day ini terbagi dalam dua kelompok, pedagang dan pembeli. Peserta didik kelas IV dan V sebagai pedagang dan peserta didik kelas I – III menjadi pembeli.

Tentu saja orang tua, para guru, dan sesama pedagang pun diperbolehkan ikut membeli supaya jualan kami laris manis. Sebagai pedagang, kami diberi modal oleh sekolah sebesar Rp. 300.000.

Baca Juga: IPB Dan ITS Membuka Dua Prodi S1 Baru : Bagaimana Prospek Kerjanya?

Setelah selesai kegiatan, kami harus mengembalikan modal ke sekolah dan keuntungan 100% untuk kami satu kelas. Wow! Seru kan?

Sejak kemarin, kami telah berbagi tugas. Ada sekitar 5 teman yang menyiapkan makanan dri rumah. Teman-teman yang lain ada yang bertugas menyiapkan meja, mengatur makanan, membuat minuman, dan melayani pembeli.

Kami masing-masing berusaha mengerjakan tugas  dengan baik. Mau tahu kami berjualan apa saja? Kelas IVA dengan wali kelas Bapak Tanu Hermawan, S.Pd. menjual  fruit Punch Rasa lemon, melon, orange, lecci, dan stroberry.

Kelas IVB dengan wali kelas Ibu Rini Desmayanti, S.Pd. menjual telang uduk rice, sausage/nugget skewers, crispy choco stuffed fish cake.

Kelas VA dengan wali kelas Ibu Antonia Dwi Raharti, S.Pd. menjual puding, bola-bola coklat, donut, lemper, dadar gulung, spaghetti dan popcorn.

Sedangkan, kelas VB dengan wali kelas Bapak Matias Dedi Sutiadi, S.Pd. menjual jus alpukat, yakult, water splash, beserta aneka topping untuk minuman.

Baca Juga: Class Meeting Ala SD Yuwati Bhakti Sukabumi

Harga aneka makanan dan minuman tersebut sangat ramah dan pastinya terjangkau oleh kantong peserta didik, yaitu kurang dari Rp. 10.000 per item nya.

Setelah semua persiapan selesai, para pembeli pun mulai berdatangan. Riuh sekali. Adik-adik kelas I – III bersama orang tua dan guru mengelilingi kami. Kami pun sibuk melayani mereka dengan bahagia dan sukacita.

Seru sekali. Para pembeli pun dengan gembira menunggu antrian. Ada kekompakan, kerja sama dan juga semangat dari wajah-wajah “penjual” dan “pembeli” yaitu peserta didik  SD Yuwati Bhakti dari kelas I – V.

Sayang sekali, kakak-kakak kelas VI tidak ikut serta karena mereka ada kegiatan tersendiri.  Meski begitu, kami tetap semangat mengikuti proses kegiatan yang istimewa ini.

Kami yang berdagang merasa seperti seorang pengusaha, loh. Dalam sekejap, jualan kami ludes tak tersisa. Betapa bahagianya kami saat itu.

Dari kegiatan Market Day itu, kami belajar banyak hal, seperti bekerja sama, berhitung, kepercayaan diri untuk mengelola suatu usaha, kekompakan, berpikir cepat, mengingat pesanan, melayani dengan ramah, bekerja keras, dan mandiri.

Penulis adalah murid kelas IV & V SD Yuwati Bhakti Sukabumi bersama dengan Ibu Agnes Tri Maryunani, S.Pd. (Guru Pendamping)

Untuk teman-teman pembeli juga belajar sabar dan membiasakan budaya antri. Ternyata, belajar tidak cukup di kelas. Dari pengalaman tersebut, kami makin menyadari pentingnya melakukan semua hal dengan sungguh-sungguh dan cermat.

Benar kata pepatah, pengalaman adalah guru yang paling baik. Semoga pengalaman kami dalam kegiatan Market Day ini mampu meningkatkan karakter, kepedulian, dan kecerdasan kami.

Kami mengucapkan terima kasih kepada Suster, Bapak Ibu guru, dan orang tua yang selalu mendukung langkah kami.

0 0 votes
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments